Jenis Suspensi Mobil di Indonesia, Apa Saja Bedanya?

12/10/2019

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Jenis Suspensi Mobil di Indonesia, Apa Saja Bedanya?
Meredam getaran dan guncangan saat mobil melewati jalan yang tidak rata, suspensi mempengaruhi kenyamanan, keamanan, dan pengendalian mobil dalam berkendara.

Menjadi penghubung antara roda dan sasis mobil, suspensi mobil bertugas meredam getaran dan dan guncangan. Alhasil, komponen ini mempengaruhi kenyamanan, keamanan, dan pengendalian mobil saat dikendarai.

>>> Jika bunyi-bunyian ini muncul, kemungkinan besar suspensi mobil Anda bermasalah

Karena itu, suspensi mobil memiliki berbagai jenis tipe dan desain yang sesuai dengan fungsi dan jenis mobil. Tiap suspensi pasti memiliki perbedaan baik secara karakteristik, dan punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Untuk mengetahui lebih dalam jenis suspensi mobil dengan karakteristik berserta kelebihan-kelemahannya, simak penjelasannya di bawah ini:

MacPherson Strut

Struktur suspensi MacPherson

MacPherson memiliki kontruksi paling sederhana dibandingkan model lainnya

Nama suspensi ini diambil dari penemunya, yaitu Earle MacPherson. Suspensi MacPherson memiliki posisi tegak lurus dan ditopang oleh sebuah peredam kejut (shockbreaker), yang sekaligus jadi titik pusat sudut caster pada mobil.

Karena konsep yang simpel, harga yang terjangkau, dan mudah ditemukan di pasaran. Suspensi MacPherson menjadi salah satu jenis yang sering dipakai pada mobil-mobil di Indonesia, misalnya mobil tipe LMPV dan sedan.

Namun, kontruksi suspensi MacPherson memiliki karakteristik berbelok tanpa mengubah sudut kemiringan ban. Alhasil, daya cengkram yang didapat ban tidak optimal dan mempengaruhi performa handling. Selain itu, getaran mobil juga akan lebih terasa saat mobil dipacu dalam kecepatan tinggi.

Double Wishbone

Detail suspensi Double Wishbone

Double wishbone memiliki dua buah arm yang menopang suspensi

Karakteristik yang cukup menonjol dari dari suspensi double wishbone yakni adanya dua buah arm (lengan) yang menopang suspensi, yakni lower dan upper arm, alhasil konsep ini membuat pengendalian mobil jadi semakin optimal.

>>> Sedang cari mobil? Kami punya banyak pilihan untuk Anda

Desain suspensi double wishbone yang terlihat kokoh membuat sudut gemoetri roda akan tetap konstan saat membelok, karakteristik ini sangat ideal dan banyak digunakan kendaraan-kendaraan bertipe MPV dan SUV.

Namun, dengan kontruksi yang lumayan rumit, perawatan suspensi double wishbone tidaklah mudah. Baik itu saat mengganti salah satu komponen suspensi seperti shockbreaker, atau perawatan rutin seperti spooring.

Multi-Link

Suspensi multi-link yang digunakan Maybach

Suspensi multi link adalah konsep yang paling canggih dan kompleks saat ini

Suspensi multi-link merupakan pengembangan lebih jauh dari sistem suspensi double wishbone. Alhasil, suspensi multi-link punya konstruksi yang jauh lebih rumit karena memiliki tiga lengan (arm) atau lebih.

Oleh karena itu, suspensi multi-link memiliki sambungan konstruksi dari beragam lokasi dan sudut. Yang dimaksudkan untuk memanipulasi arah gaya yang akan diterima roda, baik dari depan, samping, belakang, dan sebagainya.

>>> Tips perawatan mobil dapat Anda temukan di sini

Karena kontruksi yang rumit, suspensi multi-link diklaim memiliki daya cengkram lebih baik dari kedua suspensi di atas, termasuk saat melewati jalan berlubang sekalipun. Alhasil, pengendalian mobil juga jauh lebih baik.

