Knalpot Mobil Berasap Saat Pertama Kali Dinyalakan, Apa Penyebabnya?

11/10/2019

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Knalpot Mobil Berasap Saat Pertama Kali Dinyalakan, Apa Penyebabnya?
Pada saat pertama kali dinyalakan , tak jarang mobil kesayangan kita mengeluarkan asap dari knalpot. Apakah itu hal yang harus dikhawatirkan, apa saja faktor yang menyebabkannya?

Saat mobil dinyalakan pada pagi hari untuk digunakan berkendara, seringkali knalpot acap kali mengeluarkan asap berwarna putih. Namun, Anda tidak perlu panik, karena hal tersebut belum tentu menandakan mobil Anda bermasalah. Lalu, apa yang dapat menyebabkan knalpot mobil berasap?

>>> Apa arti dari asap knalpot mobil?

Biasanya, knalpot mobil berasap disebabkan penguapan udara dingin dari dalam knalpot. Ketika mobil diparkir di tempat yang memiliki suhu rendah, secara alami udara akan mengembun menjadi titik-titik air yang menempel pada bagain mobil atau embun. Hal ini juga terjadi pada bagian jalur pembakaran mobil seperti knalpot.

Knalpot mobil berasap

Biasanya, asap dari knalpot muncul akibat embun yang mengendap di dalam knalpot mobil

Proses pengembunan biasanya terjadi pada malam hari, dan saat pagi hari, jalur pembakaran sudah dipenuhi embun. Ketika mesin dinyalakan, panas yang dikeluarkan mesin akan membuat embun tersebut menguap menjadi gumpalan asap putih yang mengebul keluar dari knalpot.

Selain hal di atas, ada berbagai hal yang dapat menyebabkan knalpot mobil mengeluarkan asap putih di pagi hari, diantaranya dapat Anda simak di bawah ini.

Kebocoran saluran oli

Pengecekan mesin mobil

Oli yang masuk ke dalam ruang mesin bisa menghasilkan asap knalpot

Kemungkinan pertama, bagian mesin yang memiliki fungsi untuk menahan oli mengalami kerusakan, sehingga mengakibatkan oli masuk ke dalam bagian ruang pembakaran dan membuat oli mesin turut terbakar bersama dengan bensin dan memicu knalpot mobil berasap.

>>> Mobil pilihan dengan harga terbaik bisa Anda lihat di sini

Seharusnya oli tidak boleh masuk ke dalam ruang pembakaran. Jika hal ini terjadi pada mobil Anda, segera perbaiki agar tidak menimbulkan kerusakan kepada komponen lainnya.

Membrane pompa bahan bakar mobil robek

Membran pompa bahan bakar

Membran bahan bakar menghalangi bercampurnya oli dengan bahan bakar

Ada kemungkinan yang bisa terjadi kepada pompa bahan bakar mobil, apalagi yang masih menggunakan pompa bahan bakar manual, yaitu membrane pada pompa mengalami robekan, sehingga memberikan jalur kepada oli untuk masuk dan bercampur dengan bensin di dalam pompa bahan bakar.

Alhasil, proses pembakaran bensin tercampur oli. Dan seperti yang telah dijelaskan pada poin pertama, pencampuran keduanya dalam proses pembakaran akan menghasilkan asap yang keluar dari knalpot.

Air coolant masuk ke dalam mesin

Air coolant radiator

Kerusakan saluran radiator juga bisa jadi penyebab asap knalpot

Air pendingin mesin yang terdapat di dalam bagian radiator memiliki fungsi untuk mendinginkan mesin agar suhu tetap dalam keadaan yang ideal. Namun, proses pendinginan bisa terganggu akibat air coolant yang memasuki mesin sehingga berdampak pada komponen lainnya. Biasanya, itu disebabkan oleh saluran air coolant yang bocor atau thermostat mobil yang sudah dilepas.

>>> Tips perawatan mobil dapat Anda temukan di sini

Saat mesin pertama kali dihidupkan di pagi hari, dan saluran air pendingin yang bocor atau mobil yang thermostatnya dilepas, membuat air pendingin terus mengalir mendinginkan mesin. Keadaan mesin mobil yang masih dingin dipaksa untuk berputar, maka menghasilkan asap putih yang dikeluarkan melalui knalpot.

Mobil yang sudah berumur

Ilustrasi mobil tua berwarna hijau

Seiring dengan komponen yang menua, asap akan keluar dari knalpot mobil

Semakin tua usia mobil maka komponen yang ada di dalamnya pun mengalami pengurangan kualitas akibat gesekan dan perputaran mesin yang terjadi secara terus menerus. Hal seperti ini mengakibatkan banyaknya bagian mobil yang mengalami angus dan keretakan, lalu menyebabkan kebocoran pada beberapa saluran cairan mobil.

Hal itu bisa menyebabkan cairan yang terdapat pada mobil saling meresap ke bagian komponen yang lain, kemudian menimbulkan asap ketika masuk ke ruang bakar. Untuk itu, perlu dilakukan pengecekan dan penggantian komponen secara berkala.

Intinya, knalpot mobil berasap memang bukan masalah serius. Namun jika dibarengi gejala lain yang menandakan penurunan performa mobil, segera bawa mobil kesayangan Anda menuju bengkel kepercayaan untuk dilakukan pemeriksaan. Untuk tips & trik otomotif lainnya, bisa Anda lihat pada link di bawah ini.

>>> Tips & trik Cintamobil.com

Share this post:
Derry Munikartono Ahnas Putra
Penulis
Derry Munikartono Ahnas Putra
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Bukan Asap, Clean Air Strategy Analisis Ini Emisi Berbahaya Selanjutnya

24/05/2018

Pasar mobil

Untuk mengurangi polusi, Indonesia sepertinya bisa mengacu pada pemerintah Inggris. Clean Air Strategy, atau Strategi Udara Bersih yang dirancang oleh pemerintah Inggris untuk mencegah krisis kesehatan karena polusi oleh keausan ban dan asap kendaraan.

Lihat juga

Berbagai Warna Asap Knalpot yang Keluar Pada Mobil dan Indikasi Masalah yang Ditimbulkan

Sebagai pemilik mobil, Anda seharusnya memperhatikan semua yang terjadi pada mobil Anda. Salah satunya asap yang keluar dari knalpot. Warna asap knalpot ternyata memberikan indikasi masalah yang terjadi pada mobil.

Lihat juga

Benarkah Modifikasi Knalpot Pengaruhi Performa Mobil?

05/09/2019

Perawatan dan service

3 menit

Bagi orang awam akan berpikir memodifikasi knalpot akan menambah performa dari mobil. Sebagai pemilik mobil akan menyampaikan keinginan tampilan modifikasi knalpot. Lantas seberapa besar pengaruh modifikasi knalpot terhadap performa mobil Anda? Apakah naik secara signifikan?

Lihat juga

Knalpot Mobil Nembak, Mungkin Ini Penyebabnya

30/08/2019

Perawatan dan service

5 menit

Tentu Anda pernah mengalami kondisi di mana mobil mengeluarkan suara letupan dari knalpot, yang biasa disebut dengan knalpot nembak. Tapi, tahukah Anda apa yang menyebabkan hal itu terjadi?

Lihat juga

Ingin Ganti Knalpot, Perhatikan Tiga Hal Ini

23/08/2019

Perawatan dan service

5 menit

Selain pelek, para pemilik mobil juga biasanya kerap mengganti knalpot mobilnya. Agar performa mobil tetap prima dan tak bermasalah, apa saja yang harus diperhatikan sebelum melakukan hal tersebut?

Lihat juga