Kenali 3 Jenis Degreaser, Pembersih Kotoran Mesin Mobil Super Ampuh

Share this post:
Kenali 3 Jenis Degreaser, Pembersih Kotoran Mesin Mobil Super Ampuh
Beragam merek Degreaser dijual di pasaran menawarkan kelebihan dalam membersihkan kotoran mesin mobil. Biar tak bingung, yuk kenali 3 jenis Degreaser berikut!

Beragam produk jadi sarana pendukung dalam menjaga kondisi mobil. Salah satunya produk cairan pembersih mesin yang disebut Degreaser. Untuk membersihkan kotoran mesin mobil yang menempel dan sulit dihilangkan, produk ini menjadi alternatif paling masuk akal dan ampuh.

Degreaser mengandung zat – zat kimia tertentu yang dapat melawan sulitnya bekas pelumas atau aspal yang menempel pada mesin dan sulit dibersihkan. Tidak butuh waktu lama, setelah dioles atau disemprotkan, zat kimia tersebut akan bereaksi dan segera melepas kotoran dari permukaan mesin.

>>> Cara Yang Benar Membersihkan Ruang Mesin Mobil

3 Jenis Degreaser

Ada banyak produk Degreaser dijual di pasaran. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Sebelum Anda memutuskan membeli, sebaiknya kenali dulu jenis Degreaser tersebut terbuat dari bahan apa. Hal ini penting karena akan mempengaruhi hasil pembersihan. Berikut 3 jenis Degreaser dilihat dari bahan bakunya.

1. Environmentally-friendly

Foto menunjukkan salah satu produk degreaser ramah lingkungan

Degreaser ramah lingkungan tidak beracun

Bahan environmentally-friendly atau ramah lingkungan seperti olahan nabati bukan berarti tidak bisa dipakai sebagai pembersih mesin. Justru sekarang banyak produk Degreaser terbaik terbuat dari bahan alami seperti cuka, lemon, hingga soda kue.

Kelebihan Degreaser jenis ini penggunaannya cukup mudah dan cenderung lebih aman dibanding jenis yang lain. Kecil kemungkinannya akan merusak komponen mesin. Selain juga tidak beracun dan aman bagi tubuh.

>>> Mengenal Lebih Dekat Teknologi MIVEC Pada Mesin Mitsubishi

2. Liquid

Foto menunjukkan salah satu produk Degreaser Liquid

Degreaser jenis liquid paling populer di dunia

Jenis Degreaser liquid atau deterjen cair jauh lebih kuat dan powerfull dibanding Degreaser environmentally-friendly. Kekuatannya dalam membersihkan kotoran mesin mobil membuatnya memberikan hasil maksimal. Mesin akan terlihat sangat bersih dalam waktu cepat.

Namun perlu diperhatikan juga, karena kekuatannya tersebut Degreaser liquid tidak terlalu aman untuk kulit tubuh, punya efek membakar dan menyebabkan kulit menghitam gosong. Jika Anda memilih menggunakan jenis ini pastikan tangan terlindungi dengan memakai sarung tangan.

3. Petroleum Based

Foto menunjukkan Engine Degreaser buatan GUNK

Degreaser berbasis minyak ampuh melarutkan lemak

Degreaser Petroleum-based atau berbasis minyak cukup populer membersihkan bagian mesin. Namun keampuhan terbatas pada melarutkan lemak bekas bensin, oli, atau pelumas yang lain. Sedangkan untuk membersihkan kotoran selain zat pelumas, Degreaser jenis ini tidak cukup membantu karena tidak memiliki fungsi serbaguna seperti jenis Degreaser yang lain.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada di sini!

Share this post:
Fatchur Sag
Penulis
Fatchur Sag
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Cara Mudah Menganalisis Bunyi Berisik Pada Mesin Mobil Dan Cara Mengatasinya

07/10/2018

Perawatan dan service

3 menit

Menganalisa Kerusakan Mesin Berdasarkan Bunyi Berisik Yang Timbul. Bunyi berisik yang keluar dari dalam mesin merupakan indikasi ada sesuatu yang bermasalah pada mesin. Memang saat bekerja mesin mengeluarkan suara, namun jika suara yang terdengar tidak normal atau tidak seperti biasanya itu tandanya ada masalah.

Lihat juga

Dimanakah Letak Nomor Rangka Dan Nomor Mesin Mobil Anda?

03/05/2019

Perawatan dan service

2 menit

Membeli mobil bekas memang mengasyikkan, dengan dana tak seberapa Anda akan mendapatkan mobil dengan kelas yang relatif lebih tinggi dibanding mobil keluaran kekinian. Masalah mulai muncul ketika Anda hendak melakukan proses balik nama kepemilikan, Anda akan bingung lantas bertanya dimanakah letak tanda nomor rangka serta nomor mesin mobil Anda?

Lihat juga

Tak Usah Risau, Ini Cara Membersihkan Mesin Mobil Avanza Saat #DirumahAja

14/04/2020

Perawatan dan service

3 menit

Mesin mobil sudah kotor namun tak ingin keluar rumah? Tak perlu risau. Berikut cara membersihkan mesin mobil Avanza dengan mudah tanpa harus keluar rumah.

Lihat juga

Tikus Masuk Ruang Mesin Mobil, Inilah Cara Mengatasinya

21/08/2017

Perawatan dan service

3 menit

Area mesin adalah tempat yang gelap pada malam hari bahkan siang hari, tikus sangat menyukai tempat-tempat yang gelap. Jadi jika mobil yang tidak bergerak/ tidak dipakai lebih dari dua (2) hari maka tikus akan cari jalan untuk masuk.

Lihat juga

Ngabuburit #DiRumahAja Sambil Cek Cairan Penting di Mesin Mobil

01/05/2020

Perawatan dan service

3 menit

Sambil menunggu waktu berbuka puasa, ada banyak kegitan yang dapat dilakukan salah satunya ngabuburit #DiRumahAja sambil cek cairan penting di mesin mobil

Lihat juga