Jangan Sepelekan, Berikut Jenis Kerusakan Panel Pintu

Share this post:
Jangan Sepelekan, Berikut Jenis Kerusakan Panel Pintu
Ternyata bagian panel pintu juga bisa mengalami kerusakan. Deteksi kerusakan yang terjadi menjadi cara jitu untuk bisa merawatnya kelak. Berikut ragam masalah panel pintu.

Panel pintu adalah benteng berikutnya setelah pintu yang menyekat keberadaan Anda dengan bagian luar mobil. Selain itu, dibalik panel pintu terdapat komponen mekanis yang mengatur buka-tutupnya jendela. Jika bagian itu bermasalah, Anda akan kesulitan jika hendak membuka-tutup jendela tentunya.

Inti dari masalah di panel-panel pintu ialah usia pakai. Jika mobil telah berumur di atas lima tahun dan sering di parkirkan di tembat panas, efeknya karet-karet pada kaca akan mengeras. Saat karet-karet kaca mengeras akan mengganggu kerja dari kaca mobil yang menjadi berat, karena sifat karet tersebut menghambat jalannya kaca. Oleh sebab itu kami memberikan tips untuk Anda agar lebih memperhatikan, apa saja kerusakan panel pintu yang mungkin terjadi?

>>> Baca juga: Tidak Selamanya Lancar, Inilah Jenis Masalah Pintu Geser Elektrik

Pelapis pada panel pintu di mobil Eropa bisa mengalami kerusakan

Pelapis door trim pada mobil-mobil Eropa bisa rusak dan sulit untuk mendapat penggantinya yang asli

Door Trim

Pada mobil yang dilansir oleh pabrikan Jepang, pada umumnya menggunakan bahan plastik. Bahan tersebut memang tidak terlihat mewah, namun memiliki kekuatan yang baik. Lain halnya untuk door trim yang dimiliki oleh mobil yang dibuat oleh pabrikan Eropa. Beberapa model tidak menggunakan bahan plastik seutuhnya, namun ditambah dengan lapisan berbahan fabric atau leather untuk mempermanis tampilannya.

Kerusakan yang sering terjadi justru pada mobil Eropa. Lapisan itu sering kali terbuka, karena usia pakai dan perbedaan suhu Indonesia. Cukup susah mendapatkan lapisan original pada door trim di mobil Eropa. Biasanya yang dilakukan pad bengkel spesialis interior, mengganti lapisan tersebut dengan bahan serupa dijual di pasaran.

>>> Ingin membeli mobil baru, ikuti daftar harga yang ditawarkan oleh Cintamobil.com di sini

Karet kaca termasuk bagian yang bisa rusak pada panel pintu

Perhatikan karet kaca karena bisa aus atau getas 

Karet Kaca

Karet kaca biasanya akan mengeras karena usia pakai kendaraan tersebut. Pada umumnya kerusakan panel pintu terjadi ketika mobil telah berumur 5 tahun lebih. Jika sudah begini, mau tidak mau Anda harus mengganti karet kaca tersebut. Selain dapat melukai kaca, karet kaca yang mengeras juga bisa merusak power window, karena kerja motor dan regulator menjadi lebih berat. Untuk membuatnya lebih awet, kami sarankan untuk melakukan pelumasan rutin di bagian karet-karet kaca. Namun jika keadaanya sudah mengeras, ada baiknya sang pemilik kendaraan segera mengganti denhgan karet baru.

Power Window

Jenis kerusakan panel pintu lainnya ialah power window yang disebabkan beratnya beban motor power window dan regulator kaca. Semua itu tentu tidak lepas dari efek mengerasnya karet-karet kaca sehingga kaca tidak berjalan dengan mulus. Dimulai dari motor power window. Kerusakan pada motor power window tentu sulit untuk di perbaiki. Jika terjadi kerusakan pemilik kendaraan biasanya harus menggantinya.

>>> Semua tips perawatan mobil paling akurat hanya ada di sini

Power window bisa alami kerusakan dari banyak komponen didalamnya

Kaca yang tersendat saat dibuka atau ditutup menjadi indikasi kerusakan power window

Namun berbeda dengan kerusakan panel pintu pada bagian regulator power window. Regulator terbagi menjadi dua jenis. Ada yang menggunakan gigi dan tali baja untuk menggerakan kaca. Untuk regulator yang menggunakan gigi, jika ia bekerja dengan keras, lambat laun gigi akan aus dan tidak mampu menurunkan kaca. Sedangkan untuk regulator dengan sistem tali, kebanyakan masalah kerap terjadi tali baja tersebut putus.

>>> Tips terlengkap seputar mobil bisa ditemukan di Cintamobil

Share this post:

Berita lain

Tidak Selamanya Lancar, Inilah Jenis Masalah Pintu Geser Elektrik

Mobil dengan pintu geser dan pintu bagasi elektrik menjamin kemudahan akses orang ke kabin maupun penempatan barang dibagasi. Namun, tidak selamanya bagian ini berfungsi lancar termasuk komponen motor penggeraknya. Inilah jenis masalah pintu geser elektrik.

Lihat juga

Sering Terabaikan, Karet Kaca Ternyata Punya Peran Penting Pada Mobil

Saat membersihkan kaca, umumnya tampilan bersih dan tidak ada kotoran sudah cukup. Padahal masih ada komponen penting lainnya yang perlu perawatan yakni karet kaca. Apa peran karet kaca pada mobil?

Lihat juga

Agar Fungsi Door Trim Tetap Bagus, Inilah Tips Merawatnya

Panel pintu (door trim) punya banyak nilai fungsi dan ergonomis dalam berkendara. Agar tampilannya tetap terlihat apik, dan berfungsi tetap bagus, diperlukan perawatan rutin.

Lihat juga

Bisa Terbuka Sendiri, Prototipe Pintu Mobilitas Jaguar Land Rover Permudah Penyandang Disabilitas

Jaguar Land Rover telah mengembangkan pintu mobil otomatis nan evolusioner yang terbuka saat pengemudi mendekat. Prototipe pintu mobilitas tersebut dikembangkan bersama seorang atlet Invictus Games.

Lihat juga

Tetap Terlihat Mewah, Begini Cara Merawat Panel Kayu

Suasana kabin kendaraan sangat berpengaruh dalam menghadirkan rasa nyaman bagi pengemudi dan penumpang selama perjalanan. Nuansa nyaman, mewah dan hangat dalam kabin dihadirkan melalui penggunaan kayu atau disebut panel wood.

Lihat juga
 
back to top