Jika Kisi-kisi AC Mobil Keluar Asap Putih, 3 Hal Ini Penyebabnya

Share this post:
Jika Kisi-kisi AC Mobil Keluar Asap Putih, 3 Hal Ini Penyebabnya
Jika melihat kondisi kisi-kisi AC mobil keluar asap putih, maka sebaiknya perlu waspada. Karena bisa jadi tiga hal ini menjadi penyebabnya.

Sebagian pemilik mobil mungkin pernah mengalami kisi-kisi AC yang keluar asap tipis berwarna putih. Banyak mitos yang beredar jika asap tersebut merupakan pertanda ada api yang sedang menyala di ruang mesin sehingga sangat berbahaya jika perjalanan dilanjutkan.

>>> Ini Beberapa Masalah Evaporator AC Mobil yang Membuat Kabin Panas

Anggapan itu tidak sepenuhnya salah, namun juga bukan berarti benar. Ada beberapa hal yang ternyata bisa menyebabkan kisi-kisi AC mobil keluar asap putih.

1. Evaporator Kotor

evaporator AC mobil kotor

Evaporator yang kotor akan menyumbat saluran udara dingin dan membentuk gumpalan es

>>> Promo mobil baru menarik ada disini

Penyebab paling sering sehingga timbul asap putih dari kisi-kisi AC mobil adalah evaporator yang kotor. Jika komponen ini tersumbat kotoran, maka akan membentuk gumpalan es pada saluran keluar udara dingin. Akibatnya jika gumpalan es ini dihembuskan oleh angin blower, maka yang keluar dari kisi-kisi AC mobil adalah asap putih.

2. Pulley Macet

tali kipas AC mobil

Kalau tali kipas dan pulley bergesekan terus menerus akan menimbulkan asap

Pulley merupakan bantalan tali kipas pada sistem AC mobil. Pada pulley terdapat bearing untuk membantu perputaran tali kipas lebih lancar. Jika bagian bearing ini macet, maka tali kipas dan pulley akan bergesekan terus menerus. Kondisi inilah yang menimbulkan asap putih lalu keluar melalui kisi-kisi AC mobil.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas paling lengkap ada disini

3. Freon Bocor

kisi-kisi AC mobil

Waspada bahayanya jika freon bocor

Inilah kondisi paling berbahaya jika kisi-kisi AC mobil keluar asap putih. Sebagai komponen untuk membantu proses pendinginan di sistem AC mobil, freon sangat berbahaya jika sampai terhirup manusia. Untuk itulah penting melakukan perawatan berkala guna mencegah freon bocor.

>>> Tips dan trik lainnya ada disini

Prasetyo Adhi
Share this post:

Berita lain

Agar Interior Lebih Segar, Yuk Bersihkan Kisi-Kisi AC

Kisi-kisi AC kerap disentuh oleh pengemudi dan penumpang mobil, namun kerap terlupakan kondisi kebersihannya. Padahal, tempatnya sangat ideal untuk kotoran dan kuman. Untuk kenyamanan Anda, sebaiknya bersihkan kisi-kisi AC secara berkala

Lihat juga

7 Kebiasaan Buruk Yang Merusakan AC Mobil

04/05/2017

Pengemudian

Mematikan mesin mobil sebelum mematikan AC, merokok di dalam mobil, meninggalkan kotoran di kabin mobil, tidak rutin dalam perawatan AC mobil, buka jendela saat AC mobil bekerja, tidak memperhatikan gejala-gejala yang aneh adalah beberapa kebiasaan yang buruk bikin AC mobil cepat rusak.

Lihat juga

Cara menggunakan AC untuk Menghemat Bahan Bakar

Menurut teman, manakah yang akan menghemat bahan bakar? Menggunakan AC atau membuka jendela? Banyak perdebatan yang terjadi dengan menggunakan AC mobil dan membuka jendela untuk mengurangi pemakaian bahan bakar. Salah satunya dilakukan oleh Shell FuelSave Fact or Fiction Report, sebuah penelitian tentang kebiasaan-kebiasaan yang bisa dilakukan untuk menghemat pemakaian bahan bakar.

Lihat juga

Review Wuling Almaz Smart Enjoy Manual 2019: Cukup Lengkap Walau Jadi yang Termurah

25/07/2019

Editor rate:

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar varian termurah? Sebagian besar mungkin memikirkan mobil dengan fitur yang tidak terlalu banyak dan teknologi yang tak seberapa. Tapi berbeda dengan Wuling Almaz Smart Enjoy Manual 2019, Anda sudah mendapatkan berbagai fitur keselamatan aktif terbaru dan fitur voice command berbahasa Indonesia pertama di dunia

Lihat juga

Harga DFSK Glory 560 Terbaru Juli 2020 Di Indonesia

01/07/2020

DFSK

Bersama Glory 580, tampilan yang maskulin, performa tinggi, serta harga DFSK Glory 560 yang menawan menjadi salah satu pilihan kendaraan Anda bersama keluarga.

Lihat juga