Knalpot Mobil Bocor, Bikin Bau dan Mesin Ngempos

15/07/2019

Perawatan dan service

4 menit

Jika knalpot mobil bocor maka akan menimbulkan kerugian pada Anda sebagai pemilik mobil dan juga terganggunya kinerja dari mesin mobil itu sendiri. Karenanya pahami penyebab dan cara mengatasi knalpot yang bocor.

Ibarat tubuh manusia, setiap bagian dari kendaraan saling terkait satu dengan lainnya. Maka ketika ada satu bagian yang rusak, maka akan mempengaruhi kinerja dari bagian yang lain. Begitu pun dengan knalpot mobil.

>>> Kenali Cara Merawat Knalpot Mobil Berdasarkan Bahannya

Ketika knalpot mobil bocor, maka akan timbul beberapa masalah pada mobil tersebut. Antara lain polusi udara, polusi suara, dan tentunya mengganggu kinerja mesin mobil Anda. Ketika Anda mencium ada bau asap knalpot di ruang kabin, dan suara mesin jadi lebih kasar, itu pertanda ada kebocoran pada knalpot mobil Anda.

Lalu knalpot mobil bocor juga dapat membuat kinerja mesin terganggu. Tenaga mesin jadi terasa menurun akibat output udara dari ruang bakar tidak sempurna. Kondisi ini sering disebut dengan istilah mesin ngempos.

>>> Promo mobil baru terbaik selalu ada disini

1. Penyebabnya

Karat pada knalpot

Karat pada knalpot bisa menimbulkan lubang

Ada beberapa penyebab knalpot mobil terjadi kebocoran, diantaranya faktor kondensasi. Ketika suhu udara pada bagian knalpot dan luar knalpot berbeda secara ekstrim, maka akan muncul karat. Karat inilah yang kemudian jadi biang keladi membuat lapisan knalpot bolong.

Karat bisa juga muncul karena mobil sering berada di kawasan dengan kandungan garam cukup tinggi, misalnya didaerah pantai. Atau knalpot yang berlubang bisa juga karena knalpot membentur permukaan jalan yang ternyata berbatu.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas ada disini

2. Cara Mengatasi

las knalpot

Knalpot yang bocor di las

Pada kondisi knalpot mobil bocor, maka bisa dipastikan ada lubang pada bagian knalpot tersebut. Jika sudah ada kebocoran, maka dibutuhkan pegelasan pada bagian yang bocor tersebut. Namun jika lubang terlalu besar, maka tidak ada solusi lain selain mengganti dengan bagian knalpot yang baru.

Untuk mencegah knalpot mobil bolong, sebaiknya Anda sering menjaga kebersihan bagian kolong mobil. Ketika melintas di jalan yang basah, banjir, atau berlumpur, sebaiknya langsung cuci bersih mobil Anda. Apabila harus melalui jalan yang berbatu, sebaiknya melintas dengan sangat hati-hati, karena bisa saja ujung permukaan batu tadi mengenai bagian kolong dan membuat knalpot mobil bocor.

>>> Tips & trik menarik lainnya cek disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top