Kaca Mobil Berjamur? Ketahui 3 Sebabnya

16/07/2021

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Kaca mobil berjamur membuat visibilitas pengendara jadi berkurang dan berbahaya untuk keselamatan. Untuk itu ketahui 3 penyebabnya agar bisa dihindari.

Jamur yang muncul pada kaca mobil tentunya menyebalkan dan membuat visibilitas di jalan bisa terganggu. Padahal visibilitas yang baik turut berperan dalam keamanan dan keselamatan di jalan. Kaca mobil berjamur bisa timbul karena beberapa faktor. 

Nah supaya kaca mobil Anda tak berjamur, ada baiknya untuk mengetahui penyebabnya sehingga bisa dihindari. Apa saja? Simak penjelasannya berikut seperti dikutip dari laman Wuling Indonesia, Jumat (16/7/2021). 

>>> Waspada! Berkendara Dengan Kaca Depan Retak Bisa Menyebabkan Cedera

1. Cuci Mobil

orang sedang membersihkan kaca mobil dengan sabun pembersih

Mencuci mobil boleh dibilang gampang-gampang susah. Supaya bisa bersih dengan sempurna dan tidak meninggalkan noda yang berpotensi menimbulkan jamur maka Anda harus memastikan proses pengeringan dilakukan dengan benar. 

Artinya, saat mobil selesai dicuci harus dilap dengan benar hingga betul-betul kering. Dengan begitu, tak ada air yang tersisa dan membuat jamur tumbuh. Selain mengeringkan mobil dengan benar, hindari untuk mencuci mobil di bawah terik matahari. 

Mencuci mobil di bawah terik matahari dapat membuat air ataupun cairan sabun di mobil cepat kering dan meninggalkan bekas. Ujung-ujungnya mobil malah jadi jamuran. 

2. Hujan

Sisa air hujan yang menempel pada kaca mobil bisa menimbulkan jamur lho! Bila tak segera dibersihkan, air hujan akan mengering dan menimbulkan bercak seiring dengan paparan sinar matahari langsung. Selain menimbulkan jamur, kandungan asam yang terdapat pada air hujan juga lama kelamaan bisa membuat keropos cat. 

Oleh karena itu, sempatkan diri untuk mengelap bekas air hujan yang menempel pada mobil untuk menghindari munculnya jamur ataupun korosi pada cat. 

kaca mobil berembun

Segera bersihkan kaca mobil usai terkena hujan

>>> Tips Membersihkan Kaca Film Mobil

3. Kualitas Air

Kandungan air di tiap tempat memang berbeda. Kalau air mengandung besi, garam, ataupun asam bukan tak mungkin membuat kaca mobil berjamur. Untuk menghindarinya, sebisa mungkin untuk mengelap kaca mobil sampai kering sepenuhnya. 

Namun demikian, apabila kaca mobil sudah kadung berjamur Anda masih bisa kok membersihkannya. Peralatan yang digunakan pun cenderung mudah. Mulai dari air soda, dan juga pasta gigi. Pertama Anda bisa menggunakan lap dengan air soda kemudian digosok-gosok ke kaca yang berjamur. Penggunaan air soda dipercaya dapat membuat jamur memudar. 

pasta gigi bisa membersihkan kaca mobil

Bisa memanfaatkan pasta gigi untuk membersihkan jamur pada kaca mobil

Bila Anda tak memiliki air soda, maka bisa memanfaatkan pasta gigi. Oleskan pasta gigi ke bagian kaca mobil yang berjamur. Tunggu selama 1 menit kemudian bersihkan dengan air bersih dan lap dengan kain basah, kemudian lap menggunakan kain kering yang bersih.

>>> Awas! Pakai Wiper Kurang Tepat Bisa Bikin Kaca Mobil Baret

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top