Kenali Usia Bagian-Bagian Penting Di Dalam Mobil

25/11/2018

Perawatan dan service

4 menit

Kenali Usia Bagian-Bagian Penting Di Dalam Mobil
Setiap bagian mobil memiliki usia atau masa pakainya sendiri-sendiri, ada yang hitungan bulan sudah harus diganti ada yang tahunan. Kenali kapan harus mengganti bagian mobil yang paling penting agar kendaraan Anda lebih aman dan performanya tetap maksimal.

Setiap bagian dalam mobil memiliki fungsinya sendiri-sendiri yang berguna untuk membuat mobil bisa dioperasikan dengan baik. Pentingnya untuk melakukan perawatan mobil secara berkala adalah untuk mengecek adakah bagian mobil yang harus diganti karena sudah aus atau karena memang sudah waktunya untuk diganti. Setiap bagian mobil memiliki usia atau masa pakainya sendiri-sendiri, ada yang hitungan bulan sudah harus diganti ada yang tahunan. Kenali kapan harus mengganti bagian mobil yang paling penting agar kendaraan Anda lebih aman dan performanya tetap maksimal.

1. Busi

Busi baru dan yang sudah dipakai

Tanpa busi mesin mobil tak bisa dihidupkan

Busi adalah bagian yang sangat penting pada mobil karena ia memiliki fungsi sebagai pemantik api agar pembakaran mesin bisa berjalan. Busi bisa diganti ketika ia sudah dalam keadaan yang kotor, atau ketika hitungan km sudah mencapai angka 20.000 km dan 50.000 km. Jika mobil tidak terlalu sering digunakan, busi umumnya memiliki usia hingga 8 tahun.

>>> 5 Fungsi Luar Biasa Busi Pada Mesin Mobil

2. Aki/baterai

Sedang memeriksa aki mobil

Aki jadi bagian paling vital terhadap sistem kelistrikan mobil

Tidak dipungkiri lagi aki atau baterai adalah bagian yang sangat penting dalam sebuah mobil. Ia memiliki fungsi sebagai sumber daya listrik untuk menyalakan berbagai macam komponen elektronik yang ada pada mobil. Seperti layaknya baterai-baterai yang lainnya, baterai mobil pun punya masa pakai atau umurnya sendiri. Usia baterai bisa berbeda-beda tergantung dengan kualitas dan merknya namun umumnya penggantian baterai dilakukan setiap 3-4 tahun sekali. Meski begitu ada juga beberapa hal yang bisa membuat usia baterai jadi lebih pendek misalnya mobil yang jarang dipakai dan jarang dipanaskan sehingga akinya soak.

>>> Dapatkan review mobil terbaru hanya di sini

3. Filter-filter mesin

Foto filter mesin sangat kotor

Ada banyak filter pada mobil, semua harus dalam kondisi terbaik

Bagian lain yang juga harus sering dicek kondisinya adalah filter-filter yang ada pada mesin. Umumnya filter mobil memiliki usia yang pendek mulai dari 6 bulan hingga satu tahun. Fungsi filter pada umumnya adalah menyaring partikel-partikel yang tidak boleh masuk ke dalam mesin sehingga mesin bisa bekerja dengan lebih mulus dan maksimal. Filter yang harus sering dicek misalnya adalah filter oli, filter bahan bakar, dan juga filter pendingin. Kondisi filter bisa sekalian dicek saat melakukan servis rutin. Filter biasanya diganti setiap 5.000, 10.000, 20.000, dan 50.000 km.

>>> Masih Banyak Mitos, Berikut Fakta Penggantian Filter Oli

4. Kampas rem dan kopling

Sedang memeriksa kampas rem

Frekuensi penggunaan rem dan kopling di jalan perkotaan lebih besar dibanding jalan daerah yang lengang

Kampas rem dan kopling adalah bagian dari mobil yang paling sering diganti apalagi jika Anda menggunakan mobil untuk transportasi di perkotaan. Penggunaan rem dan kopling di jalanan perkotaan frekuensinya lebih banyak dibandingkan mobil yang digunakan pada lalu lintas yang lebih lenggang. Oleh karena itu kampas rem biasanya harus diganti setiap 20.000 km atau ketika dicek ternyata sudah habis sedangkan kampas kopling biasanya diganti setiap 10.000 dan 50.000 km. Tetapi jika belum mencapai angka km tetapi rem dan kopling sudah tidak pakem maka segera lakukan penggantian.

>>> Dapatkan berbagai tips perawatan mobil lainnya hanya di sini

5. Ban mobil

Foto mobil dengan ban gundul, membahayakan

Ban gundul berbahaya bagi keselamatan

Ban yang sudah tipis dan gundul akan membahayakan keselamatan ketika digunakan untuk berkendara karena rawan selip dan pecah. Ban sendiri umumnya tidak mencantumkan tanggal kadaluarsa namun biasanya ia memiliki masa simpan hingga 10 tahun dari tahun produksi. Apabila ban yang sudah berusia lebih dari 10 tahun masih dipakai maka struktur fisik dan juga struktur kimia pada ban bisa berubah yang membuat kualitasnya sudah tidak layak pakai lagi. Sedangkan ban yang sudah terpasang pada mobil sebaiknya tidak digunakan jika usianya sudah lebih dari 6 tahun sejak mobil dibeli. Ban juga akan lebih cepat aus jika penggunaannya lebih sering atau dalam cakupan 19.000 – 24.000 km per tahunnya.

>>> Berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya ada di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top