Karena kontruksi yang lebih rumit, tentu perawatan suspensi multi-link juga lebih rumit. Belum lagi harga komponennya yang sangat mahal, maka model suspensi ini lebih sering digunakan mobil-mobil kelas menengah keatas, atau mobil Eropa.

Air Suspension

Air suspension kit

Kepraktisan mengatur ketinggian jadi alasan mengapa Air Suspension banyak disukai

Terakhir adalah air suspension (suspensi udara), yang sekarang sedang menjadi tren di kalangan modifikator mobil. Kontruksinya terdiri dari kompresor, tabung udara, berbagai macam selang yang saling berhubungan satu sama lain.

Air suspension memiliki kepraktisan untuk mengatur ground clearance mobil karena Anda tidak perlu repot membongkar kaki-kaki. Bahkan, sudah ada air suspension yang telah terintegrasi dengan aplikasi telepon genggam Anda, baik iOS ataupun Android.

Bila ingin mengganti suspensi mobil menjadi air suspension, pemilik mobil harus siap merogoh kocek agak dalam. Karena untuk pemasangan di dua titik memasang biaya sekitar Rp 30 jutaan, dan itu baru pemasangannya saja.

Setelah itu, jika salah satu balon suspensi pecah, maka bagian yang pecah akan terus berada di posisi terendah. Mau tidak mau, Anda harus segera memperbaikinya agar ketinggian mobil tidak terlalu timpang dan dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

>>> Tips & trik otomotif terbaru bisa Anda lihat di sini

Share this post:
Derry Munikartono Ahnas Putra
Penulis
Derry Munikartono Ahnas Putra
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Suspensi Belakang Calya-Sigra Sudah Tak Amblas, Tapi Ini Konsekuensinya

18/09/2019

Mobil baru

3 menit

Keluhan umum pemilik Calya-Sigra karena suspensi belakang amblas saat mobil muatan penuh sudah tidak ada lagi. Namun, ada konsekuensi lain yang harus ditanggung pengendara meski tak terlalu signifikan.

Lihat juga

Bunyi-bunyi Aneh Ini Pertanda Ada Kerusakan Suspensi Mobil

16/08/2019

Perawatan dan service

5 menit

Memiliki tugas berat, suspensi mobil juga punya usia pakai. Menariknya, ketika terjadi kerusakan suspensi mobil maka muncul bunyi-bunyian aneh.

Lihat juga

Merawat Suspensi Udara Biar Bisa Ceper Tapi Nyaman

13/08/2019

Perawatan dan service

5 menit

Ketika merawat suspensi udara, sebaiknya perhatikan setiap part dan susunan dari sistem suspensi tersebut. Hal ini untuk tetap membuat suspensi bekerja dengan optimal.

Lihat juga

Empat Bunyi Khas Tanda Kerusakan Pada Suspensi mobil Anda

10/07/2019

Perawatan dan service

5 menit

Umumnya setiap komponen mobil akan menimbulkan gejala khusus ketika kondisinya sudah aus atau telah mengalami kerusakan, tak terkecuali komponen suspensi. Jika Anda cukup peka, kerusakan pada komponen suspensi mobil akan menimbulkan bunyi khas, sehingga lebih mudah dikenali dan segera lakukan perbaikan

Lihat juga

Cara Mudah Periksa Kondisi Suspensi

Fungsi Shockbreaker mobil adalah menahan guncangan/ kejutan/ hentakan saat mobil melewati jalan yang tidak rata misalnya jalan berbatu, jalan berlubang, gundukan jalan dan lain-lain. Sedangkan karet- karet memegang peran membantu kompen - komponen beroperasi dengan tetap. Jadi pemilik mobil harus sering memeriksa kondisi keduanya untuk menjaga keamanan selama pemakaian mobil sendiri.

Lihat juga