Kenali Gejala Rem Tangan Rusak Jika Tarikannya Sudah Tak Nyaman Lagi

Share this post:
Kenali Gejala Rem Tangan Rusak Jika Tarikannya Sudah Tak Nyaman Lagi
Sebenarnya ada tanda-tanda jika rem tangan rusak. Bahkan mengetahui ketidakberesan di rem tangan itu dapat Anda deteksi tanpa perlu membongkarnya, antara lain dengan merasakan tarikan tuas rem tangan yang sudah tak lagi nyaman.

Rem tangan atau hand brake memang cukup memiliki peranan ketika Anda berkendara. Rem ini akan membantu agar mobil tidak meluncur dengan sendirinya saat harus berhenti di jalan menanjak atau menurun.

Namun adakalanya Anda merasa rem tangan rusak sehingga membuat fungsinya kurang bekerja maksimal. Mobil terasa masih suka merosot, padahal rem tangan diaktifkan pada kondisi berhenti di jalan menanjak.

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftarnya di sini

Nah sebenarnya ada tanda-tanda jika rem tangan akan mengalami mesalah. bahkan mengetahui ketidakberesan di rem tangan itu dapat Anda deteksi tanpa perlu membongkarnya.

Cara Mendeteksi Rem Tangan Rusak

tarikan rem tangan

Rasakan jika tarikan tuas rem sudah tak lagi nyaman

Sebenarnya cukup mudah mengenali kondisi rem tangan apakah masih berfungsi dengan baik atau sudah butuh diservis. Caranya dengan cukup menarik tuas hand brake tersebut. Biasanya settingan dari pabrikan rem tangan akan sampai ke titik maksimal mulai dari lima hingga tujuh klik. Kalau ternyata sudah lebih dari itu atau tarikan makin tinggi, sebaiknya Anda langsung melakukan pengecekan ke bengkel resmi untuk memastikan kondisi rem.

>>> Agar Lebih Aman, Kenali 5 Gejala Kerusakan Pada Rem

Cara lainnya adalah dengan merasakan seberapa nyaman tarikan rem tangan mobil Anda. Bila sudah tidak sama dengan kebiasaan setiap hari, mungkin sudah saatnya Anda memeriksa kondisi rem tangan.

Serahkan ke Bengkel

rem tangan dalam mobil

Sebaiknya servis ke bengkel resmi

Jika Anda merasakan jika rem tangan rusak, maka saran kami serahkan ke bengkel spesialis atau bengkel resmi sesuai merek mobil Anda. Karena kerusakan rem tangan berhubungan dengan kampas rem, piringan cakram, kabel atau selang rem yang memiliki mekanisme cukup rumit.

Dibutuhkan seseorang yang paham benar tentang mekanisme sistem pengereman mobil. Karena selain rem tangan rusak diperbaiki, setelah terpasang kembali, rem juga harus disetel ulang agar kondisinya seperti sediakala.

>>> Tips dan trik lainnya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Mengenal Sistem Keamanan Rem Parkir Ketika Anda Meninggalkan Mobil

10/04/2018

Pengemudian

Rem parkir seperti sering dilupakan oleh pemilik mobil. Padahal, sistem keamanan rem parkir atau rem tangan memiliki pengaruh yang penting dan mampu menjaga mobil ketika Anda meninggalkanya di parkiran.

Lihat juga

Memperhatikan Penanda Modul ABS Memburuk atau Rusak

Modul kontrol ABS adalah mikroprosesor yang menjalankan pemeriksaan diagnostik dari sistem pengereman dan memproses informasi dari sensor kecepatan roda dan sistem rem hidrolik. Penanda modul ABS memburuk bisa dilihat dari pengereman menjadi lebih lama dibanding biasanya.

Lihat juga

Tips Mengemudi Mobil Di Jalan Pegunungan

10/06/2017

Pengemudian

Persiapkan diri dan persiapkan kendaraan, menanjak dengan gigi rendah, menfaatkan engine brake di tanjakan, pastikan kondisi aman sebelum menyalip, jangan menikung kencang, waspada blind sport, antisipasi hujan dan kabut, menggunakan rem pakir adalah beberapa tips mengemudi mobil di jalan pegunungan.

Lihat juga

Suzuki Splash 2017 : Mini MPV Bagi yang Berjiwa Dinamis

Rp. 170.000.000

27/08/2017

Editor rate:

Dipasarkan di Indonesia sejak tahun 2008, Suzuki Splash merupakan sebuah city car alternatif dari Suzuki selain model Suzuki Swift. Dengan menggarap konsep city car yang dinamis, tetapi tetap bertenaga, Splash cukup mendapat tempat di hati para penggemar city car di Indonesia. Splash ditegaskan oleh Suzuki sebagai sebuah city car dengan tipe mini MPV yang bisa digunakan oleh penggunanya kemana saja dengan berbagai macam kondisi. Apa saja kelebihan yang dimiliki oleh mobil ini? Berikut ulasannya

Lihat juga

Harga Toyota Voxy 2021: Harga OTR & Promo Voxy Terbaru

01/01/2021

Toyota

Tampilan mewah, performa mesin halus serta kenyamanan dalam kabin, itulah yang ada pada Toyota Voxy. Sosok mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) besutan Toyota ini tergolong baru yang kabarnya menggantikan sosok Toyota NAV1. Apa saja kenyamanan yang ditawarkan pada mobil terbaru ini? Berapa daftar harga Toyota Voxy terbaru?

Lihat juga
 
back to top