Kenali 5 Tanda Mobil Butuh Tune Up

27/06/2019

Perawatan dan service

3 menit

Kenali 5 Tanda Mobil Butuh Tune Up
Servis tune up pada mobil diperlukan untuk menjaga kondisi mesin tetap prima. Meski Anda rutin mengganti oli tetapi tidak pernah melakukan tune up, maka berpotensi membuat performa mesin menjadi lemah. Nah, lantas apa saja tanda mobil butuh tune up?

1. Suara Mesin Kasar

Suara mesin terdengar kasar

Bila suara mesin mobil Anda terdengar kasar, tanda butuh tune up

 

Ketika Anda menghidupkan mesin mobil dan terdengar berubah menjadi kasar seperti menggerung, maka itu tanda mobil butuh tune up. Jangan menunda lagi bila terdengar suara keras pada mesin tersebut. Segera bawa mobil ke bengkel untuk diperiksa dan lakukan tune up sesuai dengan spesifikasi mobil. Jika Anda membiarkannya terlalu lama, maka bisa menyebabkan kerusakan pada mesin.

>>> Ini Cara Mengetahui Posisi Lubang Tangki Bahan Bakar Tanpa Harus Keluar Mobil

2. Mesin Sulit Dinyalakan

Mesin mobil sulit dinyalakan

Tanda lain mobil butuh tune up adalah mesin mobil sulit dinyalakan

Gejala lainnya adalah ketika mobil sulit dinyalakan. Mungkin saja penyebab starter mobil lemah karena pengaturan pada mesin mobil. Bila hal ini terjadi, Anda bisa lakukan tune up agar mobil bisa dalam kondisi normal kembali.

>>> Kenali Fungsi Catalytic Converter Di Mobil Anda

3. Servis 5.000 Km

 Mobil melakukan servis di bengkel

Setiap servis 5.000 Km minta untuk tune up kepada bengkel

 

Sama seperti halnya mengganti oli mesin, maka akan lebih baik bila mobil Anda melakukan tune up setiap menempuh jarak 5.000 Km. Hal ini tidak hanya mengembalikan fungsi mesin, tapi juga sebagai usaha agar menjaga kondisi mobil tetap awet. Sebagai salah satu tanda mobil butuh tune up, Anda bisa melakukannya setiap 3 bulan sekali atau dilakuan bersamaan saat melakukan servis rutin.

>>> Dapatkan berbagai tips perawatan terbaru di Cintamobil.com

4. Performa Gas

Menginjak pedal gas

Performa gas melambat juga menjadi tanda mobil butuh tune up

Ada juga tanda mobil butuh tune up lainnya yang bisa Anda kenali yakni melalui performa gas yang melambat. Ketika Anda merasakannya, maka segera lakukan tune up. Hal ini karena berpengaruh maka performa dan konsumsi bahan bakar karena tarikan mesin menjadi melambat atau tidak normal.

>>> Memanaskan Mesin Pada Mobil, Perlu Atau Tidak?

5. Getaran Mobil

Memegang setir mobil

Bila mobil terasa bergetar kencang, maka coba periksa apakah butuh tune up

Mobil yang bergetar penyebabnya bisa bermacam-macam. Tidak hanya karena belum melakukan spooring atau balancing, penyebab lainnya ialah mobil yang butuh tune up. Bila ketika diam atau berjalan kondisi mobil sudah seperti ini, maka lakukan tune up agar tidak semakin parah. Nah jadi sudah Anda kenali kan, tanda mobil butuh tune up?

>>> Kumpulan tips & trik bermobil lainnya hanya di Cintamobil.com

 
back to top