Kenali Gejala Fuel Pump Rusak yang Bikin Mesin Mati Mendadak

01/03/2020

Perawatan dan service

5 menit

Kenali Gejala Fuel Pump Rusak yang Bikin Mesin Mati Mendadak
Beberapa gejala fuel pump rusak biasanya sama, yaitu mesin terasa kehilangan tenaga, mobil ndut-ndutan, sampai akhirnya mesin tiba-tiba mati mendadak dan tidak bisa distarter lagi walau sudah dicoba berulang-ulang.

Pernahkah Anda mengalami saat sedang berkendara, mobil tiba-tiba terasa kehilangan tenaga? Kemudian mobil juga terasa "ndut-ndutan", tarikan tidak langsam, dan kemudian mesin mati mendadak? Mungkin itu akibat ada masalah pada bagian fuel pump.

Fuel pump merupakan komponen yang memiliki tugas memompa bahan bakar. Bahan bakar yang tersimpan dalam tangki bahan bakar, lalu dipompa agar mampu tersalur ke ruang mesin. Karena bahan bakar dibutuhkan selama proses pembakaran di ruang mesin tersebut.

Apabila komponen ini rusak, maka pasokan bahan bakar yang dibutuhkan mesin pun akan terganggu. Akibatnya tidak ada proses pembakaran di ruang mesin sehingga mesin pun tak mampu menghasilkan daya. Jadi gimana kita tahu fuel pump itu rusak? Simaklah artikel dari Cintamobil.com di bawah ini.

1. Pahami Gejalanya

pedal gas mobil

Sering kali diawali mesin ndut-ndutan dan kehilangan daya walau pedal gas diinjak penuh

Dilansir tim Cintamobil.com dari laman Suzuki Indonesia, gejala fuel pump rusak yang dialami oleh pengemudi mobil biasanya serupa. Antara lain saat mobil sedang melaju, tiba-tiba kehilangan tenaga walau pedal gas sudah diinjak penuh.

Selain itu mobil juga melaju tidak normal, alias terasa ndut-ndutan seperti kehabisan bahan bakar. Padahal mungkin saat itu indikator bahan bakar masih menunjukkan fulltank. Nah, setelah kedua gejala ini, maka biasanya mesin mobil akan langsung mati, serta tak mau lagi dihidupkan.

>>> Mobil Terobos Banjir? Hati-hati 2 Komponen Penting Ini Rusak

2. Apa Penyebabnya?

kondisi fuel pump yang kotor

Fuel pump jadi rusak akibat tersumbat endapan kotoran

>>> Sulit Dideteksi, Inilah Gejala Fuel Pump Lemah

Kasus fuel pump rusak sebagian besar disebabkan karena komponen ini tersumbat oleh endapan kotoran. Kotoran-kotoran itu bisa dari banyak faktor, antara lain kualitas bahan bakar yang tidak baik. Atau bisa juga akibat bahan bakar lama dibiarkan mengendap di dalam tangki akibat mobil tidak pernah dijalankan.

Jika sudah seperti itu solusinya adalah mengganti fuel pump yang baru. Namun jika fuel pump rusak akibat endapan bahan bakar dari tangki, maka disarankan agar tangki juga ikut dikuras saat penggantian fuel pump. Ini demi memastikan semua kotoran endapan yang ada di tangki hilang dan tidak kembali tersedot ke fuel pump.

Itulah beberapa pengalaman Cintamobil.com sendiri yang mengenai beberapa tanda yang menunjukkan fuel pump rusak. Semoga pengalaman ini bermanfaat untuk Anda saat merawat mobil Anda sendiri. 

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada di sini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top