Kenali 3 Tanda Oli Gardan Perlu Diganti

15/09/2020

Perawatan dan service

2 menit

Share this post:
Kenali 3 Tanda Oli Gardan Perlu Diganti
Karena lamanya interval penggantian, terkadang pemilik mobil lupa mengganti oli gardan. Agar transmisi tetap sehat, perhatikan 3 tanda oli gardan perlu diganti.

Pada dasarnya oli gardan merupakan oli yang berfungsi sebagai pelumas transmisi pada mobil matic, atau yang menggunakan transmisi otomatis. Masa pakainya memang lebih lama dibandingkan oli mesin. Namun hal inilah yang membuat terkadang pemilik kendaraan lupa mengganti oli gardan. Dilansir dari Auto2000, berikut 3 tanda oli gardan perlu diganti agar tidak menimbulkan kerusakan pada transmisi kendaraan.

1. Warna oli gardan berubah

Salah satu ciri-ciri penting yang bisa diperhatikan sendiri adalah perubahan warna yang terjadi pada oli garrdan. Ketika warna oli sudah agak memutih atau berubah menjadi abu-abu metalik gelap, maka kondisinya sudah tidak terlalu bagus. Begitu juga dengan kekentalan oli. Ketika sudah encer, maka oli harus segera diganti.

oli gardan berwarna hitam pada transmisi mobil
Warna oli yang berubah bisa menjadi tanda masalah pada oli gardan

Bukan hanya tentang umur, perubahan warnda dan kekentalan oli bisa terjadi karena dua hal. Yang pertama yaitu oli terkontaminasi dengan air ketika kendaraan melewati genangan atau banjir. Perubahan warna menjadi abu-abu metalik gelap terjadi karena oli sudah terlalu lama digunakan dan sudah selayaknya diganti.

>>> Tips Mengganti Oli Mobil untuk Siap Hadapi New Normal Adventure

2. Muncul suara dan getaran

tangan yang sedang menyetir mobil
Rasakan getaran yang berlebih ketika berkendara

Beberapa gejala lain yang terasa ketika berkendara adalah suara mendengung yang berasal di bawah mobil, apalagi ketika saat berbelok. Begitu juga getaran bodi mobil lebih terasa ketika melewati jalanan menurun. Gejala tersebut bisa terjadi ketika oli gardan tidak mampu lagi melumasi gigi-gigi secara sempurna. Permukaan gigi menjadi tidak licin dan menimbulkan bunyi atau getaran tak lazim.

>>> Setir Terasa Bergetar? Cek 5 Komponen Ini

3. Melewati batasan waktu

Sama seperti oli mesin, oli gardan memiliki batas waktu pemakaian. Umumnya oli gardan perlu diganti setiap dua tahun sekali atau ketika kendaraan sudah menempuh perjalanan lebih dari 40.000 kilometer. Pastikan untuk mengingat kapan terakhir kali mengganti oli gardan. Atau tanyakan pada bengkel resmi dimana Anda memeriksakan kendaraan.

warna oli gardan untuk mengganti oli
Pastikan untuk mengganti oli gardan tepat waktu

Jika Anda sudah menemukan kondisi di atas, jangan ragu untuk sesegera mungkin mengganti oli gardan. Kerusakan pada transmisi akan membuat Anda mengeluarkan biaya perbaikan yang tidak murah. Dan yang paling penting, lakukan perawatan mobil secara berkala dengan teratur untuk mencegah masalah yang lebih besar terjadi pada saat sedang berkendara. 

>>> Dapatkan berbagai mobil baru dan bekas hanya di sini

Share this post:
Padli Nurdin
Penulis
Padli Nurdin
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Bukan Berapa Kilometer Ganti Oli Mobil, Tetapi Berapa Interval Penggantian Oli?

17/04/2020

Perawatan dan service

3 menit

Banyak yang bertanya tentang berapa kilometer ganti oli mobil. Ternyata penggantian oli terbaik dihitung dari interval jarak dan berapa lama mobil digunakan.

Lihat juga

Tips Memilih Oli Mobil Terbaik untuk Fortuner Diesel Anda

04/04/2020

Perawatan dan service

3 menit

Toyota Fortuner dipasarkan dengan dua pilihan bahan bakar, diesel dan bensin. Ini dia tips bagi yang ingin mendapatkan oli mobil terbaik untuk Fortuner diesel.

Lihat juga

Cara Memeriksa dan Menambah Oli Power Steering

21/08/2017

Perawatan dan service

2 menit

Semua mobil memiliki sistem power steering hidrolik yang membantu pengemudi untuk memutar setir dengan ringan. Jadi pemilik harus selalu ingat memeriksa ketinggian oli power steering dan menambahkannya kalau diperlukan

Lihat juga

Yuk Pelajari Apa yang Tertulis dalam Polis Asuransi Mobil

09/09/2020

Pengemudian

5 menit

Pada sebuah dokumen polis asuransi mobil, ada beberapa poin yang perlu Anda perhatikan. Karena inilah yang bisa menjadi bukti kuat perjanjian asuransi kendaraan dan akan berguna saat mengajukan klaim.

Lihat juga

Kenali Penyebab Oli Mesin Rembes dan Cara Mengatasinya

19/01/2020

Perawatan dan service

5 menit

Mungkin Anda pernah menjumpai oli mesin rembes pada bagian tertentu. Selain mengganggu kebersihan ruang mesin, kondisi ini pun pertanda ada kerusakan pada mesin mobil tersebut.

Lihat juga