Kerusakan Pelek Mobil yang Sering Terjadi dan Cara Mengatasinya

19/07/2019

Perawatan dan service

4 menit

Kerusakan pelek mobil bisa saja terjadi, misalnya ketika Anda kurang hati-hati saat berkendara di jalan. Tapi tenang saja, mudah kok untuk mengatasinya.

"Namanya juga mobil dipakai sehari-hari, wajar kalau ada yang rusak,". Ungkapan itu memang ada benarnya, jika kendaraan dipergunakan harian, maka seiring berjalannya waktu akan muncul sejumlah kerusakan. Kerusakan ini bisa karena usia pakai dari suku cadnag tersebut atau kerusakan akibat pemakaian yang kurang hati-hati.

>>> Lebih Baik Reparasi Pelek Atau Beli Baru?

Satu diantara kerusakan pada mobil yang bisa timbul adalah kerusakan pelek mobil. Karena posisinya hampir bersentuhan langsung dengan permukaan jalan, maka wajar jika suatu saat ada masalah pada bagian roda tersebut. Lalu apa saja sih umumnya kerusakan pada pelek mobil?

1. Peyang

pelek mobil peyang

Pelek mobil yang peyang harus dipress ulang

Pelek peyang adalah istilah yang sering diungkapkan jika ada bagian dari permukaan pelek yang tidak melingkar dengan presisi. Umumnya pelek peyang karena ada bibir pelek yang menekuk ke arah dalam.

>>> Promo mobil baru ada disini

Penyebab kondisi pelek seperti ini adalah ketika Anda menghajar jalan berlubang dengan kecepatan tinggi, apalagi jika saat itu kondisi ban kurang tekanan anginnya. Namun pelek mobil yang peyang terbilang mudah untuk diperbaiki. Cukup press atau ditempa dengan sistem pemanasan, maka bentuk pelek bisa dikembalikan seperti semula.

2. Grepes

pelek mobil grepes yang diperbaiki

Pelek grepes juga mudah untuk diperbaiki

>>> Cari mobil bekas berkualitas disini

Selain peang, pelek grepes adalah yang paling sering ditemukan pada mobil dengan pemakaian harian. Penyebabnya adalah bibir pelek membentur batu atau trotoar di jalan yang tidak terpantau oleh pengemudi.

Kerusakan pelek mobil seperti ini juga cenderung untuk mudah diperbaiki. Silahkan amplas permukaan pelek yang grepes sampai halus kembali, kemudian poles atau cat ulang sampai kondisinya sama dengan permukaan bibir pelek yang lain.

Nah, jangan takut lagi ya kalau ada kerusakan pelek mobil seperti ini...

>>> Tips dan trik lain baca disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top