Kenali 5 Tanda Mobil Butuh Tune Up

27/06/2019

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Kenali 5 Tanda Mobil Butuh Tune Up
Servis tune up pada mobil diperlukan untuk menjaga kondisi mesin tetap prima. Meski Anda rutin mengganti oli tetapi tidak pernah melakukan tune up, maka berpotensi membuat performa mesin menjadi lemah. Nah, lantas apa saja tanda mobil butuh tune up?

1. Suara Mesin Kasar

Suara mesin terdengar kasar

Bila suara mesin mobil Anda terdengar kasar, tanda butuh tune up

 

Ketika Anda menghidupkan mesin mobil dan terdengar berubah menjadi kasar seperti menggerung, maka itu tanda mobil butuh tune up. Jangan menunda lagi bila terdengar suara keras pada mesin tersebut. Segera bawa mobil ke bengkel untuk diperiksa dan lakukan tune up sesuai dengan spesifikasi mobil. Jika Anda membiarkannya terlalu lama, maka bisa menyebabkan kerusakan pada mesin.

>>> Ini Cara Mengetahui Posisi Lubang Tangki Bahan Bakar Tanpa Harus Keluar Mobil

2. Mesin Sulit Dinyalakan

Mesin mobil sulit dinyalakan

Tanda lain mobil butuh tune up adalah mesin mobil sulit dinyalakan

Gejala lainnya adalah ketika mobil sulit dinyalakan. Mungkin saja penyebab starter mobil lemah karena pengaturan pada mesin mobil. Bila hal ini terjadi, Anda bisa lakukan tune up agar mobil bisa dalam kondisi normal kembali.

>>> Kenali Fungsi Catalytic Converter Di Mobil Anda

3. Servis 5.000 Km

 Mobil melakukan servis di bengkel

Setiap servis 5.000 Km minta untuk tune up kepada bengkel

 

Sama seperti halnya mengganti oli mesin, maka akan lebih baik bila mobil Anda melakukan tune up setiap menempuh jarak 5.000 Km. Hal ini tidak hanya mengembalikan fungsi mesin, tapi juga sebagai usaha agar menjaga kondisi mobil tetap awet. Sebagai salah satu tanda mobil butuh tune up, Anda bisa melakukannya setiap 3 bulan sekali atau dilakuan bersamaan saat melakukan servis rutin.

>>> Dapatkan berbagai tips perawatan terbaru di Cintamobil.com

4. Performa Gas

Menginjak pedal gas

Performa gas melambat juga menjadi tanda mobil butuh tune up

Ada juga tanda mobil butuh tune up lainnya yang bisa Anda kenali yakni melalui performa gas yang melambat. Ketika Anda merasakannya, maka segera lakukan tune up. Hal ini karena berpengaruh maka performa dan konsumsi bahan bakar karena tarikan mesin menjadi melambat atau tidak normal.

>>> Memanaskan Mesin Pada Mobil, Perlu Atau Tidak?

5. Getaran Mobil

Memegang setir mobil

Bila mobil terasa bergetar kencang, maka coba periksa apakah butuh tune up

Mobil yang bergetar penyebabnya bisa bermacam-macam. Tidak hanya karena belum melakukan spooring atau balancing, penyebab lainnya ialah mobil yang butuh tune up. Bila ketika diam atau berjalan kondisi mobil sudah seperti ini, maka lakukan tune up agar tidak semakin parah. Nah jadi sudah Anda kenali kan, tanda mobil butuh tune up?

>>> Kumpulan tips & trik bermobil lainnya hanya di Cintamobil.com

Share this post:

Berita lain

Cara Mudah Meningkatkan Performa Mesin Mobil Biar Lebih Jos Dipakai Mudik

Meningkatkan performa mesin mobil bisa dengan berbagai cara. Namun yang akan kami bahas kali ini adalah cara yang paling mudah agar didapat performa mesin yang meningkat saat mobil dipakai mudik Lebaran.

Lihat juga

Ada Risiko Buruk, Jangan Sering Menambahkan Oli Mesin Mobil

Ketika oli mesin mobil berkurang, Anda akan berinisiatif menambahnya dengan oli baru. Padahal dengan menambah oli baru artinya akan tercampur dengan yang lama. Ada risiko buruk jangka panjang bila terlalu sering menambahkan oli baru ke mesin.

Lihat juga

Dimanakah Letak Nomor Rangka Dan Nomor Mesin Mobil Anda?

03/05/2019

Perawatan dan service

2 menit

Membeli mobil bekas memang mengasyikkan, dengan dana tak seberapa Anda akan mendapatkan mobil dengan kelas yang relatif lebih tinggi dibanding mobil keluaran kekinian. Masalah mulai muncul ketika Anda hendak melakukan proses balik nama kepemilikan, Anda akan bingung lantas bertanya dimanakah letak tanda nomor rangka serta nomor mesin mobil Anda?

Lihat juga

Waduh, Kok Mesin Mobil Tiba-tiba Mati di Tengah Jalan?

Jika mesin mobil tiba-tiba mati di tengah jalan memang bisa membuat pengemudi panik. Apalagi jika kejadian tersebut berlangsung malam hari atau di lokasi yang sepi sehingga tak ada orang lain yang bisa menolong.

Lihat juga

Ada Banyak Kemajuan, Inilah Ragam Teknologi Mesin Diesel Modern

25/04/2019

Pengemudian

Mesin diesel modern telah menjelma menjadi mesin yang perkasa dengan banyak keuntungan untuk konsumen. Kapabilitas itu tidak lepas dari kandungan teknologi di dalamnya. Sudah ada banyak kemajuan pada dan beragam teknologi mesin diesel modern yang digunakan pada mobil-mobil masa kini.

Lihat juga
 
back to top