Kerap Diabaikan Pengendara, Apa Manfaat Rotasi Ban Mobil?

09/10/2020

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Kerap Diabaikan Pengendara, Apa Manfaat Rotasi Ban Mobil?
Tak sedikit pengendara yang kerap mengabaikan untuk rotasi ban mobil secara teratur. Tapi sebenarnya apa manfaat melakukan rotasi ban mobil secara rutin?

Melakukan rotasi ban mobil mungkin belum dilakukan oleh semua pengendara. Kebanyakan menganggap hal itu tak perlu dilakukan. Padahal, salah satu cara agar ban mobil panjang umur dan memiliki performa yang baik bisa dilakukan dengan merotasinya. 

Mengutip situs Dunlop, Jumat (10/9/2020), ban perlu dirotasi karena tingkau keausannya berbeda-beda. Perlu disadari, ban langsung bersentuhan dengan permukaan jalan. Gesekan akhirnya tidak terhindarkan sehingga keausan permukaan ban muncul.

ban mobil

Rotasi ban kerap diabaikan pemilik mobil

>>> Durasi Rotasi Ban Berdasarkan Saran Pabrik

Waktu Rotasi Ban

Akan tetapi, tingkat keausan permukaan ban tidak sama. Bagian depan cenderung lebih cepat aus dibanding ban belakang. Hal itu dikarenakan ban depan sering dipakai untuk berbelok atau menapak lebih kuat ketika terjadi pengereman. Semua itu sedikit demi sedikit mengikis permukaan ban.

Untuk itulah, rotasi ban mobil perlu dilakukan. Tujuannya supaya tingkat keausan ban di semua sisi merata. Jika level keausan rata, maka performa ban untuk berkendara tetap baik. Ban bisa menapak dengan kuat sehingga keselamatan mengemudi terjaga.

Ketika manfaat rotasi ban sudah diketahui, saatnya melakukannya. Segeralah rotasi ban secara teratur ketika mobil digunakan dalam kisaran jarak 7 ribu kilometer hingga 10 ribu kilometer. 

Namun, jika mobil sering dipakai untuk melaju dalam kecepatan tinggi, tidak ada salahnya untuk mempercepat masa rotasi menjadi setiap 5 ribu kilometer sekali. Hal ini dikarenakan tingkat keausannya pasti lebih cepat dibanding mobil yang dipakai berkendara dalam kecepatan normal.

ban mobil

Rotasi tak bisa asal-asalan

>>> 5 Perilaku Pengendara yang Membuat Umur Ban Pendek

Aturan Rotasi Ban

Rotasi ban mobil tak dilakukan sembarangan dan bukan asal memindahkan posisinya. Ada aturan khusus yang bakal membuat tingkat keausan ban selalu terjaga dengan baik.

Perlakukan untuk setiap jenis mobil pun berbeda. Sebagai contoh teknik rotasi ban pada mobil berpenggerak roda depan dan roda belakang berbeda. Namun, pada prinsipnya, perotasian dilakukan dengan prinsip persilangan. 

Berikut ini penjelasannya untuk rotasi ban pada mobil berdasarkan jenis roda penggeraknya. 

ban mobil

Rotasi bisa dilakukan sesuai tenaga penggeraknya

Kendaraan Berpenggerak Roda Depan (Front Wheel Drive)

● Ban depan kanan mundur menjadi ban serep.

● Ban depan kiri mundur menjadi ban belakang kiri.

● Ban belakang kanan maju ke depan menjadi ban depan kiri.

● Ban belakang kiri maju ke depan menjadi ban depan kanan.

● Ban serep bisa menjadi ban belakang kiri.

Kendaraan Berpenggerak Roda Belakang (Rear Wheel Drive)

● Ban depan kanan mundur menjadi ban belakang kiri.

● Ban belakang kiri maju ke depan menjadi ban depan kiri.

● Ban belakang kanan maju ke depan menjadi ban depan kanan.

● Ban depan kiri masuk menjadi ban serep.

● Ban serep menjadi ban belakang kanan.

Seperti itulah cara melakukan rotasi ban dengan tepat. Ada baiknya untuk melengkapi langkah tersebut dengan melakukan spooring. Jika dilakukan, niscaya performa ban terus terjaga di level maksimal.

>>> Mengenal Ban RFT, Apa Benar Tidak Bisa Pecah?

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Tips Merawat Ban dan Menghindari Flat Spot Saat PSBB

03/10/2020

Perawatan dan service

2 menit

Ada bahaya mengintai saat memarkirkan mobil dalam waktu lama, yaitu flat spot. Simak tips merawat ban dan menghindari flat spot pada ban dari Michelin di sini.

Lihat juga

Ban Mobil Cepat Botak? Mungkin ini Penyebabnya

29/09/2020

Perawatan dan service

5 menit

Merasa terlalu sering mengganti ban mobil karena cepat botak? Itu nyebelin banget sih, tapi kejadian ini biasanya disebabkan beberapa hal, apa aja ya?

Lihat juga

Ini Sebabnya Tekanan Angin Ban Depan Lebih Tinggi dari Belakang

16/09/2020

Perawatan dan service

3 menit

Pernahkah terpikir oleh Anda mengapa tekanan angin ban depan umumnya lebih tinggi dari ban belakang? Kami akan beberkan alasannya pada artikel berikut ini

Lihat juga

Sering Terlupa, Ini Tekanan Angin Ban Mobil Toyota Avanza yang Disarankan

17/04/2020

Perawatan dan service

3 menit

Selain untuk kenyamanan, ternyata tekanan angin penting sebagai penunjang keselamatan. Berikut beberapa tips mendapatkan tekanan angin ban mobil Toyota Avanza untuk Anda.

Lihat juga

Untung Rugi Penggunaan Cairan Anti-bocor untuk Ban Mobil

25/08/2020

Perawatan dan service

4 menit

Agar ban tubeless susah bocor, biasanya para pemilik mobil menambahkan cairan anti bocor ke dalam ban mobil. Adakah hal negatif dari penggunaan cairan satu ini?

Lihat juga