Saringan Udara Jadi Salah Satu Kunci Kinerja Mesin Tetap Optimal

16/05/2021

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Saringan udara berperan untuk melakukan pembersihan udara dari luar mobil agar proses pembakaran dalam ruang bakar mesin dapat berlangsung dengan optimal

Mesin kendaraan bermotor membutuhkan udara bersih untuk mengoptimalkan proses pembakaran bahan bakar dan udara. Untuk mendukung kebutuhan tersebut, mesin kendaraan bermotor dilengkapi perangkat saringan udara (air filter) supaya hanya udara bersih yang terlibat dalam proses pembakaran bahan bakar dan udara dalam ruang bakar. Nah, fungsi saringan udara adalah mencegah partikel(dalam udara) yang bersifat abrasif agak tidak masuk ke dalam silinder karena dapat menyebabkan keausan mekanikal dan kontaminasi pelumas.

Foto mesin Toyota Prius PHEV 2018

Bahkan mobil bermesin hybrid pun masih pakai saringan udara

Secara umum, mesin-mesin dengan sistem injeksi (electronic fuel injection) dilengkapi saringan udara jenis elemen kertas yang berlipat-lipat dan berbentuk panel kotak rata (flat panel) untuk menjamin aliran udara yang optimal (volume banyak dan bersih). Saringan udara tersebut ditempatkan dalam kotak plastik yang terhubung dengan throttle body melalui jalur pipa.

>>> Honda Tawarkan Filter Udara Mobil Penangkal Covid-19

Sedangkan mesin jaman dulu dengan sistem injeksi model throttle body fuel injection atau karburator, biasanya didukung filter udara berbentuk silinder atau tabung. Komponen tersebut ditempatkan dalam kotak plastik atau logam dan diposisikan di atas atau samping karburator atau throttle body. Nah, seluruh unit filter udara dan “rumah”-nya disebut sebagai “air cleaner”. Saat ini ada beberapa jenis filter udara dengan karakteristik  sesuai bahan baku pembuatannya.

Kertas

Filter udara kertas menggunakan bahan kertas sebagai elemen saring utamanya. Bahan kertas menjadi filter udara dengan bahan yang paling umum digunakan oleh kebanyakan pabrikan dan produsen suku cadang otomotif. Daya saring filter kertas tergolong sangat baik karena  partikel debu yang sangat kecil sekalipun hingga ukuran 2,5 mikron dapat tersaring dengan optimal.

gambar air filter

Saringan udara kertas, harganya relatif murah dan butuh pembersihan secara teratur

Hanya saja dibutuhkan perawatan secara berkala semisal setiap kelipatan 5.000 km atau 10.000 km. Pembersihan dilakukan dengan cara meniupkan udara bertekanan dari arah dalam ke arah luar agar debu terlepas dari elemen kertas. Filter kertas tidak boleh dibersihkan dengan air, deterjen, sabun, atau disikat karena merusak elemen filter. Jika elemen kertas sudah terlalu kotor maka filter udara  harus diganti baru. Filter udara kertas termasuk suku cadang jenis fast moving dan harganya relatif murah.  

Busa

Filter udara busa memakai busa atau foam sebagai bahan penyaring utama dan sering  juga  disebut dengan nama “wet foam filter”, karena dalam penggunaanya diberi oli khusus untuk menangkap debu dan kotoran yang berukuran sangat kecil. Secara teknis, busa memiliki pori-pori yang lebih besar daripada kertas sehingga dibutuhkan lapisan oli khusus agar debu dan kotoran halus bisa disaring dengan optimal.

gambar air filter

Saringan udara jenis foam air filter, banyak digunakan pada sepeda motor

Secara umum, kemampuan penyaringan filter busa yang berlapis oli lebih baik daripada filter kertas. Serupa filter udara kertas, filter busa membutuhkan perawatan berkala dengan cara dicuci memakai sabun atau deterjen khusus. Karena itulah filter udara jenis foam  bisa dipakai berulang-ulang. Namun sejalan usia pakai, bahan busa akan mengalami kerusakan sehingga harus diganti baru.  

Kain Katun

Filter udara katun memanfaatkan kain jenis katun untuk elemen filtrasi utamanya. Bahan kain katun dipilih karena terkenal sangat baik untuk menyaring debu dan kotoran serta sangat mudah dibersihkan. Dalam pemakaiannya, filter udara katun dilumuri (dibuat basah) dengan oli khusus sehingga kemampuan filtrasinya sangat baik.

gambar air filter

Saringan udara kain katun sangat baik untuk menyaring debu dan kotoran serta mudah dibersihkan

Sama seperti filter udara lainnya, penyaring udara kain katun juga wajib dibersihkan secara teratur dengan cara dicuci memakai sabun atau deterjen khusus. Setelah dikeringkan, bahan katun lalu diolesi oli dan kemudian bisa digunakan kembali. Kelebihan utama  filter katun adalah umur pakai yang lama karena bisa dipakai berulang-ulang.

Oil Bath

Kendaraan bermotor jaman dulu seperti Toyota Land Cruiser Seri 40, Land Rover Series, Jeep Willys menggunakan  “oil bath air cleaner” untuk menghasilkan penyaringan udara yang maksimal dalam kondisi kerja yang ekstrem semisal melalui jalan yang sangat berdebu. Secara garis besar, oil bath air cleaner mencakup rumah filter udara yang berisi oli (umumnya oli mesin) di bagian bawah dan filter udara (biasanya model tabung).

gambar air filter

Saringan udara jenis oil bath air cleaner, banyak digunakan dalam kondisi ekstrem (off road penuh debu)

Rumah filter udaranya mempunya jalur udara yang berliku dan berputar agar debu dan kotoran berukuran besar dan berat langsung terserap oleh oli di bagian bawah. Sedangkan debu dan kotoran kecil dan halus disaring oleh filter udara yang sudah basah oleh oli. Oil bath air cleaner mempunyai kemampuan filtrasi yang optimal namun perawatan lebih rumit dan jika sudah kotor akan menyumbat  aliran udara menuju mesin.     

>>> Filter Udara Kotor, Apa Akibatnya Buat Mesin Mobil?

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk membantu mengurus mobil dinas semisal membawakan alat kerja, minyak, fluida dan suku cadang. Akhirnya otomotif menjadi bagian hidup. 
Selepas kuliah dan sebelum wisuda, bergabung menjadi reporter tabloid Otomotif yang berada dalam naungan Kelompok Kompas Gramedia dengan bidang utama penulisan roda empat. Kemudian pindah ke Liputan6 dan mengisi berita untuk desk internasional. Lalu tahun 1998 bergabung dengan majalah Mobil Motor, majalah otomotif tertua di Indonesia (terbit sejak tahun 1970). 
Kemudian tahun 2003, pindah ke majalah Motor Trend (edisi Indonesia). Tahun 2009 kembali ke majalah Mobil Motor dan tahun 2014 mudik ke majalan Motor Trend. Pada tahun 2020 mengisi Otoblitz.net dan mulai tahun 2021 menulis untuk Cintamobil.com. 

Awards

  • 2003: Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Produk) 
  • 2007:  Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Teknologi)
 
back to top