Ketahuan, Ternyata Bukan Gelapnya Kaca Film Yang Membuat Kabin Jadi Sejuk

Share this post:
Ketahuan, Ternyata Bukan Gelapnya Kaca Film Yang Membuat Kabin Jadi Sejuk
Asumsi yang beredar di masyarakat makin gelap kaca film makin sejuk pula kabin mobil. Ternyata ini agak kurang pas. Menurut para ahli bukan tingkat kegelapan kaca film yang membuat kabin jadi sejuk, tapi kualitasnya.

Kaca film selama ini dikenal sebagai produk after market mobil yang paling banyak digunakan pemilik mobil. Tujuannya beragam, namun secara umum adalah memberi perlindungan lebih kepada pengendara baik pengemudi maupun penumpang, baik perlindungan secara fisik maupun perlindungan secara privasi. Salah satu contohnya yaitu mengurangi paparan panas sehingga membuat kabin jadi sejuk.

Foto Mitsubishi Xpander dengan kaca film terlihat gelap

Kaca film bikin tampilan mobil makin menarik

Nah, asumsi yang beredar di benak pemilik mobil, makin gelap kaca mobil makin bagus dalam hal menyejukkan kabin. Ternyata asumsi ini tidak sepenuhnya benar. Kaca film gelap hanya lebih bagus dalam memberi perlindungan privasi, namun tidak dalam hal meredam panas. Untuk hal yang terakhir ini diperlukan kaca film yang benar-benar berkualitas.

>>> Banyak Yang Belum Tahu, Kenali Serba-Serbi Pasang Kaca Film

Hal tersebut dituturkan salah satu anggota National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) bernama Aris di acara talkshow bersama Mitsubishi di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 JIExpo Kemayoran beberapa hari lalu. "Kalau untuk kaca film yang udah saya belajar dari beberapa teman-teman aftermarket kaca film sebetulnya bukan kegelapannya, tapi kemampuan kaca film menyerap panas dan memendarkan cahaya dari ultraviolet," kata Aris.

Sebagai penjelasan Tirto.id, (13/8/18) menulis parameter tingkat kegelapan kaca film mobil adalah visibility light transmission (VLT) atau jumlah cahaya yang menembus. Semakin rendah VLT-nya semakin gelap pula kaca film mobil. Sementara untuk parameter kemampuan menolak panas yang jadi ukuran adalah total solar energy rejected (TSER) atau seberapa besar sinar UV dan inframerah yang ditangkal oleh kaca film. Meski tidak terlalu gelap, tapi kalau TSER tinggi maka kaca film makin bagus dalam meredam panas.

>>> Temukan mobil idaman dengan harga terbaik di sini

Foto jendela mobil dengan kaca film, nampak terlindungi

Perlindungan terbaik dari kaca film bukan diukur dari kadar kegelapannya, tapi dari kualitasnya

Yang perlu diperhatikan pada saat memutuskan memasang kaca film mobil yaitu memilih produk yang benar-benar berkualitas dengan nilai TSER cukup tinggi daripada sekedar gelap belaka. Satu lagi yang harus diingat, kaca film gelap sangat tidak direkomendasikan di pasang di kaca mobil bagian depan karena bisa mengurangi visibilitas pengemudi.

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Sudah Tahu Belum Fungsi Door Visor di Kaca Mobil?

Walau alat ini mudah ditemui di pasaran dan harganya pun tidak terlalu mahal, ternyata masih ada sebagian pemilik mobil yang tidak mengetahui fungsi door visor di kaca mobil. Berikut tim Cintamobil akan jelaskan mengenai fungsi dari door visor.

Lihat juga

Kenali Yuk, Fungsi Dan Jenis-Jenis Kaca Mobil

Mungkin bagi sebagian orang, kaca mobil adalah salah satu komponen yang terlewatkan dan kurang menarik untuk diketahui. Namun jangan salah sobat, kaca adalah hal penting pada mobil mengingat fungsinya yang cukup beragam. Maka dari itu, mari kita pahami lebih lanjut tentang fungsi dan jenis kaca mobil.

Lihat juga

Water Repellent, Tips Mitsubishi untuk Merawat Bodi dan Kaca Mobil

Tidak hanya memproduksi kendaraan yang tangguh dan interior yang menawan di dalam, Mitsubishi juga memberikan tips bagi konsumen untuk merawat bodi dan kaca mobil dengan cairan Water Repellent.

Lihat juga

Kaca Mobil Berembun Saat Hujan, Hilangkan Dengan 4 Cara Ini

29/01/2019

Perawatan dan service

4 menit

Salah satu faktor keselamatan berkendara adalah adanya area pandang atau visibilitas yang baik. Kaca mobil berembun di saat hujan bisa menjadi masalah sebab bisa membuat visibilitas pengemudi terganggu. Tapi jangan khawatir, hal ini bisa ditangani dengan mudah asal Anda tahu caranya.

Lihat juga

Musim Hujan Datang, Tips Jaga Kondisi Bodi dan Kaca Mobil Tetap Bersih

12/11/2018

Perawatan dan service

4 menit

Ketika musim hujan datang, mobil akan lebih sering terlihat dalam kondisi kotor. Bukan hanya karena cipratan air tapi juga bekas air (water spot) yang membuat mobil terlihat kusam. Ada cara untuk menjaga kondisi bodi dan kaca mobil tetap bersih.

Lihat juga

Minuman Soda dan Tembakau, Solusi Praktis Menghilangkan Jamur pada Kaca Mobil

12/09/2018

Perawatan dan service

4 menit

Jamur menjadi salah satu masalah pada kaca mobil. Tidak seperti anggapan yang berkembang, menghilangkan jamur pada kaca mobil sangat mudah, tanpa perlu ke bengkel. Bagaimana caranya?

Lihat juga
 
back to top