Jangan Sepelekan Kisi AC, Begini Cara Merawatnya

23/11/2018

Perawatan dan service

4 menit

Jangan Sepelekan Kisi AC, Begini Cara Merawatnya
Kisi AC pada mobil mempunyai cara kerja yang sederhana. Tetapi perannya cukup penting agar berkendara menjadi lebih nyaman untuk mengatur embusan angin. Meski sering disepelekan, ada cara merawat yang tepat.

Kisi-kisi AC yang terpasang pada mobil mempunyai fungsi untuk mengatur arah embusan AC agar udara dingin merata ke seluruh kabin. Efeknya, mengenudi menjadi lebih nyaman sehingga tidak terasa kedinginan atau kepanasan karena embusan angin yang tidak tepat. Meski begitu bila tidak dirawat dengan tepat, kisi AC bisa cepat rusak. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar usia pakai kisi AC semakin panjang.

>>> Baca juga: Kabin Mobil Kurang Dingin? Begini Tips Menjaga Kondisi AC Mobil Tetap Normal

Pola pemakaian menjadi salah satu cara agar kisi AC tetap berfungsi dengan baik. Selain itu cara membersihkan yang tepat juga bisa membuat kisi AC memiliki umur panjang. Bentuknya yang berupa sekat-sekat membuat cara membersihkannya bukan perkara mudah. Salah memakai alat pembersih bisa merusah komponen tersebut. Agar bekerja optimal ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Jenis pengharum seperti ini rentan merusak kisi AC

Jangan menarik langsung isi parfum saat mengganti dengan yang baru, lepas penjepitnya dan ganti dengan posisi terlepas

Sebelum membahas cara menjaga fungsinya, kenali dulu beberapa penyebab kerusakan pada kisi-kisi AC. Menurut Abdul Rohim, pemilik bengkel Sejuk AC Sukses, umumnya kerusakan AC karena dari pengguna mobil itu sendiri. Seperti menggunakan pewangi kabin yang terpasang di kisi AC, dan anak kecil yang suka memainkan kisi AC menjadi beberapa faktor penyebabnya.

>>> Baca juga tips perawatan penting untuk mobil Anda di sini

“Untuk mobil modern saat ini, kerusakan kisi-kisi AC biasanya karena kesalahan penggunanya seperti memasang pewangi atau dimainkan oleh anaknya. Berbeda dengan mobil-mobil tua terdahulu yang memang mudah rusak karena pengaruh umur,” tukas Rohim. Menurutnya, pewangi kabin yang dipasang pada kisi-kisi AC harus diperhatikan secara saksama khususnya saat mengganti dengan yang baru.

Saat membersihkan harus mencari bahan yang ramah terhadap plastik

Saat membersihkan kisi AC, gunakan peralatan yang aman seperti kuas dan cotton bud agar tidak merusak 

Ketika pewangi sudah habis dan pemilik mobil ingin mengganti dengan yang baru, pemilik mobil jangan langsung mencabut isi pewangi. Para produsen pewangi ini memberi penjepit agar stabil dan dilepas melalui penjepit tersebut. Sehingga lepaskan dahulu pengaitrnya tersebut agar tidak merusak kisi-kisi AC. Dikhawatirkan ketika pemilik mobil melepas paksa isi dari pewangi untuk mengganti yang baru, bisa merusak kisi AC seperti patah misalnya.

>>> Ingin membeli mobil baru dan bekas termurah? Klik disini untuk informasi lebih lanjut

Penyebab lainnya adalah ketika pengemudi membawa anak kecil yang bosan di jalan lalu iseng memainkan kisi AC di mobil. Entah menaik dan menurunkan kisi AC, atau mencolok lubang kisi AC dengan tangan atau benda asing. Hal ini bisa membuat kisi-kisi AC cepat rusak.  Tidak banyak bengkel AC yang mau melayani perbaikan khusus kisi-kisi karena umumnya akan ditawarkan untuk menggantinya dengan komponen baru, sehingga mengeluarkan biaya cukup besar.

Walau sederhana tapi punya dampak besar

Walaupun fungsinya sederhana, kisi AC punya dampak besar terhadap kenyamanan berkendara

Untuk proses penggantian kisi AC sendiri disarankan menggunakan jasa teknisi bengkel spesialis AC. Hal ini karena untuk menggantinya harus mencopot dasbor dan membutuhkan ketelitian agar tidak merusak dasbor. Sementara trik membersihkan AC pun cukup mudah. Anda bisa menggunakan kuas cat kecil untuk menyapu debu yang menempel di kisi-kisi AC. Namun cara ini bisa membuat debu berterbangan. Amannya, Anda bisa menggunakan vacuum cleaner sehingga debu langsung tersedot. Untuk kotoran yang membandel bisa menggunakan cotton bud dengan sedikit cairan pembersih khusus material plastik.

 
back to top