Kembalikan Kilau Cat Mobil Anda Dengan Tips Hilangkan Baret Swirl Pada Bodi Mobil

Share this post:
Kembalikan Kilau Cat Mobil Anda Dengan Tips Hilangkan Baret Swirl Pada Bodi Mobil
Meski hanya baret halus, namun baret swirl pada bodi mobil akan sangat mengganggu penampilan mobil Anda. Namun jangan khawatir, karena menghilangkan baret swirl cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah

Pada musim hujan seperti ini, mungkin hampir setiap pemilik mobil menunda untuk mencuci mobil atau melakukan car care. Alasan paling klise lantaran hujan hampir setiap hari menghampiri, maka ada perasaan sayang jika mobil terlalu sering dicuci atau car care. Karena, nanti toh akan kena hujan lagi dan terasa mubazir. Bener kan?

Foto proses mencuci pada mobil berwarna hitam

Proses mencuci dan mengeringkan mobil yang salah dapat mempercepat pembentukan baret swirl

Namun ternyata, kebiasaan Anda untuk menunda mencuci mobil atau car care saat hujan, akan mempecepat tampilan mobil menjadi lebih kusam. Jika sudah kusam dan selain banyak kotoran dan jamur yang menempel, bodi mobil juga rentan terkena baret halus atau yang berbentuk memutar layaknya sarang laba-laba atau biasa dikenal dengan baret swirl. “Baret swirl timbul lantaran pemiliknya malas mencuci mobil atau cara mencucinya kurang benar,” jelas Daniel dari workshop Show Car Garage di Meruya, Jakarta Barat.

Contoh baret swirl pada bodi mobil berwarna abu-abu

Baret swirl cukup mengganggu tampilan mobil, namun cukup mudah untuk dihilangkan

>>> Baca juga:

Baret swirl paling mudah muncul akibat mencuci dan mengeringkan mobil dengan menggunakan lap karet atau Kanebo dengan gerakan memutar. Sehingga baret halus lama-lama akan timbul dengan bentuk yang membulat dan menjadi swirl. Namun ternyata, jika bodi mobil sudah terdapat swirl atau baret halus, tidak sulit kok untuk membersihkannya. ”Karena swirl termasuk baret ringan dan banyak tersedia obat polesnya dipasaran,” tambah Daniel. Untuk itu, Cintamobil.com akan berikan tips tentang cara menghilangkan baret swirl sendiri di rumah.

Cuci mobil pada SUV berwarna hitam di garasi

Proses menghilangkan baret swirl diawali dengan mencuci mobil secara merata untuk menghilangkan kotoran

Langkah pertama adalah dengan mencuci seluruh bodi mobil dengan bersih dan keringkan. Ingat, saat mencuci mobil disarankan untuk tidak menggunakan lap karet seperti kanebo, karena rentan menimbulkan baret baru. Lebih gunakan lap microfiber agar kotoran dapat tersapu bersih. Saat mencuci dan mengeringkan, hindari gerakan memutar, karena akan menimbulkan baret swirl. Idealnya, lakukan gerakan searah karena lebih minim menimbulkan baret.

>>> Dapatkan berbagai tips perawatan terbaru di Cintamobil.com

Proses poles mobil pada bodi mobil berwarna hitam

Pemolesan dengan obat penghilang baret swirl bisa dilakukan dengan mesin poles atau spons khusus bodi mobil yang banyak tersedia di toko aksesori mobil

Setelah kering, parkir di garasi yang teduh dan hangat. Hindari mencuci saat tengah hari, karena rentan menimbulkan jamur akibat perbedaan suhu antara air dan udara. Setelah itu, tuangkan produk penghilang baret swirl pada mesin poles atau spons. Anda bisa membeli mesin poles yang kini banyak dijual di toko perlatan mobil dengan harga mulai dari Rp 250 ribuan. Jika tak ada mesin poles, bisa dengan menggunakan spons ukuran besar yang halus. Sementara contoh produk penghilang baret swirl yang banyak tersedia di pasaran adalah Turtle Wax Turtle Wax Scratch atau Meguiar’s Swirl X remover. Poleskan pada bodi yang baret dengan cara memutar hingga baret mulai pudar atau hilang dan bersihkan residu sisa obat poles dengan kain microfiber.

>>> Sedang ingin jual mobil? Di Cintamobil.com aja!

Contoh obat penghilang baret mobil merek Muguiar's

Salah satu obat penghilang baret swirl yang banyak tersediaadalah Meguiar's Swirl Removal

Setelah semua baret swirl dibersihkan maka mulai proses pemolesan gunakan obat poles seperti dual action cleaner polish untuk membersihkan cat, tuang pada mesin poles atau spons, dan poles seluruh bodi mobil dengan gerakan memutar hingga merata. Setelah itu bersihkan dengan kain microfiber. Kemudian tuangkan wax pada mesin poles atau spons, lalu poles kembali hingga merata, lalu diamkan sekitar 15 menit agar lapisan wax benar-benar kering. Setelah selesai, Anda bisa kembali menikmati cat mobil Anda bebas baret swirl untuk waklu lebih lama.

>>> Baca tips Cintamobil.com lainnya di sini!

Share this post:
 
back to top