Kenali Faktor-faktor Penyebab Mobil Terbakar

01/03/2020

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Kenali Faktor-faktor Penyebab Mobil Terbakar
Mungkin Anda pernah melihat kejadian mobil kebakar di jalanan. Lalu apa sebenarnya penyebab kondisi ini bisa terjadi? Penasaran? Simak infonya di bawah ini.

Berbagai permasalahan pada mobil seringkali membuat para pemilik kendaraan harus mengeluarkan biaya perbaikan yang tidak sedikit. Namun, hal ini sebanding dengan fungsionalitas mobil dibandingkan kendaraan bermotor. Dari segi keamanan dan kenyamanan pun membuat mobil lebih unggul daripada kendaraan roda dua. Meskipun aman, bukan berarti bukan tidak akan terkena masalah.

>>> Ingin Coba Fasilitas Toyota Driving Experience? Ini Cara Daftarnya

Gambar menunjukan mobil terbakar

Mengetahui penyebab mobil bisa terbakar merupakan hal yang penting

Salah satu hal yang harus Anda perhatikan adalah bagaimana menghindari terjadinya kebakaran pada mobil. Penyebab mobil terbakar dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Berikut faktor-faktor yang menyebabkan mobil terbakar, seperti dilansir dari Garda Oto.

Penyebab pertama karena kebocoran bahan bakar dan oli. Kebocoran pada saluran bahan bakar banyak menjadi penyebab utama insiden pada mobil. Sebelum hal buruk tersebut terjadi, maka Anda harus mengenali dan mencegahnya. Cara terbaik untuk mencegah hal tersebut adalah dengan merawat saluran sistem sirkulasi pada bahan bakar dan oli. Selain itu jika Anda mencium bau bahan bakar di sekitar mesin segara cari tau penyebabnya dan segera perbaiki kerusakan tersebut.

>>> Review MINI Cooper S Clubman 2020: Menawarkan Semua Kemewahan dan Keamanan

Gambar menunjukan Mobil terbakar

Mesin overheat menjadi salah satu penyebab mobil bisa terbakar

Penyebab kedua mobil terbakar diakibatkan kerusakan pada kelistrikan. Aki mobil yang bermasalah biasanya menjadi menumpuknya timbunan gas hidrogen di ruang mesin yang bisa berdampak terjadi kebakaran. Gas tersebut akan bocor jika terdapat kerusakan pada kabel aki. Percikan api pada gas akan dengan mudah menyebabkan kebakaran. Kebakaran yang diakibatkan karena sistem kelistrikan tentunya akan berdampak fatal. Hal tersebut karena sistem kelistrikan tidak hanya berada di kap mesin saja tetapi hampir di semua komponen bagian mobil yang menggunakan sistem kelistrikan.

Penyebab terakhir mobil terbakar karena mesin overheat. Mesin yang kepanasan akibat penggunaan yang berlebihan bisa mengakibatkan mobil terbakar. Panas pada mesin mobil bisa menyebabkan kebocoran pada saluran oli. Ketika saluran oli bocor dan menetes ke bagian yang bisa memetik api tentu ini akan memicu kebakaran pada mesin mobil. Saat terjadi kondisi overheat biasanya disebabkan oleh kerusakan radiator atau katup pada mesin yang tidak sempurna.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Share this post:
Rahmat Fajar Nugraha
Penulis
Rahmat Fajar Nugraha
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

[IIMS 2019] BRQ Fuel Catalyst Berikan Edukasi Seputar Menjaga Kualitas Bahan Bakar Di Telkomsel IIMS 2019

27/04/2019

Event - Promosi

4 menit

Menjaga kualitas bahan bakar memang tak mudah untuk dilakukan. Terlebih ketika mobil yang sudah masuki usia di atas lima tahun. Salah satu solusinya seperti tips yang BRQ Fuel Catalyst berikan satu ini.

Lihat juga

Berteknologi Canggih Tapi Kendaraan Niaga Mercedes-Benz Siap Pakai Bahan Bakar B30

17/01/2020

Pasar mobil

4 menit

Meski truk maupun bus modern lansiran Mercedes-Benz telah mengusung beragam teknologi canggih, tapi ternyata produk mereka sudah siap pakai bahan bakar B30

Lihat juga

Hati-hati, Power Bank Bisa Picu Mobil Terbakar

09/01/2020

Pengemudian

3 menit

Satu unit mobil terbakar parah di Selangor, Malaysia hanya gara-gara pemiliknya meninggalkan power bank di dalam mobil yang terpakir saat matahari sedang terik.

Lihat juga

Hati-Hati Menggunakan Aditif Bahan Bakar Karena Mesin Anda Jadi Taruhannya

29/12/2019

Perawatan dan service

4 menit

Penggunaan aditif bahan bakar sembarangan dan dalam jangka waktu yang lama, dapat berpengaruh buruk pada kerja dan usia pakai komponen mesin mobil Anda

Lihat juga

Australia Kebakaran, Toyota Yaris GR-4 Ditunda

15/11/2019

Mobil baru

5 menit

Bagi Anda yang sudah menantikan Toyota Yaris GR-4 mungkin akan sedih mendengar berita ini, namun karena musibah kebakaran yang melanda Australia, peluncuran model kencang Yaris itu dibatalkan.

Lihat juga