Kenali Penyebab Ban Tubeless Bocor, Ini Berbagai Alasan Di Baliknya

04/10/2019

Perawatan dan service

5 menit

Kenali Penyebab Ban Tubeless Bocor, Ini Berbagai Alasan Di Baliknya
Penyebab ban Tubeless bocor dikategorikan dalam dua hal yakni bocor halus dan bocor besar. Kedua hal tersebut nyatanya punya penyebab masing-masing. Maka dari itu, ada baiknya untuk memahami lebih lanjut, mengenali penyebab ban Tubeless bocor berikut ini.

Penyebab Ban Tubeless Bocor

Dari fenomena yang ada, penyebab ban Tubeless bocor besar dan bocor halus, punya kondisi yang berbeda. Pada ban kasus bocor besar, umumnya dikarenakan ada objek tajam seperti pecahan kaca, patahan obeng hingga paku yang tertancap pada ban. Parahnya lagi, jika terus dibiarkan bisa merobek dinding ban.

Penyebab ban tubeless bocor disebabkan dari banyak faktor seperti objek tajam yang tepat pada tapak ban, butiran pasir hingga ban yang sudah aus

Ban Tubeless yang bocor disebabkan oleh beberapa hal

Sedangkan pada kejadian bocor halus, umumnya tidak terdeteksi secara langsung, tapi malah ban tiba-tiba kempes sedikit demi sedikit. Mengapa hal itu terjadi? Sejatinya, hal tersebut bisa terjadi karena beberapa faktor yang agak kasat mata, menurut kami. Berikut penyebab ban Tubeless bocor selengkapnya.

>>> Intip juga harga pasaran mobil baru dan bekas terlengkap di sini

  • Butiran Pasir Atau Jamur

Anda mungkin tak percaya, butiran pasir atau jamur nyatanya dapat menyebabkan terjadinya sebuah lubang tak kasat mata. Dari hasil penelusuran data yang ada, ditemui sebuah kasus, dialami oleh seorang pengendara yang setiap pagi harus memompa bannya karena tidak kunjung ditemui alasan mengapa ban Tubeless-nya selalu kempes.

Ban Tubeless Bocor Akibat Butiran Pasir Atau Jamur sangat sulit diamati kecuali harus dibilas air dan mengamati timbulnya gelembung

Debu dan jamur yang melekat pada ban atau sela-sela pelek, bisa mengakibatkan kebocoran

Setelah berganti-ganti bengkel, akhirnya si pengendara tersebut menemukan bahwa ban Tubeless miliknya bocor akibat butiran pasir halus, menempel pada ban. Nyaris kasat mata karena dibutuhkan air dan merendam ban tersebut, tampak akan ada gelembung udara dengan ukuran lubang sangat kecil.

  • Kebocoran Terjadi Di Pentil Ban Tubeless

Bukan dari sisi luar saja tapi bisa jadi penyebab ban Tubeless bocor adalah dari segi internal. Kebocoran terjadi di pentil ban Tubeless akibat kendor. Maka tak heran, jika Anda sering mengamati tukang tambal ban memberikan air ludahnya di permukaan pentil ban setelah mengisi tekanan angin. Alasannya untuk mengecek pemasangan pentilnya sudah pas atau belum. Jika timbul gelembung udara, maka dipastikan ada potensi, tidak pas peletakannya atau usia pentil yang sudah tergolong lama.

>>> Jangan Sampai Ketinggalan Informasi, Berikut mobil-mobil terbaru yang dirilis belum lama ini

  • Kondisi Ban Yang Sudah Aus

Tak dipungkiri ada salah satu faktor penyebab ban Tubeless bocor dikarenakan kondisi ban yang sudah aus dan berumur. Ya, fungsinya yang digunakan dalam jangka waktu lama akan memberikan gesekan halus ke arah lapisan ban sehingga bisa menyebabkan kebocoran. Maka dari itu, sebaiknya Anda juga melihat kesehatan ban seperti melihat tingkat keausan hingga mengamati tapak ban.

Ban Tubeless Bocor Akibat Sudah Aus bisa menjadi faktor utama yang mana umumnya tapak ban terasa sudah sangat tipis

Ban mobil yang sudah aus atau berumur, juga meningkatkan potensi kebocoran

  • Kebocoran Di Sambungan Pelek dan Ban

Untuk faktor terakhir, kebocoran di sambungan pelek dan ban, bisa terjadi karena adanya rongga. Akibatnya angin dari dalam ban bisa keluar dari celah tersebut. Umumnya hal ini disebabkan oleh penggunaan lem yang kurang rata atau kondisi pelek yang bengkok.

>>> Jangan lupa untuk mengikuti tips seputar otomotif bermanfaat lainnya hanya di Cintamobil.com

 
back to top