Kenali Masalah Khas Honda Civic FD Yang Kerap Dikeluhkan

18/12/2019

Perawatan dan service

4 menit

Kenali Masalah Khas Honda Civic FD Yang Kerap Dikeluhkan
Memiliki desain yang keren juga performa yang mumpuni, membuat Honda Civic FD sempat menjadi primadona. Jika Anda berniat untuk meminangnya, perhatikan masalah khas Honda Civic FD yang kerap terjadi

Honda Civic FD sempat jadi favorit di zamannya. Desain yang sleek dan sporty, serta dianugerahi dengan performa mumpuni, membuat Honda Civic FD menjadi mobil favorit di kalangan anak muda. Namun layaknya modil yang sudah menginjak usia lebih dari 5 tahun, masalah khas Honda Civic FD pun mulai muncul dan kerap dikeluhkan oleh pemiliknya. Jika Anda berniat untuk meminangnya, ada baiknya simak artikel tentang masalah khas Honda Civic FD berikut ini.

>>> 3 Masalah Honda Brio yang Sering Ditemui Pemiliknya

Foto Honda Civic FD berwarna hitam di jalan

Honda Civic FD memiliki dua varian, yakni Civic FD1 dengan mesin 1.800 cc dan Civic FD2 dengan mesin 2.000 cc

Masalah pertama dikeluhkan para pemilik Honda Civic FD, baik varian FD1 dan FD2, terletak pada engine mounting sebelah kanan, yang usia pakainya dianggap lebih pendek dibandingkan yang mobil sekelas lainnya. “Kebanyakan yang sering ganti engine mounting kanan itu di Civic FD1,” terang Rudy Sutjipto, pemilik bengkel RS Tuning di Bintaro, Jaksel. Harganya cukup mahal, mencapai Rp 1,8 juta untuk part orisinal. Meski banyak juga pilihan barang ‘KW’ dengan harga jauh lebih murah, namun umur pakainya juga tidak tahan lama.

>>> Lebih Murah Dari Varian Sedan, Ini Kelebihan Dan Kekurangan Honda Civic Hatchback Turbo 2017

Foto mesin Honda Civic FD1

Engine mounting menjadi komponen yang kerap bermasalah pada Honda Civic FD1

Tak hanya itu, waspadai juga seputar power steering-nya, terutama pada Civic FD1 yang masih jenis hidraulik. Sementara untuk Civic FD2 sudah menggunakan power steering. Pada komponen power steering Civic FD1, rentan terjadi kebocoran pada komponen prower steering-nya. “Masalah oli rembes biasanya ada di bagian pompa power steering. Tapi tidak sulit memperbaikinya, tinggal mengganti seal kit-nya saja,” sebut Maman dari Kemayoran Motor, spesialis suku cadang Honda di Kemayoran, Jakpus. Harganya juga tidak terlalu mahal, sekitar Rp 250 ribu.

Masalah khas Honda Civic FD kedua adalah pada bagian selang high pressure pada bagian power steering-nya. Bila ditemukan ada rembesan oli, sebaiknya pikir-pikir dulu untuk menebus FD1. Sebab harga komponen ini ini lumayan mahal, sekitar Rp 2,5 juta. “Ada sih yang imitasinya seharga Rp 300 ribuan. Tapi, biasanya jika setir digerakan, suka terdengar bunyi ngik..ngik..,” sahut Agus R, punggawa Maju Terus Motor di pasar Palmerah, Jakbar.

Foto dashboard Honda Civic FD1

Perhatikan juga kondisi panel digital pda dashboard Honda Civic FD

Cek juga kondisi kaki-kakinya. "Untuk mobil di atas 5 tahun, biasanya tie rod, long tie rod, juga sokbreker belakang mulai aus," ujar Bowo, Assistant Manager Honda Bintaro. Selain itu, untuk Civic FD2, periksa lapisan kulit pada jok di sisi supir maupun penumpang. Biasanya, karena sering diduduki dan usia pakai, permukaannya akan terlihat pecah-pecah.

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftarnya di sini

Sementara untuk mesin, kedua tipe Civic FD ini relatif tidak ada masalah. Tapi semua tergantung cara berkendara dan perawatan yang dilakukan pemilik sebelumnya. Misalnya soal busi, baik pada FD1 maupun FD2, menggunakan tipe laser iridium keluaran NGK. Busi jenis ini seharusnya long life, bisa tahan minimal 80.000 km.“Tapi tidak sedikit yang businya sudah menurun kinerjanya belum waktunya, sehingga membuat performa mesin jadi drop dan boros bahan bakar. Pernah nemu kasus seperti ini, setelah diusut-usut, ternyata akibat pemilik sebelumnya seering menggunakan bahan bakar bersubsidi. Padahal mobil ini kompresinya cukup tinggi dan harus pakai BBM dengan oktan yang tinggi,” terang Awiet Sardjan, punggawa ATS Performance di Sarua, Ciputat, Tangsel.

Foto selang power steering Honda Civic FD

Selang power steering pada Honda Civic FD1 juga kerap mengalami kebocoran

Lalu masalah idle yang abnormal, kerap terlalu tinggi di 1.000 - 1.200 rpm, atau lambat turun ketika sudah menyentuh angka 1.000 rpm setelah lepas pedal gas, “Biasanya masalah ini muncul setelah throttle body (TB) dibersihkan. Perlu diketahui, Civic FD sudah mengadopsi throttle by wire (TBW), jadi agak sensitif bila TB-nya dibersihkan,” jelas Hendra, dari Hens Garage bermarkas Jl. Pinang, Pamulang Timur, Tangsel. Nah, bila menemukan kendala tersebut, menurut Hans untuk mengatasinya tidak sulit. “Namun diperlukan engine diagnostic tool yang ada fitur throttle position check-nya,” tukasnya.

>>> Simak juga artikel tips dan trik lainnya di sini

 
back to top