Kalau Mobil Anda ‘Terlalu Canggih’, Hati - Hati Saat Mencucinya

Kalau Mobil Anda ‘Terlalu Canggih’, Hati - Hati Saat Mencucinya
Mobil dengan fitur - fitur canggih membutuhkan perawatan yang hati - hati, khususnya cara mencucinya. Jadi apakah cuci dapat dicuci berbasis robot?

Di bidang otomotif semakin berkembang, mobil - mobil semakin dilengkapi fitur – fitur canggih, khususnya di segmen mobil agak mewah ke atas. Mobil dengan fitur - fitur canggih tersebut membutuhkan perawatan yang hati - hati, khususnya cara mencucinya. Jadi apakah cuci dapat dicuci berbasis robot? Kalau Anda mau dapat jawaban atas pertanyaan tersebut, silakan membaca ulasan di bawah ini.

hati - hati saat mencuci mobil canggih

Hati - hati kalau mencuci mobil canggih berbasis robot

Saat ini, di Indonesia mulai muncul banyak tempat cuci mobil yang menggunakan robot, sehingga mencuci mobil bisa lebih cepat kalau dibanding dengan tenaga manusia. Proses mencuci mobil berbasis robot sebagai berikut: sesudah mobil dimasukkan ke dalam “sangkarnya”, robot akan menyemprotkan air, lalu menyemprotkan sabun “pelangi”, sesudah itu mobil dibilas kembali dengan air, tidak sampai 10 menit, mobil sudah bersih kembali. Akan tetapi mobil canggih jangan dicuci berbasis robot. Khususnya, mobil memiliki fitur ‘sistem canggih berhenti sendiri’, sensor tersebut akan membaca obstacle yang merupakan alat cuci mobil dan menyebabkan mobil tersebut tidak mau maju.

>>> Klik di sini untuk membaca tips&trik perawatan mobil lainnya!

Jika sering menghampiri cuci mobil berbasis robot, mereka akan membiarkan salah satu roda mobil Anda masuk kedalam rel dan nantinya mobil akan ditarik dari rel tersebut. Proses mencuci mobil memang menyebabkan banyak alat akan bersentuhan dengan mobil Anda, dan pada bagian akhir untuk beberapa tipe robot, akan ada palang berisi angin untuk mengeringkan mobil Anda.

Cuci mobil adalah salah satu langkah perawatan mobil sangat penting

Mencuci mobil berbasis robot memang menyebabkan beberapa masalah bagi mobil Anda

>>> Baca juga: Tips Mencuci Mobil Hybrid

Apalagi, lantas mobil canggih akan menganggap lengan robot sebagai rintangan dan akan melakukan rem secara otomatis. Akibatnya mesin robot bisa rusak karena rel terhambat. Terlebih mobil dengan fitur auto rain sensing wiper bisa menjadi rusak karena banyak air berseliweran, wiper aktif dan alat tersebut menabrak wiper. Kerusakan lainnya apabila mobil Anda memiliki fitur start/stop engine dan hal ini berdampak rusaknya mobil akibat proses cuci otomatis yang dilakukan oleh robot.

Urutan kerja robot ini tetap menggunakan algoritme standar meskipun pada masing – masing lengan terdapat sensor untuk memberikan variasi seberapa dekat lengan dengan bodi mobil. Sebenarnya banyak mobil yang bisa me-non-aktifkan fitur – fitur canggih tersebut, tetapi hal yang disayangkan ialah petugas cuci atau pengemudi tidak mengetahui hal tersebut.

Akhirnya, Anda harus hati - hati sebelum memilih sesuatu tempat cuci mobil apa saja untuk mobil tercinta Anda, khususnya mobil yang terlalu canggih dan modern.

 
back to top