Tips Toyota Kijang Innova Modifikasi Simpel Dan Tetap Aman

31/07/2021

Perawatan dan service

6 menit

Share this post:
Toyota Kijang Innova modifikasi memiliki banyak pilihan dari yang ringan sampai ekstrim. untuk yang biasa dilakukan adalah ganti velg, pasang stiker dan memberi sarung jok.

Mobil menjadi salah satu tunggangan yang nyaman dan bisa menemani mobilitas sehari-hari. Namun tidak semua orang puas dengan model standar yang dikeluarkan pihak pabrikan dan akhirnya memutuskan untuk melakukan modifikasi. Seperti Toyota Kijang Innova yang sudah siap untuk memberikan kenyamanan dan memiliki tampilan modern. Meskipun begitu tetap ada yang membuat Toyota Kijang Innova modifikasi sehingga tampilannya jadi beda.

Modifikasi Kijang Innova bisa dilakukan dengan berbagai cara, dari mulai yang simpel sampai ekstrim. Hal tersebut disesuaikan dengan selera, bahkan ada yang melakukannya sampai benar-benar berubah. Bagi Anda yang berniat melakukan modifikasi bisa melihat referensi yang kami berikan, siapa tahu tertarik dan ingin mengikutinya.

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Kijang Innova Silver diberikan stiker samping

Modifikasi dapat dilakukan namun tetap perlu perhatikan keamanan dan kenyamanan

Toyota Kijang Innova Modifikasi Simple

Innova Modifikasi Eksterior

Modifikasi yang paling umum dilakukan adalah dengan mengganti Velg. Hal ini kerap dilakukan oleh para pemilik mobil yang ingin tampil beda tapi tetap dapat dipakai harian serta tidak melanggar aturan. Dalam penggantian velg bisa memilih model sesuai yang diinginkan, apalagi saat ini banyak velg yang mempunyai desain keren.

Ukuran juga tidak kalah penting, biasanya untuk rekomendasi agar tetap nyaman penggantian velg adalah selisih 2 di atasnya. Toyota Kijang Innova mempunyai velg bawaan ukuran 15 dan 16 inci, maka disarankan memakai yang 17 dan 18 inci.

Ada pula pemilik yang menggantinya dengan ukuran sampai 19 inci. Jika Anda ingin mengikutinya sebaiknya mencoba terlebih dahulu mobil Innova yang sudah menggunakannya. Apabila dirasa masih nyaman bolehlah ikut pasang velg lebih besar.

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Kijang Innova telah dilakukan modifikasi

Ganti velg saja sudah buat tampilan lebih keren dari arah samping

Untuk Kijang Innova modifikasi, yang bisa dilakukan selanjutnya adalah memasang stiker pada bodi mobil. Dalam hal ini terdapat banyak pilihan, dari mulai tulisan, garis-garis dan masih banyak lagi.

Anda bisa mencari referensi mobil lain terlebih dahulu untuk model stiker atau bisa membuat model sendiri dan dibawa ke tukang stiker terpercaya. Dengan 2 hal tersebut tampilan mobil sudah jadi lebih keren dan tampak berbeda dengan mobil lain meskipun memakai model yang sama.

Sebenarnya terkait modifikasi memiliki pandangan sendiri-sendiri. Dengan mobil Innova warna hitam bisa dibuat modifikasi bisa membuat tampak lebih mewah dan juga elegan, namun warna lain juga dapat dilakukan.

Modifikasi yang dilakukan adalah dengan menambahkan body kit pada mobil, pada tipe biasa bisa memasang bodi kit tipe Luxury. Anda juga bisa membeli body kit atau memesan khusus untuk mobil yang dimiliki. Apalagi dengan membuatnya lebih ceper, tentunya tampilan mobil jadi lebih sporty.

>>> Toyota Kijang Innova Tahun Berapa yang Irit BBM?

Innova Modifikasi Interior

Ketika ingin melakukan pada bagian interior, terdapat banyak bagian yang dapat dilakukan modifikasi. Seperti pada bagian jok mobil yang terdapat banyak pilihan. Adapun yang pertama adalah dengan menggunakan jok paten atau dilakukan perombakan total.

