Kenali Water Hammer Bahaya yang Mengancam Mobil Terobos Banjir

02/01/2020

Perawatan dan service

3 menit

 Kenali Water Hammer Bahaya yang Mengancam Mobil Terobos Banjir
Jika mobil terobos banjir cukup tinggi kira-kira dampak apa yang akan terjadi pada mesin mobil Anda? Apakah Anda sudah tahu? Simak informasinya di bawah ini.

Hujan deras di awal tahun 2020 melanda wilayah Jakarta dan sekitarnya. Intensitas curah hujan yang tinggi ini menciptakan banjir di sebagian wilayah Jabodetabek. Jika mobil terobos banjir mesin mobil Anda bisa berpotensi mengalami water hammer atau hydrolocking.

>>> Jelang Musim Pengujan, Berikut Tips Memilih Ban Mobil Yang Tepat

Mobil terendam banjir

Ada bahaya yang mengintai jika Anda nekat menerobos banjir

Lalu apa itu water hammer? Water hammer sendiri merupakan kondisi di mana mesin tidak bisa lagi menyala dikarenakan adanya air yang masuk ke dalam ruang bakar atau sistem pelumasan, di mana kompresinya tidak bisa berjalan lagi dan efek terburuknya bisa berdampak pada rusaknya piston pada mesin mobil.

Dilansir dari Autoevolution, mobil terobos banjir bisa membuat masuknya air ke ruang pembakaran mesin atau disebut juga sebagai hydrolocking membuat gerakan piston tertahan sehingga gagalnya melakukan proses pembakaran. Tingkat kerusakan dari kontaminasi air ke mesin bervariasi tergantung seberapa banyaknya air yang masuk dan mempengaruhi intensitas putaran mesin.

>>> Ingin membeli mobil bekas? Dapatkan berbagai listing dari Cintamobil.com

Gambar menunjukan Setang seher

Jika memaksa terobos banjir stang seher mesin mobil bisa membengkok

>>> Baca juga tips perawatan lainnya disini

Jika air masuk saat mesin dalam keadaan idle, biasanya hanya membuat mesin mati seketika. Tetapi jika air masuk saat mesin sudah dalam putaran tinggi atau dalam keadaan hidup piston pada silinder yang tergenang pergerakannya tertahan oleh air. Piston yang sedang melakukan pembakaran dengan bergerak naik mendapat tekanan balik dari air yang akhirnya bisa membuat connecting rods atau stang seher membengkok, kepala silinder dan crankcase bisa juga rusak atau lebih buruk lagi bisa bikin blok mesin pecah.

Drivespark melaporkan bahwa air tidak bisa menghasilkan pembakaran seperti campuran bahan bakar dan udara. Kondisi water hammer biasanya terjadi ketika kendaraan melewati jalanan banjir dan air masuk ke dalam ruang bakar.

Jika Anda berada di dalam kondisi menghadapi jalan yang banjir atau bahkan mobil Anda bahkan tergenang oleh banjir. Sebaiknya Anda tidak disarankan untuk menerobosnya karena dikhawatirkan akan terjadi water hammer pada mesin mobil Anda. Hal terburuknya Anda membutuhkan banyak biaya untuk memperbaikinya.

>>> Tips dan trik menarik lainnya bisa Anda dapatkan di sini

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top