Kaca Mobil Berembun Saat Hujan, Hilangkan Dengan 4 Cara Ini

29/01/2019

Perawatan dan service

4 menit

Kaca Mobil Berembun Saat Hujan, Hilangkan Dengan 4 Cara Ini
Salah satu faktor keselamatan berkendara adalah adanya area pandang atau visibilitas yang baik. Kaca mobil berembun di saat hujan bisa menjadi masalah sebab bisa membuat visibilitas pengemudi terganggu. Tapi jangan khawatir, hal ini bisa ditangani dengan mudah asal Anda tahu caranya.

Mengemudi saat hujan membutuhkan konsentrasi lebih tinggi dibanding saat cuaca cerah. Selain kondisi jalanan yang licin dan kadang tergenang air, curahan air hujan juga jadi masalah yang harus diperhatikan. Dalam kondisi air hujan cukup deras dan suhu di luar kendaraan lebih dingin membuat kaca mobil berembun. Ini cukup berbahaya sebab membuat jarak pandang pengemudi terganggu dan bisa memicu terjadinya kecelakaan.

Mengatasi kaca mobil berembun sebenarnya cukup mudah asal Anda tahu caranya, apalagi untuk mobil-mobil modern rata-rata sudah dilengkapi dengan fitur penghilang embun. Untuk mobil lama pun menghilangkan embun di kaca mobil juga cukup mudah.

1. Nyalakan AC

Menyalakan AC selain membuat suhu dalam kabin terasa dingin ternyata memiliki fungsi lain yang tak kalah penting, yaitu menghilangkan embun. Caranya tinggal nyalakan AC lalu atur suhu diangka 1 atau 2. Itu sudah cukup membuat kabut menghilang dari kaca. Tidak perlu terlalu besar pengaturan suhunya biar tidak kedinginan.

Foto panel pengatur AC mobil

Nyalakan AC dengan suhu yang sesuai bisa mencegah kaca mobil berembun

2. Aktifkan fitur Defogger

Ini yang dimaksud dengan fitur penghilang embun, namanya Defogger. Mobil-mobil modern biasanya sudah dilengkapi dengan fitur ini dengan ciri-ciri garis-garis kawat tipis di kaca belakang secara horizontal maupun vertikal. Kawat tipis ini berfungsi sebagai penghantar panas. Cukup dengan menekan tombol bergambar tiga panah melengkung di dashboard, Defogger langsung aktif.

>>> Musim Penghujan, Saatnya Mengoptimalkan Fitur Defogger

Fitur anti kabut Defogger

Mobil-mobil modern dilengkapi dengan fitur Defogger

3. Oles kaca dengan shampo rambut

Ini cara paling murah dan mudah. Kalau mobil tak memiliki fitur Defogger dan tak ada pengatur suhu AC, cukup gunakan shampo. Caranya tinggal dioleskan ke kaca bagian dalam tanpa air. Ratakan dengan tangan atau kain lembab sintetis (chamois) secara searah. Ini cukup membantu menghilangkan embun dan mencegah terbentuknya embun sebab kelembaban kaca terjaga dengan zat yang ada dalam shampo. Nanti kalau hujan sudah reda tinggal bersihkan dengan lap halus hingga bersih.

Foto seorang gadis membersihkan kaca mobil

Bisa juga menghilangkan embun di kaca mobil dengan shampoo rambut

4. Cairan Anti Fog atau anti kabut

Sedikit modal tapi hasil maksimal, belilah cairan Anti Fog atau anti kabut untuk mengatasi kaca mobil berembun. Semprotkan ke kaca bagian dalam dan diamkan beberapa saat. Setelah itu lap dengan kain lembut dan kering. Dijamin kaca mobil kembali cerah dan bening. Anda bisa mendapatkan cairan Anti Fog di toko perlengkapan mobil, supermarket atau membelinya lewat toko online.

>>> Mengemudi Saat Hujan, Ingat 3 Hal Ini Jika Ingin Selamat!

>>> Tips terlengkap seputar mobil bisa ditemukan di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top