Banyak Terjadi Kebakaran Mobil, Mungkin Ini Penyebabnya

28/07/2021

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Ada banyak hal yang berperan besar menjadi penyebab kebakaran mobil dan biasanya dimulai dari penyebab yang paling remeh sehingga sering terlewatkan

Pada hari Senin (26/7/2021), terjadi dua musibah kebakaran mobil di dua tempat terpisah di Jakarta yang melibatkan Suzuki XL-7 dan Ford Mustang. Apa pun kejadiannya, kebakaran mobil adalah musibah besar yang berpotensi menyebabkan kerugian jiwa dan harta benda. Secara umum ada banyak penyebab mobil terbakar, mulai dari hal remeh hingga hal  besar. Dengan mengetahui penyebabnya,  kita dapat mencegah  atau meminimalkan dampak musibah tersebut.

>>> Ford Mustang yang Terbakar di Pondok Indah Bukan Punya Atta-Sean Gelael 

Mesin Kepanasan  

gambar mesin kepanasan

Mesin kepanasan dapat memicu kebakaran 

Mesin yang kepanasan akan menyebabkan  suhu  oli meningkat dan jika terjadi  kebocoran dapat  memicu kebakaran (oli panas + knalpot panas = api). Karena mesin mengandalkan pendinginan melalui radiator coolant dan oli, maka keduanya menjadi faktor utama penyebab mesin kepanasan. Sebagai antisipasi, selalu cek kondisi radiator coolant dan pelumas. Waspadai indikator temperatur mesin dan indikator pelumas mesin. Begitu posisi suhu mesin di atas ¾ atau warna merah muncul dan lampu teko (indikator pelumas) menyala,  segera tepikan mobil ke lokasi aman, matikan mesin dan minta bantuan.  

Kebocoran Pelumas  atau Bahan Bakar  

 gambar oli bocor

Oli panas + knalpot panas = api 

Kebocoran pelumas panas  dan bahan bakar yang kemudian mengenai exhaust maniford panas  dapat menjadi penyebab mobil terbakar. Selain itu, waspadai juga fluida power steering. Yang paling utama, pastikan semua sambungan selang (klem/pengikat) dalam kondisi prima, tidak ada yang kendur atau terlalu kencang. Begitu pula cek semua selang, jangan sampai ada yang getas, retak, apalagi bocor. Langsung ganti jika ditemukan selang yang getas, retak dan bocor.  

Korsleting  

gambar korsleting

Korsleting menjadi salah satu penyebab mobil terbakar

Kalau mau diukur, panjang kabel pada  sistem kelistrikan mobil masa kini dapat mencapai puluhan kilometer. Tidak heran karena mobil kekinian adalah komputer berjalan yang sangat bergantung pada kabel dan teknologi elektronika. Jika satu bagian sistem kelistrikan mengalami kerusakan maka bisa menyebabkan kebakaran.  Untuk menghindari hal tersebut, upayakan selalu melakukan perawatan mobil terutama pada bagian kelistrikan dengan mengecek kondisi kabel dan sambungan. Langsung bawa ke bengkel setiap ada masalah pada sistm kelistrikan mobil.  

Minim  Perawatan

Penyebab lain kebakaran mobil  adalah minim perawatan.  Mobil yang tidak dirawat dengan baik  akan mempunyai risiko kebakaran yang lebih besar karena kondisi kesehatannya tidak diketahui. Contoh, kabel-kabel yang terkelupas karena digigit tikus ternyata luput dari pemantauan dan  menyebabkan kebakaran saat mobil dikemudikan dalam perjalanan.      

Cacat Produk  

Cacat produk juga bisa menyebabkan kebakaran mobil berupa kesalahan  dalam desain dan  produksi sehingga menimbulkan potensi bahaya. Jika diteliti secara cermat, cacat produksi  tidak selalu menjadi penyebab mobil terbakar secara langsung. Misalnya, selang bensin yang berdekatan dengan exhaust manifold. Jika bagian tersebut dibiarkan dan tidak dirawat serta tidak ada penyempurnaan dari pabrikan (recall), tentu dapat menyebabkan kebakaran mobil.  

Penyebab Lain

Keteledoran Pemilik  

Jika Anda melaksanakan “perawatan mobil yang bisa dilakukan sendiri”, periksa dengan cermat dan seksama jangan sampai ada yang tertinggal di dalam ruang mesin. Semisal kertas, lap plas chamois, daun kering, kotoran tikus, yang berpotensi menyebabkan kebakaran.  

Catalytic Converter    

gambar catalytic converter

Jangan parkir sembarangan dan gunakan bahan bakar sesuai rekomendasi 

Perangkat ini berfungsi membersihkan  polutan dalam gas buang, namun komponen ini juga bisa memicu terjadinya kebakaran mobil. Contoh, diparkir di atas daun/kertas/rumput kering dan jika suhu kerjanya terlalu panas. Untuk mencegah hal-hal tersebut, jangan parkir mobil sembarangan dan gunakan bahan bakar sesuai rekomendasi pabrikan.  

Aksesori Tambahan

Instalasi aksesori kerap dilakukan oleh pemilik mobil pada bagian luar atau dalam, semisal lampu-lampu atau sistem audio. Pemilihan dan pemasangan aksesori yang tidak tepat bisa meningkatkan  risiko korsleting dan kebakaran mobil. Pilih aksesori yang direkomendasikan oleh pabrikan dan pasang di bengkel yang terpercaya.

Kecelakaan

Pada dasarnya mobil-mobil keluaran sekarang telah dilengkapi dengan sistem keamanan dan keselamatan terbaik. Contohnya, saat terjadi kecelakaan (tabrakan) maka semua sistem kelistrikan dimatikan total secara otomatis untuk meminimalkan risiko lanjutan. Namun  apa pun bisa terjadi kan?  Nah kini setelah memahami faktor-faktor penyebab kebakaran, lebih baik Anda selalu siapkan APAR  dan lakukan perawatan pada bagian rawan  kebakaran.

>>> Awas! Jarang Servis Berkala Bisa Picu Mobil Terbakar

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk membantu mengurus mobil dinas semisal membawakan alat kerja, minyak, fluida dan suku cadang. Akhirnya otomotif menjadi bagian hidup. 
Selepas kuliah dan sebelum wisuda, bergabung menjadi reporter tabloid Otomotif yang berada dalam naungan Kelompok Kompas Gramedia dengan bidang utama penulisan roda empat. Kemudian pindah ke Liputan6 dan mengisi berita untuk desk internasional. Lalu tahun 1998 bergabung dengan majalah Mobil Motor, majalah otomotif tertua di Indonesia (terbit sejak tahun 1970). 
Kemudian tahun 2003, pindah ke majalah Motor Trend (edisi Indonesia). Tahun 2009 kembali ke majalah Mobil Motor dan tahun 2014 mudik ke majalan Motor Trend. Pada tahun 2020 mengisi Otoblitz.net dan mulai tahun 2021 menulis untuk Cintamobil.com. 

Awards

  • 2003: Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Produk) 
  • 2007:  Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Teknologi)
 
back to top