Kenali Asal Bau Mobil Baru dan Cara Mengatasinya

21/11/2018

Perawatan dan service

4 menit

Kenali Asal Bau Mobil Baru dan Cara Mengatasinya
Istilah 'bau mobil baru' bagi sebagian orang bikin bangga karena dimaknai sebagai pujian. Pada kenyataannya mobil baru memang selalu mengeluarkan bau yang khas dan sedikit 'menyengat'. Anda perlu tahu dari mana bau ini berasal. Meski lambat laun bau mobil baru ini bakal hilang dengan sendirinya, Anda bisa mempercepat bau mobil baru ini hilang kalau Anda menginginkan.

Foto pengendara mobil mengenakan masker

Sebagian orang tidak tahan dengan bau mobil baru

Apakah Anda pernah mendengar bau mobil baru? Bau ini merupakan aroma khas dan bahkan sering digunakan untuk memamerkan mobil. “Wah, mobilnya masih bau mobil baru!” Kata – kata seperti itu terkadang terdengar seperti pujian, padahal bau ini adalah sesuatu yang negatif.

Bagi Anda yang tidak tahu, bau ini punya potensi sangat menyengat. Penemuan Ben Bowlin dari BrainStuff menemukan bahwa bau ini terbentuk karena gas dalam material yang masih terjebak dalam mobil. Tapi tenang, setelah semua gas terbuang, aroma mobil baru ini akan menghilang.

Material yang Bertanggung Jawab

Tidak semua material yang ada dalam mobil mengeluarkan gas tapi jika dibandingkan dengan yang mengeluarkan bau, jumlahnya sedikit. Berikut adalah material – material yang bertanggung jawab atas bau mobil baru

  • Kulit. Di udara hangat, bahan kulit ini biasanya mengeluarkan gas jika masih baru. Gas ini biasanya tidak mengganggu jika sendiri, namun jika bercampur dengan aroma lain di mobil baunya jadi tidak sedap.
  • Cat. Bahan cat yang digunakan di interior mobil terkadang juga tidak sepenuhnya kering. Beberapa bagian yang belum kering inilah yang bisa saja mengeluarkan aroma mengganggu.
  • Polyurethane dan Polyester. Kedua bahan ini memang berbeda, tapi dari segi pelepasan gas aromanya, mereka memiliki sifat yang sama. Dalam kondisi dingin menggunakan AC, kedua material ini bisa mengeluarkan bau – bau yang mengganggu.
  • Material VOCS. Material yang termasuk VOCS adalah material padat yang mudah berubah jadi gas. Hal seperti material di AC ada yang memiliki sifat ini. Tapi untuk AC, aroma ini hanya bertahan sementara. Semakin sering AC digunakan, aromanya akan mudah menghilang.

>>> Baca di sini untuk bau aneh pada mobil yang perlu Anda waspadai!

Foto Dashboard VW Tiguan tampak mewah

Foto Interior VW Tiguan tampak mewah

Material kulit, salah satu sumber bau di kabin mobil baru

Cara Mengatasi Bau Mobil Baru

Walau dapat hilang sendiri, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat prosesnya. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda coba

  • Sering – sering membuka jendela. Saat mobil disimpan di garasi Anda bisa coba membuka jendela pintu mobil. Hal ini memastikan gas – gas yang keluar dari material bisa keluar dari dalam mobil. Udara dalam mobil yang selesai dipakai biasa bertekanan lebih tinggi, jadi akan mengalir keluar dan digantikan dengan udara yang lebih natural.
  • Coba bersihkan mobil secara rutin. Untuk memastikan gas dari material cepat hilang, selalu gosok jog dan dashboard dengan lap basah secara rutin. Hal ini memastikan gas yang terjebak akan terpijat keluar. Lap basah juga bisa digunakan untuk sekaligus membersihkan mobil Anda dari debu.
  • Gunakan Kopi. Cara tradisional yang paling sering digunakan untuk menghilangkan aroma aneh adalah dengan bubuk kopi. Dalam penggunaan Anda bisa tabur langsung ke dalam mobil atau dengan menggunakan wadah. Jika ditabur langsung, jangan lupa setelah semalam dibersihkan dengan vacum cleaner. Jika menggunakan wadah, Anda bisa gunakan kertas tipis seperti yang digunakan di teh celup, dan menggantung kantong – kantong kopi tersebut di area dalam mobil Anda.
  • Gunakan Baking Soda. Untuk baking soda, Anda cukup sebar di permukaan material yang mengeluarkan bau paling tajam. Misal di atas jog atau di atas plastik dashboard. Biarkan baking soda semalam untuk menyerap bau tersebut lalu besok paginya dibersihkan dengan vacum cleaner.
  • Gunakan Cuka Apel. Untuk penggunaan cuka apel, Anda cukup semprot – semprot seperti memakai pengharum ruangan. Gunakan semprot cuka apel ini setiap hari secara rutin. Bau cuka apel akan memenuhi dalam mobil dan menggantikan aroma mengganggu lain sampai malam.

>>> Dapatkan berbagai informasi tips perawatan mobil hanya di sini

Foto menyemprotkan parfum pada kabin mobil

Car Parfume bisa jadi alternatif mengurangi aroma dan bau mobil baru

>>> Tips terlengkap seputar mobil bisa ditemukan di Cintamobil

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top