Kapan Waktunya Ganti Minyak Rem?

Share this post:
Kapan Waktunya Ganti Minyak Rem?
Minyak rem berperan sangat penting untuk semua kendaraan. Jadi pernah Anda tanya kapan adalah waktu mengganti minyak rem?

1. Fungsi minyak rem

Minyak rem pada kendaraan memainkan peranan yang maha penting karena bila mobil Anda kehabisan minyak rem maka bahaya akan mengintai Anda pada saat berkendara. Oleh sebab itu sebagai pengendara mobil kita harus memahami pentingnya minyak rem dan  memperhatikannya.
 

mengganti minyak rem mobil

Mengganti minyak rem untuk performa mobil tetap baik

>>> Baca juga: Jenis-jenis minyak rem

2. Kapan harus ganti minyak rem?

Masa pakai minyak rem cukup lama namun bukan berarti boleh digunakan secara terus-menerus. Salah satu cara mudah mendeteksi kualitasnya masih bagus atau tidak dengan melihat langsung kondisinya di tempat penampungan.
Menurut penjelasan Iwan Abdurrahman dari Technical service Division Toyota Astra Motor, waktu penggantian minyak rem di buku panduan kendaraan adalah setelah pemakaian sejauh 40.000 km. Namun, memantau kualitasnya penting dilakukan secara berkala.

ganti minyak rem pada mobil
Kapan harus ganti minyak rem?

Minyak rem wajib diganti ketika kondisinya sudah berubah menjadi keruh. Warna pada minyak rem bisa macam-macam tergantung produk. Namun yang umum ditemukan, merah atau kuning. Minyak rem yang bagus kondisinya dikatakan bening. Sistem pengereman bekerja pada suhu sangat panas, bahkan bisa sampai dua kali lipat titik didih air. Spesifikasi minyak rem sudah menyesuaikan kondisi itu, tetapi seiring pemakaian kualitasnya bisa berkurang.

>>> Untuk membaca tips dan trik merawat dan servis mobil lainnya, klik sini

Dianggap sebagai darah dari sistem rem hidrolik mobil, minyak rem berperan untuk menentukan proses operasi mobil. Berbeda dengan pelumas yang lain, minyak rem berperan transmisi kekuatan. Jadi mengganti minyak rem setelah dipakai sejauh 40.000 Km atau warnanya sudah berubah agar mobil Anda tetap bekerja bagus.
>>> Klik sini untuk membaca tulisan lain tentang pengalaman, tips dan trik pemakaian mobil

Share this post:
 
back to top