Kata Siapa Harga Spare Part Honda Mahal? Nih Daftar Fast Movingnya

27/04/2022

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Kata Siapa Harga Spare Part Honda Mahal? Nih Daftar Fast Movingnya
Selain merek tiga berlian ada beberapa hal yang membuat orang takut untuk 'piara' mobil Honda, antara lain takut kalau ternyata harga spare part honda itu mahal

Tak bisa dipungkiri, di pasar mobil Indonesia biaya servis masih menjadi salah satu variabel yang sangat diperhitungkan sebelum meminang kendaraan. Salah satu issue yang paling santer terdengar adalah harga spare part Honda yang mahal.

Honda Genuine Parts

Spare part mobil Honda mahal? Apa iya?

Yes, selain merek Mitsubishi, orang-orang masih beranggapan bahwa harga spare part mobil Honda itu mahal. Padahal, dari hasil pengamatan kami ke bengkel resmi maupun gerai spare part umum harga parts mobil Honda tidaklah mahal.

>>> Cari mobil Honda bekas terbaik dan termurah hanya di sini

Do a Mini Riset

Kami mengadakan riset kecil-kecilan pada mobil yang kami gunakan yakni sebuah Honda HR-V E CVT 2017, kami mencoba untuk mencari tahu harga spare part fast moving salah satu mobil penulis tersebut.

Honda HR-V E CVT 2017

Kami coba mencari tahu harga spare part Honda HR-V ini sebagai contoh

Sekadar informasi, dalam spare parts kendaraan dikenal istilah fast moving dan slow moving. Fast moving adalah komponen yang masa pakainya singkat dan diganti mengikuti jadwal servis berkala.

Spare Part Mobil Honda

Dalam spare part ada istilah Slow Moving dan Fast Moving

Contohnya seperti filter-filter kendaraan, kampas rem, oli, dan busi. Berbeda dengan spare parts slow moving, onderdil jenis ini memiliki masa pakai lebih lama. Misal body parts, head lamp, stop lamp dan ornamen interior mobil lainnya.

>>> Review Honda HR-V E CVT 2015: Compact SUV Populer Honda

Harga Spare Part Mobil Honda

Nah, dari hasil pengamatan tim Cintamobil.com, kami mendapati harga spare part honda HR-V bermesin 1.500 cc adalah sebagai berikut:

  • Oli Mesin OEM 4 Liter Rp 395.000 
  • Oli Transmisi (CVTF) Rp 315.000
  • Minyak Rem Rp 27.000
  • Saringan Oli Rp 35.000
  • Busi Rp 90.000 (Rp 22.500 per buah)
  • Saringan Udara OEM Rp 80.000
  • Saringan AC OEM Rp 120.000
  • Kampas Rem Depan OEM Rp 300.000
  • Kampas Rem Belakang OEM Rp 270.000

Nah, kalau ditotal kan harga spare part mobil Honda HR-V kami tersebut hanya Rp 1.632.000, terlebih kalau kampas rem dan saringan udara masih dalam kondisi oke maka Anda hanya perlu membayar Rp 942.000 saja. Tapi ingat ya, harga di atas belum termasuk jasa pasang buat mekanik.

Murah Mana Spare Part Fast Moving Honda HR-V Lama vs Honda All New HR-V?

Karena baru-baru ini diluncurkan Honda All New HR-V menggantikan Honda HR-V current model yang dijual di Tanah Air, maka kami sajikan juga harga spare part fast moving dari SUV B-Segment terbaru PT Honda Prospect Motor ini.

Terlihat pada gambar di atas, mesin terbaru Honda membutuhkan oli dengan visikotas / kekentalan 0W-20 dengan harga per liter Rp 130.000 untuk New HR-V Non Turbo. Sedangkan untuk Honda New HR-V RS bermesin turbocharger harga per liternya lebih mahal Rp 10.000 yakni Rp 140.000.

Fast moving spare part Honda All New HR-V

Berikut ini adalah harga fast moving Honda Mobilio, Honda All New HR-V dan Honda All New HR-V Turbo

Demikian pula dengan oli transmisi CVT yang per botol ukuran 3,5 liter harganya Rp 309.000. Sementara untuk minyak rem butuh 3 botol (900ml) yang harga per 300ml nya adalah Rp 26.000. 

