Kenapa Setir Kembali ke Tengah Secara Otomatis Setelah Berbelok?

06/01/2019

Perawatan dan service

3 menit

Kenapa Setir Kembali ke Tengah Secara Otomatis Setelah Berbelok?
Beberapa sistem pada mobil terkadang langsung ditanamkan tanpa banyak yang tahu bagaimana cara kerjanya. Salah satunya ketika mobil berbelok, maka setir kembali ke tengah secara otomatis. Mengapa bisa begitu?

Seringkali kita rasakan bagaimana mudahnya mengemudikan kendaraan dimana setir kembali ke tengah secara otomatis ketika dilepaskan setelah berbelok. Untuk menambah pengetahuan Anda, Learn Engineering menjelaskan teknologi tersebut.

Penjelasan sistem sudut caster yang memungkinkan setir kembali secara otomatis

Salah satu aspek yang jarang dibahas tetapi sangat vital dalam pengendalian dan pengendaraan adalah sudut caster. Secara sederhana, ini adalah sudut kemudi yang diterapkan pada roda depan yang dapat mempengaruhi bagaimana roda berputar. Tentu saja Anda tidak bisa melihat cara kerja sistem ini pada roda, tetapi bisa Anda rasakan pada komponen setir ketika sedang mengemudikan kendaraan.

>>> Jangan Sembarangan! Begini Cara Mendongkrak Mobil yang Aman

Learn Engineering menjelaskan tentang spesifikasi yang ditampilkan pada video di bawah. Manfaat utama sudut caster adalah roda depan secara alami kembali ke posisi lurus ketika Anda melepaskan kemudi. Hal inilah yang membantu pengemudi dengan membuat setir kembali ke tengah setelah berbelok.

Gambar ilustrasi caster angle pada poros roda

llustrasi caster angle dalam poros roda

Agar roda depan berputar, sistem roda harus dipasangkan pada titik pivot pada mobil. Bukan menggunakan titik yang langsung tegak lurus dari tanah, pemasangan tersebut dibuat sedikit miring ke belakang, menghasilkan sudut yang disebut dengan caster. Sudut ini penting karena menggerakan titik rotasi roda ke depan.

>>> Ingin membeli mobil terbaru? Dapatkan berbagai listing dari Cintamobil.com

Bagian dimana ban melakukan kontak atau bersentuhan dengan tanah memang tidak berubah. Tetapi dengan titik pusat bergerak maju dari bidang kontak, gaya sentripetal alami membawa roda kembali ke posisi lurus. Akibatnya kemudi juga bergerak ke tengah.

Ada aspek kinerja untuk sudut caster. Ketika beban menikung lebih tinggi, suspensi akan menyusut dan sedikit mengubah sudut caster, sehingga mempengaruhi bagaimana roda depan merespons kecepatan yang lebih tinggi pada trek balap. Sudut caster biasanya tidak dapat disesuaikan pada mobil biasa, tetapi mobil balap sering mendapatkan perubahan, tergantung pada trek untuk meningkatkan kemampuan menikung.

>>> Teknologi kendaraan terbaru dan terlengkap bisa Anda dapatkan di sini

Ilustrasi sistem custer angle pada poros roda

Sistem caster angle akan membuat roda kembali lurus dengan gaya sentripetal

Sistem ini akan memberikan kemudahan bagi pengemudi ketika berada dalam posisi berbelok. Tak perlu lagi memutar kemudi layaknya kendaraan zaman dulu agar roda kembali lurus karena setir kembali ke tengah secara otomatis setelah Anda berbelok.

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top