Kenali Tanda Spooring Mobil Harus Segera Dilakukan

14/10/2020

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Kenali Tanda Spooring Mobil Harus Segera Dilakukan
Spooring mobil alias wheel alignment yang benar dibutuhkan agar mobil berjalan lurus dan mulus serta hemat BBM, spooring dibutuhkan jika tanda ini sudah terasa

Spooring mobil / wheel alignment dalam bahasa Indonesia berarti pengaturan sudut keselarasan roda. Spooring bukan hanya penting untuk keawetan ban serta kinerja sistem suspensi melainkan juga penggunaan bahan bakar. Sebab roda yang keselarasannya diatur secara benar memiliki beban hambat yang relatif lebih sedikit, sehingga cukup mempengaruhi kemampuan mobil dalam mengolah BBM.

Tak semua pengendara melakukan spooring pada mobilnya. Sebenarnya ada beberapa tanda yang bisa dikenali kalau spooring mobil mulai dibutuhkan. Apa saja itu? Simak penjabarannya berikut.

Ban Ibarat Sepatu

Jika diibaratkan ban mobil itu seperti sepatu kalau di manusia, kita sering jinjit, maka bagian depan sepatu kita habisnya lebih cepat, telapak kaki kita tekuk keluar, sepatu bagian luar lebih cepat habisnya.

"Nah di mobil juga begitu, kalau ban sudah terlihat keausannya tidak rata, berarti ada yang tidak beres dengan tekanan yang diberikan pada ban," buka Zulpata Zainal selaku OVT GT Prooving Ground Manager, PT.Gajah Tunggal Tbk kepada Cintamobil.com.

Foto alat spooring canggih dengan kemampuan deteksi bluetooth

Lakukan spooring mobil idealnya per 10.000 kilometer

"Kalau telapak luar atau dalam habis duluan, dibanding tengah, berarti ada kesalahan spooring atau alignment ban, kalau ban terasa agak melayang, atau liar pergerakannya, itu juga bisa karena spooring kurang tepat, kendaraan cenderung kesatu sisi (kiri atau kanan) mungkin juga karena spooring yang kurang sempurna," tukas Zul.

Balancing Juga Diperlukan

Wheel Alignment Bantu Hemat BBM, Ini Bagian yang Disetel Saat Spooring

Sebelum spooring jangan lupa dibalancing

Makin parah jika dikatahui tekanan angin ban sudah benar dan sesuai dengan rekomendasi pabrik, hal tersebut bisa jadi menandakan mobil butuh dispooring ulang. Itu bisa terjadi karena kurangnya pengaturan dari kelurusan roda.

"Selain itu balancing atau kesetimbangan ban juga dibutuhkan, gunanya agar ban atau kendaraan kita tidak bergetar atau vibrasi saat dikendarain sekitar kecepatan 60 km/jam keatas, juga agar keausan ban juga jadi rata," tambah Zul.

>>> Anti KW-KW Club, mulai harga Rp 20 jutaan Anda sudah bisa dapat ban plus velg original

Bagian Apa yang Disetel Saat Spooring Mobil?

1. Camber

Gambar camber pada spooring mobil

Camber turut diatur saat spooring

Hal pertama yang dapat diatur saat spooring mobil adalah Camber. Apabila sudut roda lebih masuk ke arah dalam bodi (sepatbor) maka ini lazim disebut “Negative Camber”. Sebaliknya, jika roda keluar dari bodi maka disebut “Positive Camber’. Jika kedua sudut tidak selaras maka hal tersebut akan memberi beban tambahan pada komponen suspensi. Sehingga dibutuhkan keselarasan sudut camber pada roda baik di depan dan belakang, agar meminimalisir beban pada komponen suspensi serta pengunaan ban yang lebih awet.