Dari segi pengerjaan menjadi paling rumit namun hasilnya menjadi paling baik. Dalam segi proses ada beberapa tahapan seperti melepas lapisan jok kemudian diganti dengan yang baru. Modifikasi jok jenis ini merupakan perombakan menyeluruh hingga membuat model jok berbeda dengan aslinya dan dapat dibuat sesuai keinginan. Hanya saja biayanya lebih mahal dan jok mobil menjadi tidak original.

Pilihan Toyota Kijang Innova modifikasi pada bagian jok selanjutnya adalah menggunakan jok semi paten. Untuk jenis ini tidak perlu melakukan pembongkaran jok yang dimiliki. Pada modifikasi jenis ini sarung jok akan digunakan untuk melapisi jok bawaan kemudian dijahit di tempat pertemuan sarung jok. Biasanya untuk penjahitan dilakukan pada bagian bawah.

Gambar ini menunjukkan modifikasi jok mobil Toyota Kijang Innova

Buat jok mobil sesuai selera dan lebih nyaman

Modifikasi jok terakhir adalah dengan memasang sarung jok. Cara ini menjadi paling mudah dengan harga paling terjangkau. Tinggal beli sarung jok yang sesuai pada jok yang dimiliki kemudian dipasangkan dan diikat pada beberapa bagian menggunakan tali yang tersedia pada sarung jok.

Modifikasi ini umumnya dilakukan untuk mempertahankan jok bawaan tetap baik tapi ingin memiliki tampilan beda dari yang lain. Jika mempunyai dana lebih, modifikasi jok mobil dapat dilakukan penggantian jok seutuhnya dengan jok sesuai keinginan. Dengan begitu jok bawaan dapat disimpan di rumah dan dipasang kembali ketika dibutuhkan.

Pada bagian head unit bisa mengganti dengan yang lebih keren dan terlihat mewah. Anda bisa menggantinya dengan produk aftermarket. Hanya saja terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, yang pertama adalah ukuran slot head unit pada dashboard. Pastikan membeli yang sesuai dengan lubang karena jika terlalu kecil akan ada celah dan jika terlalu besar tidak akan muat.

Gambar ini menunjukkan head unit aftermarket pada mobil Toyota Kijang Innova

Modifikasi interior bisa pada sektir hiburan seperti head unit

Yang kedua adalah kompatibilitas head unit dengan fitur yang ada pada mobil. Ketika mobil sudah ada fitur bluetooth, kamera parkir dan tombol audio di kemudi maka pastikan ketika membeli yang baru support akan fitur tersebut. Tujuannya agar fitur tetap dapat dioperasikan dengan baik.

Dalam proses pemasangan disarankan di tempat yang profesional karena berhubungan dengan kelistrikan. Karena bila terdapat kesalahan maka bisa beresiko terjadi konsleting. Toyota Kijang Innova modifikasi ini terbilang masih aman dipakai untuk harian.

>>> Harga Sama Beda Rupa, Komparasi Kenyamanan Toyota Innova Bekas vs Toyota Rush Baru

Tips untuk Toyota Kijang Innova Modifikasi

Dalam modifikasi mobil biasanya dilakukan sesuai selera, sehingga mobil apapun bisa dilakukan seperti modifikasi Kijang Innova Reborn atau modifikasi Kijang Innova 2005 yang merupakan mobil keluaran awal. Bahkan ada juga Kijang Innova modifikasi offroad sehingga membuat mobil dapat digunakan untuk melintasi jalanan ekstrim dan untuk berpetualang di tempat yang tidak bisa dilewati mobil biasa.

