Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Mengganti Minyak Rem?

17/05/2019

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Mengganti Minyak Rem?
Kondisi minyak rem selalu luput dari pantauan pemilik mobil. Padahal, fungsinya cukup vital. Lantas kapan waktu yang tepat untuk mengganti minyak rem? Simak ulasannya berikut ini

Minyak rem menjadi salah satu komponen pengereman yang kerap dilupakan kondisinya. Padahal, fungsi minyak rem sangat penting untuk memberikan tekanan pada piston untuk selanjutnya menekan kampas rem demi mengurangi laju kendaraan. Namun seiring pemakaian, kualitas minyak rem pun dapat menurun yang dapat mempengaruhi kemampuannya dalam memberikan tekanan pada komponen pengereman lainnya. Akkhirnya pun bisa ditebak, kerja rem jadi tmenurun atau bahkan tak bekerja sama sekali.

Foto ilustrasi penggantian minyak rem

Waktu ideal untuk mengganti minyak rem adalah 2 tahun atau 40 ribu kilometer

>>> Baca juga:

Umumnya pabrikan merekomendasi untuk mengganti minyak rem setiap 40 ribu kilometer atau sekitar 2 tahun. Hal tersebut didasari dari kualitas minyak rem yang sudah mulai menurun. “Minyak rem memiliki titik didih agar dapat menjaga tekanan pada piston rem. Kalau lewat dari dua tahun, ditakutkan kandungan air dan udara dalam minyak rem sudah melebihi batasnya dan membuat titik didih minyak rem menurun dan cepat panas,” ungkap Yusuf, mekanik dari Astrido Toyota Pondok Gede, Bekasi.

Foto contoh merek minyak rem

Perhatikan spesifikasi minyak rem saat melakukan penggantian, jangan sampai salah pakai karena akan membuat kerja minyak rem tak maksimal

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftarnya di sini

Ketika minyak rem sudah menurun kualitasnya dan cepat panas, maka akan membuatnya cepat menguap dan berkurang jumlahnya, sehingga kemampuannya dalam memberikan tekanan pada piston rem akan berkurang atau bahkan hilang. Selain itu, dengan jumlah kandungan air dalam minyak rem yang sudah melebihi batasnya, maka akan membuat komponen pengereman lainnya cepat terkena korosi. ”Batas kandungan air pada minyak rem umumnya ada di dua persen. Takutnya kalau lebih dari dua tahun, kandungan air akan melebihi dua persen dan membuat kualitas minyak rem menurun dan mudah mengundang korosi pada komponen rem lainnya,” tambah Yusuf. Sehingga penting adanya untuk mengganti minyak rem secara berkala.

Foot tutup tabung minyak rem

Selain membaca buku manual, Anda bisa mengetahui spesifikasi minyak rem yang digunakan dari keterangan yang tertera di tutup tangki minyak rem

Saat mengganti minyak rem, pastikan Anda menggunakan minyak rem dengan spesifikasi yang tepat. Untuk mobil harian, umumnya menggunakan minyak rem dengan spesifikasi DOT-3 dan DOT-4. Bahkan untuk mobil tertentu, menggunakan DOT-5 yang biasanya digunakan untuk mobil berperforma tinggi. Untuk mengetahui spesifkasi minyak rem yang digunakan, Anda bisa melihatnya dalam buku manual atau angka yang tertera pada tutup tangki minyak rem pada ruang mesin. Harga minyak rem pun tak mahal kok, antara Rp 30 hingga 100 ribuan tergantun spesifikasi DOT-nya.

>>> Kumpulan tips & trik bermobil lainnya di Cintamobil.com

Share this post:

Berita lain

Rem Mobil Berdecit? 2 Komponen Ini Penyebabnya

Banyak pemilik mobil yang membiarkan saat rem mobil berdecit. Padahal jika dibiarkan rem bisa blong atau cakram rem melenting. Jika sudah seperti ini akan membahayakan Anda ketika berkendara dan perbaikannya bakal sangat mahal.

Lihat juga

Kenali Gejala Rem Tangan Rusak Jika Tarikannya Sudah Tak Nyaman Lagi

Sebenarnya ada tanda-tanda jika rem tangan rusak. Bahkan mengetahui ketidakberesan di rem tangan itu dapat Anda deteksi tanpa perlu membongkarnya, antara lain dengan merasakan tarikan tuas rem tangan yang sudah tak lagi nyaman.

Lihat juga

Wajib Tahu Untuk Keselamatan, 10 Penyebab Rem Blong Serta Solusinya

Hal yang paling dihindari dalam berkendara tentu saja adalah kecelakaan. Jika dilihat dari jenis penyebabnya, salah satu paling membahayakan ialah rem blong. Tak heran, banyak di sosial media mengabarkan bahwa kecelakaan sering kali terjadi karena masalah rem blong. Lantas, apa alasan di baliknya? Inilah dia penyebab rem blong serta solusinya.

Lihat juga

Jangan Panik! Inilah Tips Penting Berkendara Ketika Rem Mobil Anda Blong

16/04/2019

Pengemudian

Pernahkah Anda mengamati kasus ‘rem blong’ pada truk atau bus dari video atau sosial media terkini? Dari semua kasus yang ada, hal yang paling sering dilakukan pengendara ketika rem mobilnya blong adalah terus membunyikan klakson. Padahal, metode ini sejatinya tidak sepenuhnya benar dikarenakan pengendara lain bisa mengalami rasa panik berlebihan dan berakhir fatal. Lantas bagaimana cara yang benar? Inilah tips berkendara ketika rem mobil blong.

Lihat juga

Bukan Untuk Pengereman Keras, Porsche Jelaskan Manfaat Sebenarnya Rem Carbon Ceramics

Rem carbon ceramics sangat mahal. Karena itu, sebagian besar pengemudi menyebutkan bahwa rem jenis ini bisa digunakan dalam pengereman tingkat tinggi dan daya tahan yang lama. Namun ternyata anggapan tersebut salah.

Lihat juga
 
back to top