Knalpot Mobil Mengeluarkan Air, Bahaya atau Wajar?

01/12/0020

Perawatan dan service

4 menit

Knalpot Mobil Mengeluarkan Air, Bahaya atau Wajar?
Mungkin ada dari Anda yang kerap mendapati knalpot mobilnya mengeluarkan air saat dipanaskan. Tapi sebenarnya wajarkah knalpot mobil mengeluarkan air?

Knalpot mobil merupakan saluran pembuangan gas hasil pembakaran mesin. Maka dari itu yang kerap muncul adalah gas atapun asap. Tetapi ada beberapa kejadian dimana knalpot mobil mengeluarkan air tanpa disadari oleh si pengendarai itu sendiri. Bila ini terjadi, tak sedikit yang menghubungkannya dengan masalah kebocoran. 

Knalpot mobil mengeluarkan air bukanlah sesuatu yang membahayakan. Keluarnya air juga bukan suatu indikator adanya kerusakan pada mesin mobil. Justru sebaliknya, knalpot yang mengeluarkan air adalah tanda bahwa mesin mobil Anda sedang dalam kondisi baik-baik saja.

Ini adalah suatu hal yang wajar terjadi, terutama pada mobil dengan sistem EFI (electronic fuel injection) seperti dikutip dari laman Auto2000, Selasa (1/12/2020). 

knalpot mobil

Tanpa disadari knalpot bisa mengeluarkan air

>>> Knalpot Mobil Diesel Keluar Asap Putih? Cek Bagian Ini

Wajar karena Perbedaan Suhu

Knalpot mobil bisa mengeluarkan air rupanya ada hubungannya dengan prses kondensasi. Jika diibaratkan, knalpot bekerja seperti sistem pernapasan manusia. Saat manusia bernapas pada suhu udara rendah, uap akan muncul dari mulut dan hidung. Ini karena karbondioksida yang dikeluarkan telah terkondensasi menjadi uap air.

Begitu pula dengan knalpot mobil. Sistem pembakaran bahan bakar di ruang mesin mirip dengan sistem pernapasan manusia. Proses pembakaran bahan bakar dan udara tersebut menghasilkan karbondioksida dan uap air. Saat suhu udara di sekitar mobil cenderung rendah, maka uap air yang keluar melalui knalpot pun semakin banyak. Inilah yang kemudian membuat knalpot mobil mengeluarkan air.

Bagi Anda yang mendapati knalpot mobil keluar air maka tak perlu khawatir berlebihan. Ini merupakan kondisi yang normal. Dalam satu siklus pembakaran bahan bakar di ruang mesin, ada kurang lebih 18 molekul air yang dibuang lewat knalpot. Maka, wajar jika knalpot mobil, terutama yang telah menggunakan teknologi EFI, mengeluarkan air.

Peristiwa knalpot mobil keluar air bisa terjadi ketika Anda tengah memanaskan mesin.  Terlebih jika suhu udara di sekitar tempat mobil terparkir cenderung rendah. Tidak perlu khawatir ada kebocoran pada mesin, karena keluarnya air dari knalpot juga bukan berarti air radiator bocor dan rembes ke mesin. Jika air radiator bocor, air akan menetes keluar di bagian depan mobil, dekat radiator.

>>> Penyebab Bau Asap Knalpot di Kabin Mobil dan Cara Mengatasinya

Tetap Harus Diwaspadai

Meski demikian, Anda juga masih harus waspada terkait hal tersebut. Anda bisa mengecek jumlah air yang keluar dari knalpot. Bila jumlahnya sedikit dan hanya berupa tetesan maka ini hal biasa. Tetapi, bila  air yang keluar banyak jumlahnya, bisa jadi ada gangguan tertentu.

knalpot mobil

Wajar namun perlu diwaspadai

Anda juga perlu mengingat kondisi sebelumnya, misalnya apakah mobil dikendarai melintas di jalanan yang banjir atau mobil baru selesai dicuci? Bisa jadi itulah penyebab mengapa ada banyak air keluar dari knalpot. Air yang masuk melalui knalpot akan tertampung pada knalpot agar tidak mencapai ruang mesin. Nah, air yang tertampung ini akan keluar dengan sendirinya melalui knalpot saat mesin dihidupkan kembali.

Jika air tidak keluar dengan sendirinya, maka tidak perlu panik. Coba hidupkan mobil dan kemudian injak pedal gas hingga mencapai 4.000 rpm. Tidak perlu terlalu lama karena cara ini hanya untuk memancing air agar keluar dari knalpot. Biasanya air akan langsung keluar melalui knalpot mobil.

>>> Ingin Performa Mobil Meningkat Signifikan? Coba Up-grade Sistem Knalpot

Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top