Belum lagi untuk kampas rem depan yang harga satuannya adalah Rp 905.000 (dikali dua maka Rp 1.810.000). Demikian pula dengan harga spare part Honda untuk kampas rem belakang HR-V terbaru yang satuannya Rp 1.651.000 (dikali dua maka Rp 3.302.000).

mesin All New Honda HR-V 2022 baru di Indonesia

Mesin All New Honda HR-V RS Turbo

Bila semua harga-harga tersebut ditotal, maka untuk harga spare part Honda All New HR-V non turbo adalah Rp 7.094.000. Kalau untuk Honda All New HR-V RS Turbo totalnya adalah Rp 7.337.000. Dan total harga parts tersebut belum termasuk biaya jasa pasang di bengkel lho!

Terlihat mahal? Yes, makanya PT HPM menawarkan program paket perawatan service. Sayangnya, ketika artikel ini dibuat kami belum mendapatkan informasi terkini mengenai paket perawatan service Honda yang sempat ditawarkan beberapa waktu lalu tersebut.

>>> Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic RS

Sebab Harga Spare Part Honda HR-V Lama & Mobilio Terjangkau

Demikian pula untuk harga spare part mobil Honda Mobilio, Honda Brio, hingga Honda HR-V sampai Honda Jazz yang jadi mobil populer Honda lainnya. Harga sparepart honda bisa terjangkau karena banyak dari produk yang kami sebutkan tersebut menggunakan sharing engine.

Mesin L15 Honda

Similar Engine & Technology memungkinkan harga part yang makin terjangkau

Ya, kalau Anda perhatikan di balik kap mesin mobil-mobil Honda tersebut, rata-rata menggunakan kode mesin serupa yakni L-series lama. Baik L15, L12 sama-sama pakai konvigurasi 4-silinder SOHC dengan teknologi katup variabel i-VTEC yang membuat mesin memiliki performa optimal namun tetap irit dalam mengolah bahan bakar.

>>> Seandainya Honda Brio Pakai Mesin Turbo...

Spare Part Mobil Honda Lama

Untuk spare part mobil Honda lama seperti Honda Civic FD, Honda Jazz GD bahkan Honda Genio atau yang lebih lawas lagi seperti Honda Accord Maestro dan Honda Accord Prestige, kami menyarankan Anda untuk membeli part di luar bengkel resmi Honda.

Honda Jazz GD

Punya Jazz lawas kayak gini? Jangan khawatir soal partsnya

Selain faktor ketersediaan part, juga menyoal harga. Dengan membeli di luar bengkel resmi Anda bisa berpotensi menghemat pengeluaran. Terlebih mobil-mobil Honda tua itu juga pasti sudah lepas masa garansi baik itu garansi kelistrikan, bodi dan juga tentunya garansi mesin.

Diler Honda Imora Sentul, Jawa Barat

Kalau udah lepas masa garansi tak perlu beli part di Bengkel Resmi biar murah

Anda bisa coba menyambangi lokasi-lokasi sentra spare part semisal Mall Atrium Senen, Pasar Mobil Kemayoran, maupun berburu melalui 'lapak' online semisal Tokopedia dan BliBli.

Periodical Maintenance Untuk Mobil Honda

Meski mobil lama, usahakan Periodical Maintenance tetap terjaga ya...

Setelah parts yang Anda butuhkan terbeli, Anda tinggal pasar part tersebut ke mobil Anda. Bisa pasang sendiri maupun minta bantuan mekanik maupun bengkel terdekat. Tapi ingat, kalau pakai jasa mekanik panggilan jangan lupa kasih tip uang rokok ya!

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa harga mobil termurah Honda?
Honda Brio merupakan mobil termurah Honda yang dibanderol mulai dari Rp 155 jutaan.
Berapa harga mobil termurah Honda?
Honda Brio merupakan mobil termurah Honda yang dibanderol mulai dari Rp 155 jutaan.
Berapa harga oli mobil Honda?
Harga oli mobil Honda beragam, misalnya saja untuk Honda HR-V memiliki harga oli Mesin OEM 4 Liter Rp 395.000 dan harga oli Transmisi (CVTF) Rp 315.000.
Berapa harga oli mobil Honda?
Harga oli mobil Honda beragam, misalnya saja untuk Honda HR-V memiliki harga oli Mesin OEM 4 Liter Rp 395.000 dan harga oli Transmisi (CVTF) Rp 315.000.
Dimana bisa membeli spare part mobil Honda?
Anda bisa membeli spare part mobil Honda di bengkel resmi Honda terdekat di kota Anda.
Dimana bisa membeli spare part mobil Honda?
Anda bisa membeli spare part mobil Honda di bengkel resmi Honda terdekat di kota Anda.
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Head of Content di Cintamobil.com   About Arfian Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebe
 
back to top