Jika Gejala Ini Muncul, Baiknya Segera Kuras Radiator Mobil Anda

03/03/2020

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Jika Gejala Ini Muncul, Baiknya Segera Kuras Radiator Mobil Anda
Termasuk komponen mobil yang cukup krusial, kuras radiator mobil serta penggantian air coolant tidak boleh disepelekan. Namun bagi Anda yang masih awam, gejala apa saja yang menandakan waktunya ganti air radiator?

Radiator memegang peranan penting dalam menjaga suhu mesin mobil agar tetap berada dalam kondisi ideal dan tidak terlalu panas (overheat), dan Anda harus merawatnya secara berkala agar kondisinya selalu prima.

Salah satu langkah perawatannya adalah kuras radiator mobil, yakni dengan mengganti seluruh air coolant dengan yang baru. Namun, adakah gejala atau indikasi yang mengharuskan air radiator diganti? Untuk menjawabnya, simak penjelasan di bawah ini.

1. Sudah melewati jarak tempuh

Buku manual kendaraan bagian servis berkala

Anda bisa menemukan kapan harus mengganti air radiator di buku manual kendaraan

Hal pertama yang bisa jadi indikasi kapan harus kuras radiator mobil adalah melihat jarak tempuh yang direkomendasikan pabrikan, Anda bisa melihatnya di buku manual pemilik kendaraan pada perawatan berkala.

>>> Temukan berbagai pilihan mobil baru dan bekas berkualitas di sini

Sebagai contoh, mobil seperti Toyota Avanza untuk penggantian pertama air radiator coolant dengan baru dilakukan setelah menempuh jarak 160.000 km. Sedangkan untuk penggantian selanjutnya dilakukan di kelipatan 80.000 km.

2. Air coolant sudah pudar

Kondisi air coolant yang sudah keruh

Jika air coolant sudah keruh, sebaiknya segera diganti

Warna mencolok pada air coolant radiator bukannya tanpa alasan, selain mengandung zat yang dapat memaksimalkan kinerja coolant, warna ini juga bisa jadi indikasi kapan harus kuras radiator mobil. Jika warna coolant sudah memudar, keruh, atau terlihat coklat kotor, sebaiknya air radiator segera diganti baru meski jarak tempuh yang direkomendasi pabrik belum terlampaui.

>>> Empat hal ini jadi penyebab radiator bocor, apa saja?

3. Air radiator sering kurang

Selain warna coolant pudar, ciri-ciri air radiator harus diganti adalah saat cairan coolant sering berkurang. Air radiator yang berkurang tentu membutuhkan tambahan air radiator secara rutin.

Masalahnya, untuk hal ini kita sering menambahkan air mineral biasa sebagai pengganti dari coolant. Jelas, pencampuran ini membuat cairan radiator tak lagi dalam kondisi bagus sehingga harus diganti secara keseluruhan.

>>> Tips perawatan mobil lain yang tak kalah menariknya bisa Anda temukan di sini

4. Muncul gejala overheat

Ilustrasi mesin overheat

Jika mesin sudah menunjukan gejala overheat ringan, Anda bisa langsung mengganti air radiator

Hal terakhir yang bisa jadi acuan kapan harus kuras radiator mobil adalah ketika muncul gejala overheat di mesin, atau mesin sudah mengalami overheat ringan. Hal dapat diatasi jika Anda tanggap dan segera menepi untuk memeriksa kondisi radiator, biasanya kalau sudah begini air radiator harus diganti.

Mesin overheat umumnya terjadi karena radiator sudah tak lagi mampu menyerap panas mesin, salah satu solusinya adalah dengan mengganti radiator coolant baru. Namun, tak ada salahnya untuk memeriksa radiator secara keseluruhan agar setelah coolant diganti masalah overheat sudah hilang.

Dengan mengacu pada keempat hal di atas, Anda bisa lebih mudah dalam menentukan kapan radiator harus dikuras. Agar kondisinya tetap prima, usahakan tetap memakai air coolant khusus untuk radiator, jangan air bekas AC apalagi air mineral biasa. Untuk tips & trik dan berita otomotif yang tak kalah menariknya bisa Anda simak di Cintamobil.com.

>>> Tips & trik Cintamobil.com

Share this post:
Derry Munikartono Ahnas Putra
Penulis
Derry Munikartono Ahnas Putra
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Ingin Pasang Tutup Radiator Aftermarket? Kenali Dulu Arti Kodenya

22/01/2020

Perawatan dan service

4 menit

Jika ingin menggunakan tutup radiator aftermarket, sesuaikan dengan spesifikasi bawaan mobil agar sirkulasi radiator tak terganggu dan tak beresiko overheat

Lihat juga

Kipas Radiator Mobil Rusak? Cek 5 Bagian Ini

10/12/2019

Perawatan dan service

5 menit

Kipas radiator mobil rusak tentunya akan berpengaruh pada suhu mesin yang menjadi terlampau panas. Yuk simak bagian-bagian apa saja yang harus dicek jika komponen ini tidak mampu berputar semestinya.

Lihat juga

Tips Memasang Selang Radiator Aftermarket, Jangan Hanya Terpikat Dari Tampilan Saja

03/11/2019

Perawatan dan service

4 menit

Selang radiator memiliki fungsi vital dalam proses pendinginan mesin. Opsi memasang selang radiator aftermarket bisa jadi pilihan untuk material dan tampilan yang lebih optimal, meski harus lebih teliti soal kualitasnya

Lihat juga

Empat Hal Ini Jadi Penyebab Radiator Bocor, Apa Saja?

31/12/2019

Perawatan dan service

4 menit

Salah satu pemicu overheat adalah sistem pendinginan mesin bermasalah, yang ditandai dengan radiator bocor. Apa saja hal yang jadi penyebab radiator bocor?

Lihat juga