Kenali 6 Kesalahan Perawatan Mobil yang Sering Terjadi

Share this post:
Kenali 6 Kesalahan Perawatan Mobil yang Sering Terjadi
Memiliki mobil sama dengan memiliki seorang anak yang membutuhkan kasih sayang dan perawatan. Karena mobil tidak bisa memperbaiki dirinya sendiri, maka pemilik mobil seharusnya bisa memberikan perawatan yang dibutuhkan agar mobil berjalan dengan lancar dan bisa dipakai untuk waktu yang lama. Tetapi, ada banyak kesalahan perawatan mobil yang dilakukan oleh pemilik kendaraan.

Kadang kesalahan tersebut terjadi karena pemilik mobil tidak mengetahui apa yang harus dan tidak harus dilakukan dalam merawat mobil. Karena itu, Cintamobil akan menjelaskan beberapa kesalahan dalam perawatan mobil yang sering dilakukan oleh pemilik mobil.

1. Mengendarai mobil dengan lampu depan yang sudah redup

Dibandingkan dengan perawatan mobil lainnya, mengganti lampu relatif lebih murah dan mudah untuk dilakukan. Bahkan teman bisa mengganti lampu depan di rumah menggunakan peralatan sehari-hari. Karena itu, perhatikan lampu depan teman, dan gantilah ketika sudah mulai redup.

seorang sedang mencuci lampu dengan mobil dengan kain

Tukar lampu ketika sudah mulai redup

Hindari untuk terus mengemudi ketika lampu depan sudah mulai redup. Hal ini bisa membahayakan, bukan hanya diri sendiri, tapi pengemudi lain ketika teman berkendara di malam hari maupun ketika hujan. Jangan sampai kecelakaan terjadi karena teman tidak bisa melihat jalanan/halangan di depan gara-gara lampu depan yang redup.

2. Meninggalkan rumah dengan keadaan ban sudah hampir botak

Masih jarang pengemudi yang memperhatikan kesehatan bannya. Beranggapan bahwa ban yang belum kempes masih bisa dibawa jalan bisa berakibat fatal. Perhatikan keadaan ban karena berkendara dengan ban yang sudah mulai licin akan membuat mobil menjadi lebih mudah slip dijalanan yang licin ketika terjadi hujan.

Seseorang memompa mobil dengan pompa kaki

Perhatikan ban mobil sebelum keluar rumah

Bahkan jika tapak ban terlihat masih bagus, karet selalu memburuk dari waktu ke waktu. Kerusakannya mungkin tidak mudah terlihat, tapi celah yang sangat kecil bisa mengakibatkan hilangnya cengkraman ban yang membuat ban menjadi kekurangan kekuatannya.

3. Lupa mengencangkan filter minyak

seorang sedang memegang filter minyak dan mengeceknya

Jangan ceroboh dan melupakan filter minyak

Mike Allen, dari Popular Mechanics, sebagaimana dilansir dari How Stuff Works, mengatakan penting untuk mengunci filter minyak dengan rapat. Jika teman mengganti tipe filternya, pertimbangkan juga untuk mengganti tutupnya. Karena bagian yang lama mungkin tidak bisa bekerja dengan semestinya.

4. Masih mengemudi saat mesin overheating

Memaksa mobil terus berjalan ketika mesin sudah berteriak seperti memaksa pemain bola untuk terus berlari ketika sudah babak perpanjangan waktu kedua berjalan. Mesin akan terus memaksa kinerjanya dan membuat mesin menjadi lebih panas. Tentu saja akan mempermudah kerusakan terjadi pada mesin teman.

seorang wanita sedang duduk di samping sebuah mobil sedang terbakar

Overheating menandakan mobil sudah menyerah

Pemaksaan ini bukanlah hal yang bijaksana untuk dilakukan. Mesin pada dasarnya menjadi panas ketika bekerja. Saat kepanasan, sistem pendingin bekerja untuk mendinginkan mesin. Bila sistem pendingin gagal melakukan tugasnya, hal terbaik yang harus dilakukan adalah menghentikan mobil dan memanggil mobil derek.

>>> Baca juga: Tips Menjaga Mobil Baru Untuk Pemakaian yang Lebih Tahan Lama

5. Menggunakan pembersih kaca rumahan untuk membersihkan kaca depan

Jangan pernah sekalipun menggunakan pembersih kaca rumah untuk membersihkan kaca depan mobil teman. Jangan pernah sekalipun!

seorang sedang mencuci kaca mobilnya dengan kain halus

Kaca mobil anda bukan kaca rumahan

Sebagian besar pembersih kaca rumah menggunakan ammonia sebagai bahan pembersih utama. Seiring waktu, amoia akan memecah elemen pemanas di kaca mobil teman. Jauh lebih aman menggunakan pembersih jendela yang didesain untuk kaca otomotif.

>>> Klik di sini untuk membaca artikel tips&trik perawatan mobil lainnya!

6. Tidak memperdulikan lampu peringatan

Lampu peringatan bertugas memberikan peringatan. Peringatan bahwa ada yang salah dengan mobil anda. Ketika lampu peringatan mobil di dashboard menyala, berarti ada sesuatu hal yang salah dengan mobil teman. Lampu peringatan sedang memeritahukannya kepada teman.

sebuah sistem Lampu peringatan dalam sebuah mobil

Lampu peringatan bukan untuk pajangan

Meskipun teman merasa mengetahui apa yang salah dan segera menemukannya, kadang lampu peringatan masih menyala. Untuk itu, tidak ada salahnya bagi pemilik mobil untuk berkonsultasi dengan para professional di bengkel terdekat.

Melakukan perawatan mobil memang terkadang menghalangi waktu kita untuk bersantai di rumah maupun berjalan-jalan dengan keluarga. Namun, pastikan kendaraan teman terpelihara dengan baik. Jangan sampai terjadi kesalahan perawatan mobil yang akan membuat waktu teman terbuang sia-sia ketika mobil mogok di tengah jalan dan mengacaukan hari teman.

>>> Klik di sini untuk membaca tips & trik lainnya

Share this post:
 
back to top