Masalah Karet Dudukan Rumah Saringan Udara Di Grand Livina Dan March

28/04/2021

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Karet dudukan rumah saringan udara yang getas dan rusak menyebabkan getaran berlebihan yang mengurangi kenyamanan dan mengganggu konsentrasi pengemudi

Selagi enak-enak memacu Nissan Livina L10 di jalan tol, tiba-tiba saja terdengar  bunyi aneh dari arah dashboard. Bunyinya seperti ketukan benda sejenis plastik yang kendur/longgar sehingga saling beradu. Grukk...duk...duk...kira-kira begitu deskripsinya. Gangguan bunyi tersebut semakin keras terdengar saat mobil berhenti dan kemudian gear transmisi berada di posisi 1 (transmisi manual) atau D (transmisi otomatis) untuk siap bergerak lagi.

gambar mesin nissan

Banyak komponen karet dudukan yang terdapat dalam ruang mesin

 Saat kendaraan melaju kencang, bunyi tadi tertutup oleh bunyi-bunyi lain. Jujur saja, bunyinya sudah mengganggu kenyamanan  penumpang dan konsentrasi  mengemudi sepanjang perjalanan. Tentunya enggak nyaman ya kalau berkendara dengan mobil ada suara-suara yang mengganggu seperti itu...

>>> Pentingnya Membersihkan Saringan Udara Untuk Mesin Yang Lebih Stabil

Sumber Bunyi

Mulanya, sumber bunyi diperkirakan berasal dari perangkat yang kendur di dalam dashboard atau laci. Setelah membongkar dashboard, mengeluarkan aneka barang dari laci dan mencari sana-sini di dalam kabin, ternyata tidak ada komponen yang menjadi sumber bunyi tersebut. Setelah ditelisik lebih lanjut, ternyata sumber bunyi aneh tersebut berasal dari ruang mesin.

foto karet dudukan

Karet dudukan yang sudah getas dan pecah menjadi sumber bunyi

“Ini dia sumber bunyinya, karet dudukan  air filter box. Sejalan usia pemakaian dan waktu, karet dudukan tersebut getas dan pecah sehingga getaran rumah saringan udara  langsung diteruskan ke bodi. Ini yang menimbulkan bunyi-bunyi tadi,” jelas Mohamad Syaiful, pemilik Garage 23, bengkel  spesialis Datsun Nissan  yang bermarkas di kawasan Serpong, Tangerang Selatan.

Rumah Saringan Udara

Setelah rumah saringan udara dikeluarkan dari ruang mesin, terlihat ada tiga “kaki” yang semuanya dihubungkan dengan karet dudukan yang berfungsi sebagai peredam getaran. Dua kaki di bagian depan rumah saringan udara dihubungkan dengan karet dudukan yang berada di belakang baterai. Sedangkan kaki ketiga  di bagian belakang rumah saringan udara dihubungkan dengan karet dudukan yang terdapat di firewall. Dari pengalaman sebelumnya, karet dudukan di firewall ternyata paling sering diganti karena beban getaran yang lebih tinggi.

foto kotak saringan udara

Air filter box dengan tiga kaki; dua di depan dan satu di belakang

Karena sumber bunyi sudah ditemukan,  tinggal mengganti karet dudukan yang getas dan pecah dengan komponen yang baru. Sebaiknya, ganti semua (3 unit) karet dudukan rumah saringan udara daripada harus bolak-balik ke bengkel. Soal komponen pengganti, tidak usah khawatir lantaran tersedia pilihan barang copotan di bengkel, suku cadang asli Nissan, atau bisa dibeli melalui toko online. Gangguan bunyi  terselesaikan,  perjalanan pun semakin aman dan nyaman.

>>> Pernah Moncer Di Masa Lampau, Pamor Nissan Grand Livina Kian Meredup

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk membantu mengurus mobil dinas semisal membawakan alat kerja, minyak, fluida dan suku cadang. Akhirnya otomotif menjadi bagian hidup. 
Selepas kuliah dan sebelum wisuda, bergabung menjadi reporter tabloid Otomotif yang berada dalam naungan Kelompok Kompas Gramedia dengan bidang utama penulisan roda empat. Kemudian pindah ke Liputan6 dan mengisi berita untuk desk internasional. Lalu tahun 1998 bergabung dengan majalah Mobil Motor, majalah otomotif tertua di Indonesia (terbit sejak tahun 1970). 
Kemudian tahun 2003, pindah ke majalah Motor Trend (edisi Indonesia). Tahun 2009 kembali ke majalah Mobil Motor dan tahun 2014 mudik ke majalan Motor Trend. Pada tahun 2020 mengisi Otoblitz.net dan mulai tahun 2021 menulis untuk Cintamobil.com. 

Awards

  • 2003: Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Produk) 
  • 2007:  Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Teknologi)
 
back to top