Kaca Mobil Dipecah? Begini Kaca Film Melindungi Mobil Anda

06/05/2020

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Kaca Mobil Dipecah? Begini Kaca Film Melindungi Mobil Anda
Keberadaan kaca film sangat penting, tak heran kaca film jadi standar paket penjualan mobil baru karena ketika kaca mobil pecah ia punya andil dalam melindungi

Baru-baru ini terjadi kejadian tidak mengenakkan yang dialami oleh dr.Tirta. dr.Tirta atau disebut juga Cipeng adalah dokter yang aktif di media sosial dalam mengurangi dampak sebaran virus Corona (Covid-19). Melalui akun instagramnya dr.Tirta mengungkapkan bahwa mobil BMW seri 5 berkode bodi E60 miliknya dipecahkan kacanya oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Terlihat meski kaca mobil belakang pecah, namun tampak kaca film pada mobil itu mampu menahan serpihan kaca.

Gambar menunjukkan kaca mobil BMW E60 dr.Tirta

Kaca mobil dokter Tirta dipecah maling

BEGINI CARA KACA FILM MELINDUNGI

Lapisan film di kaca mempunyai fungsi tambahan selain menolak panas, yakni melindungi kaca mobil Anda. Bahkan meski kaca berhasil dipecah maling, kaca film V-KOOL yang digunakan di mobil tersebut mampu mengikat kaca agar tidak berantakan. "Untuk kasus dr tirta, memang lapisan film fungsi utamanya adalah tolak panas. Bukan anti pecah," buka Sondhi Wasono, selaku Marketing dari PT V-KOOL Indo Lestari yang jadi penyedia lapisan film V-Kool di Indonesia.

Gambar menunjukkan logo V-KOOL

V-KOOL merupakan brand kenamaan di dunia lapisan film untuk kaca mobil

Pria yang bekerja di V-Kool Indonesia ini juga menambahkan bahwa fungsi safety dari lapisan film itu mengikat kaca, sehingga tidak berantakan ketika kecelakaan atau dipecah secara sengaja. "Juga karena gelap, jadi isi kabin juga tersamar," tambahnya. Sekadar informasi lapisan film itu tebalnya 1.5 sampai 2 mil, 1 mil itu 1/1000 inci. Yang dapat menjaga pecahan kaca tidak berhamburan keluar itu adalah karena lem dari film tersebut mengikat kaca. "Jadi saat pecah, (kaca) tetap menempel di film," tukasnya.

Gambar menunjukkan kaca mobil pecah

Saat pecah kaca tempered glass akan bekerja sama dengan baik dengan lapisan film di kaca

Lapisan film V-Kool yang terpasang di mobil dokter Tirta ini juga bekerja sama dengan jenis kaca mobil yang digunakan. Umumnya, jenis kaca mobil modern sudah menggunakan jenis Tempered Glass. "Jadi jenis kaca itu ada anil ada tempered, dari segi kekuatan lebih bagus kaca tempered. Karena ketika pecah, seperti butiran-butiran," tambah Sondhi Wasono lagi.

Foto tim Cintamobil.com sedang mengemudikan mobil Honda HR-V

Saat mengemudi ke luar kota seperti ini resiko kaca pecah selalu ada

Terakhir untuk kaca mobil Jepang dengan Eropa juga tidak berbeda ketebalannya. Kecuali mobil balap yang sudah pakai kaca dari bahan polycarbonate. Jadi jika mobil masih standar pemasangan lapisan film tebalnya masih sama yakni 1,5 sampai 2 mil. Maka dari itu keberadaan proteksi lapisan film sangat penting, tak heran kaca film menjadi standar dalam paket penjualan mobil baru. Sebab, seperti yang sudah dijelaskan di atas ketika kaca mobil pecah lapisan film memiliki andil dalam melindungi.

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Berita lain

Perhatikan, Ini Tanda Kaca Film Mobil Harus Diganti

27/04/2020

Perawatan dan service

5 menit

Mari kenali beberapa tanda kaca film mobil harus diganti. Karena jika dibiarkan, kaca film yang rusak akan mengganggu visibilitas Anda selama berkendara.

Lihat juga

Sebelum Ganti, Yuk Intip Harga Kaca Film Mobil Avanza Full

16/04/2020

Pengemudian

8 menit

Harga kaca film mobil Avanza full tentu saja amat bervariasi tergantung merek dan tipenya. Namun sebelum memutuskan untuk membeli, perhatikan beberapa tips berikut ini.

Lihat juga

Begini Tips Memilih Cairan Wiper agar Kaca Berkilau Bebas Jamur

28/03/2020

Perawatan dan service

4 menit

Untuk menjaga kondisi kaca mobil, perangkat pembersih kaca harus benar-benar Anda perhatikan. Tidak cuma karet wiper saja, memilih cairan wiper juga harus Anda perhatikan untuk kebersihan kaca mobil.

Lihat juga

Biar Awet, Begini Cara Membersihkan Kaca Film Mobil

05/02/2020

Perawatan dan service

4 menit

Setelah memasang kaca film mobil, langkah selanjutnya adalah membersihkan secara berkala agar kondisinya tetap prima. Bagaimana langkah-langkahnya, simak artikel di bawah ini.

Lihat juga

5 Bahan Ini Terbukti Ampuh Menghilangkan Jamur dan Baret di Kaca Mobil

28/01/2020

Perawatan dan service

5 menit

Jika ada jamur dan baret di kaca mobil ternyata untuk menghilangkannya tidak sulit kok. Setidaknya ada lima bahan yang bisa dipakai untuk mengatasi masalah ini.

Lihat juga
 
back to top