Kaca Mobil Anda Baret? Tenang, Perawatannya Tidak Mahal Kok

14/10/2019

Perawatan dan service

4 menit

Kaca Mobil Anda Baret? Tenang, Perawatannya Tidak Mahal Kok
Kaca mobil Anda baret memang sangat menggangu secara fungsi dan estetika. Namun tak perlu khawatir, Anda dapat menghilangkan baret tersebut dengan mudah dan tanpa biaya mahal.

Kaca mobil merupakan salah satu bagian penting yang kondisinya tidak boleh diabaikan, terlebih kalau ada baret yang dapat mengganggu visibilitas pengemudi saat berkendara. Salah satu hal yang dapat memicu kaca mobil baret adalah penggunaan wiper.

Gambar menunjukkan sebuah Kaca mobil yang baret

Kaca mobil yang baret juga sangat menggangu visibilitas pengendara

Terkadang saat menyalakan wiper untuk membersihkan kaca depan, kita lupa untuk membasahi kaca dengan washer sehingga debu atau kotoran yang menempel memicu baret atau goresan pada kaca. Apalagi kalau karet wiper sudah mengeras, yang membuat fungsinya sudah tidak lagi maksimal.

Jika kaca mobil sudah kepalang baret, cara paling mudah adalah membawanya ke pakar glass detailing, namun jelas biaya yang akan Anda keluarkan tidaklah sedikit. Jika dana terbatas, kita bisa menggunakan dua metode ini untuk menghilangkan kaca mobil baret, apa saja? Simak caranya di bawah ini.

>>> Agar Visibilitas Tidak Terganggu, Inilah Tips Menjaga Kondisi Kaca Dari Baret

Memakai Kompon Mobil

Gambar menunjukkan seorang yang sedang Mengelap kaca mobil

Kompon hanya bisa digunakan untuk baret halus saja

Anda bisa menggunakan kompon yang biasa digunakan untuk waxing mobil, namun itu hanya berlaku untuk baret halus saja. Cara penggunaanya sama seperti mengaplikasikan kompon pada body mobil, yakni oleskan pada bagian kaca mobil yang baret, kemudian gosok secara perlahan dengan kain yang lembut.

Namun satu hal yang perlu Anda ingat, penggunaan kompon sebagai penghilang baret kaca ada negatifnya juga. Karena bersifat oil based, maka kompon dapat membuat kaca mobil jadi buram saat terkena air hujan. Memang itu hanya berlangsung pada beberapa hari awal, dan setelahnya kaca mobil akan kembali bersih dan bening seperti semula.

>>> Setelah ganti kaca film mobil, jangan lakukan hal ini

Menggunakan Cerium Oxide

Gambar menunjukkan Pembersih kaca Cerium Oxide

Cerium Oxide dapat digunakan untuk menghilangkan baret kaca mobil

Selain berfungsi sebagai bubuk poles kaca, ternyata Cerium Oxide juga dapat digunakan untuk menghilangkan baret pada kaca mobil. Tapi, bagaimana caranya?

Pertama-tama, bersihkan kaca mobil baret dari debu dan kotoran lain, lalu amplas kaca sampai lapisannya jadi rata. Namun, pastikan kaca mobil dalam kondisi basah untuk meminimalisir gesekan saat proses pengamplasa kaca, setelah itu bersihkan kaca dan tunggu sampai kaca mengering.

Selanjutnya, balurkan kaca dengan campuran Cerium Oxide yang telah diberikan air sehingga tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer. Bagian pinggiran kaca sebaiknya dikasih alas koran terlebih dahulu supaya tidak terkena campuran ini.

>>> Lihat mobil dijual dengan harga dan kondisi terbaik di sini

Gambar menunjukkan seorang yang sedang memakai pengering rambut untuk Poles kaca mobil

Selain manual dengan tangan, Anda juga bisa menggunakan mesin poles untuk menghilangkan baret kaca

Setelah itu, poles kaca mobil baret menggunakan campuran ini dengan alat pemoles atau kain yang lembut. Beri sedikit tekanan saat menggosok supaya cairan Cerium Oxide dapat masuk ke dalam kaca dan mengikis baret atau goresan, lalu bersihkan sisa cairan poles dengan kain lembut yang bersih. 

Dengan dua cara mudah ini, baret kaca mobil Anda dapat hilang dan membuatnya kinclong seperti baru. Untuk tips & trik lainnya, Anda bisa temukan pada link di bawah ini.

>>> Klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang berguna lainnya di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top