Jangan Terkecoh, Ini Ciri-Ciri Oli Mobil Berkualitas

01/03/2020

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Jangan Terkecoh, Ini Ciri-Ciri Oli Mobil Berkualitas
Karena perannya yang sangat krusial, Anda tidak bisa asal dalam memilih oli karena dapat mempengaruhi performa dan kondisi mesin. Apa saja ciri-ciri oli mobil berkualitas?

Meski kualitas oli di pasaran kini sudah semakin baik dan merata, terlebih dengan hadirnya standar SNI untuk oli yang dijual di Indonesia, serta hadirnya oli rekomendasi pabrikan seperti TMO (Toyota Motor Oil), Suzuki Genuine Oil (SGO), atau Mitsubishi Motors Genuine Oil (MMGO), bukan berarti Anda bisa mengabaikan pemilihan oli mesin.

Tentu saja, pilihan terbaik untuk mengganti oli mesin adalah oli rekomendasi pabrikan yang tentu sudah teruji kualitasnya. Namun jika Anda ingin mencari alternatif lain, Anda memiliki banyak opsi dengan mengikuti standar SAE (kekentalan oli) dan API service (grade oli) yang telah ditentukan pabrikan.

Produk oli Toyota Motor Oil untuk mobil Toyota

Opsi paling aman saat memilih oli mesin adalah dengan memakai rekomendasi pabrikan

Tapi, saat memilih oli tersebut bisa saja Anda menemukan oli dengan kualitas rendah yang dapat mempengaruhi performa dan kondisi mesin mobil Anda. Agar terhindar dari hal tersebut, simak ciri-ciri oli mobil berkualitas di bawah ini.

1. Warna oli jernih

Menuang oli mobil ke dalam mesin

Meski warnanya beragam, oli mobil berkualitas tentu tidak akan berwarna pekat ataupun keruh

Ciri-ciri pertama untuk tahu oli mobil berkualitas pertama adalah warnanya yang jernih. Secara umum oli mesin berwarna coklat, namun ada juga warna-warna lain yang banyak dipakai seperti merah, kuning, atau bahkan hijau.

Meski warnanya beragam, namun oli mesin dengan kualitas tinggi pasti memiliki warna jernih, tidak pekat ataupun keruh. Namun untuk cari aman, kami sarankan pakai oli yang disarankan langsung oleh pabrikan karena kualitasnya pasti terjaga.

>>> Gimana cara untuk memilih oli mobil yang benar? Klik sini untuk tahu caranya ya

2. Aroma oli tidak menyengat

Selain warna oli yang jernih, indikasi oli mobil berkualitas berikutnya adalah aroma oli tidak menyengat. Biasanya, oli dibuat dengan bau khas sehingga kita bisa membedakan sekalipun oli sudah digunakan.

Sebagai catatan, oli yang tidak menyengat menandakan oli tersebut dibuat dengan proses natural. Sementara itu, aroma oli yang menyengat mengindikasikan bahwa oli memakai pewangi yang bisa saja tak cocok dengan karakteristik mobil.

>>> Oli Baru Shell Helix Astra Buat Mobil Modern dan LCGC

3. Terasa licin saat diraba

Ciri-ciri oli mobil berkualitas berikutnya adalah terasa licin saat diraba. Seperti kita ketahui, oli mesin berfungsi untuk melumasi komponen mesin dan meminimalisir gesekan antar komponen ketika mesin bekerja. Oleh karena itu, salah satu karakteristik dasar yang harus dimiliki sebuah oli adalah terasa licin dan tak bisa larut dengan air.

Untuk memeriksanya, Anda bisa menggunakan jari agar memastikan apakah oli mesin yang Anda pakai terasa licin atau tidak. Jika terasa agak kesat, maka oli tersebut tidak bisa melumasi mesin secara optimal.

>>> Efek Pakai Oli Palsu, Untung Puluhan Ribu Rugi Puluhan Juta

4. Tidak meninggalkan kotoran di bagian dalam kemasan

Hal lain yang menandakan oli mobil berkualitas bisa dilihat dari kemasan setelah oli dituang habis. Perhatikan bagian dasar kemasan, apakah ada endapan atau tidak? Biasanya, oli dengan kualitas prima tidak meninggalkan apapun di dasar kemasan setelah dituang ke dalam mesin.

5. Oli berubah warna hitam setelah dipakai

Oli mesin setelah dipakai berwarna hitam pekat

Warna pekat menandakan kotoran dalam komponen mesin terangkat oleh oli

Ciri-ciri oli mobil berkualitas yang terakhir bisa dilihat setelah oli digunakan beberapa waktu dan akan diganti. Jika oli yang dipakai bagus, warna oli yang tadinya jernih saat masuk akan berubah jadi hitam pekat.

Hal ini menandakan oli bekerja dengan baik untuk membilas dan membawa sisa-sisa kotoran hasil pembakaran mesin. Jika oli tidak hitam pekat atau sekadar keruh, berarti kotoran sisa pembakaran masih tertinggal di dalam mesin yang dapat menyebabkan kerusakan mesin.

Dengan mengacu pada lima hal di atas, Anda akan terhindar dari oli berkualitas buruk yang dapat mempengaruhi performa mesin mobil Anda. Namun amannya, pilihlah oli mobil yang sudah direkomendasikan oleh pabrikan, dan lakukan penggantian oli secara rutin. Jangan lupa merawat mobil Anda secara rutin biar gak luangkan banyak uang untuk perbaiki nantinya ya sobat-sobat. 

>>> Tips & trik yang berguna di Cintamobil.com

Share this post:
Derry Munikartono Ahnas Putra
Penulis
Derry Munikartono Ahnas Putra
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Efek Pakai Oli Palsu, Untung Puluhan Ribu Rugi Puluhan Juta

29/02/2020

Perawatan dan service

5 menit

Harga oli palsu yang cenderung lebih murah dari oli asli bisa membuat siapa saja tergiur. Padahal ada efek pakai oli palsu yang dapat membuat pengeluaran Anda untuk perbaikan mesin mobil berkali-kali lipat lebih mahal dari harga oli itu sendiri.

Lihat juga

Bukan Jadi Limbah, Ternyata Ini Manfaat Oli Bekas

15/02/2020

Perawatan dan service

5 menit

Selain jadi limbah berbahaya buat lingkungan, ternyata ada manfaat oli bekas yang dapat digunakan. Beberapa orang pun berhasil membuktikan khasiat oli bekas tersebut.

Lihat juga

Awali Tahun 2020, Suzuki Indonesia Luncurkan Oli ECSTAR Untuk Mobil Suzuki

05/02/2020

Pasar mobil

3 menit

PT Suzuki Indomobil Sales secara resmi meluncurkan produk pelumas dan chemical untuk mobil Suzuki di Tanah Air dengan nama oli ECSTAR dengan beragam keunggulan

Lihat juga

Waspada, Ini 3 Zat Berbahaya Buat Oli Mesin Mobil

29/11/2019

Perawatan dan service

5 menit

Ada beberapa zat berbahaya buat oli mesin yang wajib Anda hindari. Karena kalau sampai tercampur, maka komponen-komponen di dalam ruang mesin akan rusak. Untuk memperbaikinya pun tidak mudah.

Lihat juga