Ketahui Penyebab Getaran Pada Mesin Mobil yang Sering Terjadi

Share this post:
Ketahui Penyebab Getaran Pada Mesin Mobil yang Sering Terjadi
Getaran pada mesin bisa jadi kumpulan dari sejumlah masalah. Meskipun diasumsikan bahwa getaran berasal dari mesin, bisa jadi gandar atau as roda dalam kenyataannya mungkin menjadi penyebab sebenarnya.

Jika Anda mengendarai mobil bekas, masalahnya mungkin lebih sering terjadi dan inilah saatnya untuk mengetahui lebih banyak tentang penyebab umum dan mencari solusinya. Di sini kita membahas secara detail 5 penyebab getaran pada mesin mobil. Bacalah dengan saksama untuk melihat apakah Anda mengalami salah satu gejala yang menyebabkan getaran mesin mobil.

1. Masalah Pada Peredam Poros Engkol Mesin

Gambar yang menunjukan bagian peredam poros engkol mesin pada mobil

Perhatikan peredam poros engkol mesin ketika mesin bergetar

Jika Anda merasa mesin bergetar, peredam poros engkol dapat menjadi faktor yang perlu dipertimbangkan ketika mendiagnosis penyebab getaran mesin. Memang, tugas utama komponen ini adalah mengurangi getaran. Pada mesin diesel, penggunaannya lebih luas. Jika ada kemungkinan bahwa ia kekurangan fungsi atau rusak dan tidak bisa dipakai untuk selamanya, mesin Anda akan berguncang lebih keras. Anda harus menghubungi mekanik setiap kali Anda menghadapi masalah ini.

2. Engine Mounting yang aus

Gambar yang menunjukan bagian engine mounting pada mobil

Engine mounting juga bisa menjadi penyebab mesin bergetar

Ini adalah penyebab lain dari getaran mesin. Komponen ini membuat mesin tetap melekat pada sasis. Selain itu, juga mengurangi getaran mesin yang sedang berjalan. Berkendara secara sembrono dan tidak beraturan bisa menjadi alasan utama yang berada di balik masalah ini.

>>> Baca juga Penyebab getaran tidak biasa pada mobil

3. Masalah Pada Busi

Gambar yang menunjukan bagian busi pada mesin mobil

Tak terkecuali, perhatikan busi pada mesin mobil

Jika ada masalah dengan busi kendaraan Anda, mesin akan bergetar lebih dari biasanya. Ini biasanya terjadi setelah umur pemakaian busi sudah habis. Melakukan penggantian busi dapat dilakukan di rumah jika Anda memiliki semua alat dan pengetahuan untuk mengerjakannya. Jika Anda tidak memiliki pengetahuan dan alat yang memadai untuk mengganti busi sendiri, datangilah bengkel yang biasa Anda datangi untuk melakukan servis kendaraan.

4. Cuaca ekstrim

Gambar yang menunjukan sebuah mobil yang ikut mengalami kebekuan di jalanan bersalju

Beberapa kota di Indonesia memiliki cuaca dingin yang ekstrim

Dalam cuaca dingin, mesin bergetar lebih dari biasanya. Tidak ada tindakan ekstra yang perlu diambil jika masalah ini diselesaikan dengan sendirinya ketika mobil sedang berjalan dalam cuaca normal. Dalam cuaca dingin, mesin tidak dapat berjalan pada tingkat optimal, sehingga getaran meningkat. Begitu juga dalam keadaan cuaca yang sangat panas, mobil akan jadi cepat panas dan bergetar lebih dari pada biasanya.

>>> Baca juga tips perawatan lainnya disini

5. Masalah pada poros roda

Gambar yang menunjukan rangka dan bagian poros roda pada mobil

Goncangan pada roda bisa menjadi penyebab getaran pada mobil

Seringkali sepertinya masalah guncangan mesin berakar pada mesin itu sendiri, padahal kenyataannya, itu adalah poros roda yang perlu dijaga. Ketika mobil Anda dalam tabrakan, poros dapat rusak, bahkan ketika tidak ada tanda kerusakan. Jadi, Anda harus melibatkan mekanik jika Anda mengalami peningkatan getaran, tepat setelah tabrakan untuk dapat secara cepat memeriksa dan memperbaiki komponen yang rusak.

6. Kampas Kopling

Kampas kopling yang habis atau aus bisa menyebabkan mobil anda bergetar. Pahami ciri-ciri kampas kopling habis. Getaran ini bisa disebabkan permukaan flywheel Anda tidak rata. Cara mengatasinya dengan mengganti satu komponen kopling plus dan menghaluskan bagian flywheel. Di bengkel resmi tersedia alat bernama Dial Gauge yang dapat mengukur kerataan flywheel.

Gambar yang menunjukan bagian flywheel yang sudah memburuk

Perhatikan rataan flywheel untuk mencegah getaran mesin

Yang harus diperhatikan adalah jangan hanya mengganti komponen kopling tapi harus diperhatikan bagian flywheel karena ini adalah komponen yang bersinggung langsung dengan kopling. Mungkin cara mengatasi kerusakan ini adalah hal yang baru, tetapi ini adalah cara terbaik untuk menanggulangi kerusakan yang lebih parah. Akan sangat berbahaya jika dalam perjalanan terjadi kerusakan di komponen kopling mobil Anda.

Mengerti dan memeriksa penyebab getaran pada mesin mungkin membutuhkan kesabaran. Banyak faktor yang bisa menyebabkan getaran yang tidak normal pada mesin dan mobil kesayangan Anda. Semoga dengan mengenal dan memahami beberapa penyebab tadi, Anda dapat dengan segera mengenal dan menangani masalah tersebut. Semoga dapat berguna dan bermanfaat.

>>> Baca juga tips dan trik lainnya disini

Share this post:
 
back to top