Sebelum melakukan modifikasi Toyota Kijang Innova, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu:

1. Garansi Mobil Hangus

Garansi mobil diberikan untuk membuat mobil tetap terawat. Untuk klaim garansi biasanya dilakukan secara berkala seperti saat mengganti oli ataupun ketika mobil mengalami kerusakan. Dengan begitu biaya tidak perlu dikeluarkan karena pabrikan yang menanggungnya. Hanya saja saat mobil telah dimodifikasi yang melebihi toleransi dari pihak pabrikan maka bisa membuat garansi hangus. Bila sudah hangus maka biaya ditanggung sendiri.

2. Perlu Biaya

Ketika melakukan modifikasi maka pemilik harus mengeluarkan biaya. Bahkan modifikasi yang simpel saja seperti mengganti Velg juga butuh biaya.

Gambar ini menunjukkan Toyota Kijang Innova warna ungu

Pilih bengkel terpercaya untuk modifikasi mobil yang dimiliki

3. Proses Berkelanjutan

Agar modifikasi yang dilakukan sesuai keinginan biasanya membutuhkan proses yang tidak sebentar. Seperti misalnya melakukan upgrade suspensi atau merubah jok mobil dengan gaya lebih sporty. Jadi tidak bisa buru-buru dalam melakukannya supaya tidak terjadi kesalahan yang bisa berakibat fatal.

4. Memilih Bengkel Yang Sudah Punya Reputasi

Ini yang terpenting dalam melakukan modifikasi yaitu pemilihan bengkel. Pastikan memilih bengkel yang sudah punya reputasi baik dan mempunyai nama besar serta berpengalaman. Dengan begitu modifikasi yang dilakukan akan lebih aman dan jika ingin melakukan ubahan tapi bisa beresiko membahayakan maka akan diberikan solusi lebih aman tapi tetap sesuai keinginan.

Demikianlah pembahasan mengenai Toyota Kijang Innova modifikasi yang dapat kami informasikan. Semoga bisa memberikan manfaat dan tetap utamakan keselamatan dan kenyamanan berkendara ketika melakukan modifikasi mobil yang dimiliki.

>>> Baca artikel tips & trik lainnya seputar otomotif hanya di Cintamobil.com

Pertanyaan Sering Diajukan

Apakah modifikasi mobil aman dan tidak melanggar aturan?
Selama masih wajar sih tidak masalah seperti ganti velg, pasang stiker atau modifikasi interior kendaraan. Namun jika berhubungan dengan kelistrikan serahkan pada ahlinya.
Mobil modifikasi aman tidak buat harian?
Tergantung modifikasi yang dilakukan, namun ketika melakukan modifikasi disarankan ke bengkel terpercaya dan berpengalaman sehingga akan lebih aman digunakan harian.
Apa plus minus mobil dilakukan modifikasi?
Banyak sih! salah satu Plus nya adalah mempunyai tampilan berbeda dengan yangg lain dan meningkatkan gaya pemiliknya. Minusnya bisa membuat garansi hilang jika berlebihan dan harga jual kembali juga menurun.

Berawal dari tahun 2015 mengisi konten di beberapa website di Indonesia. Bergabung dengan Cintamobil.com mulai tahun 2017 menjadi Conten Writer, membahas seputar dunia otomotif di Indonesia yang semakin berkembang.

Menyukai dunia otomotif baik sepeda motor ataupun mobil. Sebelum menjadi penulis sering mengotak atik sepeda motor baik untuk diperbaiki atau dilakukan modif sederhana. Memang untuk masuk dalam dunia writer cukup terbilang baru kala itu. Pertama kali memegang komputer di sekolah dan masih berupa komputer tabung.

Pada akhirnya membeli sebuah komputer sendiri dengan spek minim. Mencoba menggeluti dunia penulisan yang merupakan hal baru. Namun dengan kegigihan dan tekad serta niat, pada akhirnya sudah terbiasa menulis dan menjadi salah satu hal yang disukai. Dengan menulis akan menemukan hal-hal baru yang cukup memberikan rasa ingin tahu dan penasaran.

Setelah bergabung dengan Cintamobil, wawasan semakin bertambah dalam dunia otomotif. Ilmu juga semakin bertambah yang membuatnya termotiviasi untuk mengetahui segala hal tentang dunia otomotif.

 

 
back to top