2. Toe

Gambar Toe pada spooring mobil

Toe mobil harus benar agar tidak 'nyeret'

Kedua dalam spooring mobil yang tidak kalah penting adalah pengaturan Toe. Mudahnya, Toe adalah sudut keselarasan ban bila dilihat dari atas. Jika kedua roda depan mengarah masuk ke arah dalam bodi maka disebut “Toe-In”. Di sisi lain, kedua roda yang mengarah keluar bodi maka disebut “Toe-Out”. Setup inilah yang biasanya dapat Anda rasakan jika salah, karena berdampak pada laju mobil yang miring ke arah tertentu meskipun setir sudah lurus. Pengaturan Toe yang tidak benar ini juga dapat menyebabkan keausan ban menjadi lebih tinggi dan efek terburuknya adalah konsumsi BBM yang menjadi boros.

3. Caster

Caster pada Spooring dan Balancing lebih merujuk kepada posisi suspensi roda

Pengaturan caster

Terakhir yang diatur saat spooring mobil dalam pengaturan Caster, yang mana ini lebih merujuk pada kecondongan arah suspensi. Untuk memudahkan Anda mendeteksinya, Anda bisa melihat posisi ban dari sisi samping. Jika posisi suspensi condong ke arah bemper depan maka disebut dengan “Negative Caster”. Adapun “Positive Caster” merupakan posisi suspensi yang condong ke arah pintu. Dalam hal ini, jika suspensi tidak selaras maka terjadi gangguan pada proses manuver atau ketika menikung. Lebih daripada itu, posisi suspensi yang tidak selaras akan memberi beban kerja lebih berat bagi pengendara untuk mengemudikan mobil.

>>> Selain spooring, rotasi ban juga penting

Share this post:
Arfian Alamsyah
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Berita lain

Tidak Hanya Kursi, Spooring dan Balancing Juga Penting Untuk Meningkatkan Kenyamanan Berkendara

Tidak Hanya Kursi, Spooring dan Balancing Juga Penting Untuk Meningkatkan Kenyamanan Berkendara

Kenyamanan berkendara tidak hanya dari kursi tapi suspensi juga menyumbang peran. Tidak heran bila spooring dan balancing menjadi penting untuk meningkatkan kenyamanan berkendara.

Lihat juga
Jika Gejala Ini Muncul, Segera Lakukan Spooring & Balancing

Jika Gejala Ini Muncul, Segera Lakukan Spooring & Balancing

13/09/2019

Perawatan dan service

5 menit

Spooring & Balancing dibutuhkan untuk menjaga kestabilan mobil, dan baiknya dilakukan saat gejala-gejala ini muncul saat mobil Anda sedang berjalan.

Lihat juga
Malas Spooring Balancing Roda Mobil? Hati-hati Efek Buruknya

Malas Spooring Balancing Roda Mobil? Hati-hati Efek Buruknya

01/03/2020

Perawatan dan service

5 menit

Ada beberapa efek negatif jika Anda malas spooring balancing roda mobil. Mulai dari kerusakan ban hingga komponen kaki-kaki. Dan semua itu akan berdampak pada biaya perbaikan yang jauh lebih mahal dari biaya rutin spooring balancing.

Lihat juga
Cara Spooring Mobil dan Balancing Itu Berbeda, Ini Penjelasannya

Cara Spooring Mobil dan Balancing Itu Berbeda, Ini Penjelasannya

14/04/2020

Perawatan dan service

8 menit

Cara spooring mobil adalah hal yang sebenarnya berbeda dengan balancing ban mobil. Meski demikian kedua hal ini merupakan sama-sama bentuk tindakan perawatan kendaraan dengan memperhatikan bagian roda mobil.

Lihat juga
Wheel Alignment Bantu Hemat BBM, Ini Bagian yang Disetel Saat Spooring

Wheel Alignment Bantu Hemat BBM, Ini Bagian yang Disetel Saat Spooring

14/05/2020

Perawatan dan service

5 menit

Salah satu faktor yang mendukung hemat BBM selain mesin yang sehat adalah spooring alias Wheel Alignment yang benar, inilah bagian yang disetel saat spooring

Lihat juga