Jangan Sembarangan! Begini Cara Mendongkrak Mobil yang Aman

Jangan Sembarangan! Begini Cara Mendongkrak Mobil yang Aman
Meski kelihatan mudah, mendongkrak mobil tidak bisa sembarangan. Harus dilakukan dengan tepat agar memberikan hasil maksimal serta terhindar dari berbagai dampak buruk yang mungkin terjadi.

Sebagai pemilik dan pengendara mobil, terkadang Anda akan harus mendongkrak kendaraan Anda karena berbagai alasan. Misalnya untuk mengganti ban atau mengecek kaki-kaki atau kolong mobil. Dan dalam melakukan pekerjaan ini, Anda perlu cermat dan berhati-hati, terutama menentukan posisi tumpuan dongkrak yang tepat. Hal ini adalah untuk keselamatan Anda sendiri dan menghindari risiko mobil ambles atau ambruk.

Foto mendongkrak mobil saat ingin mengganti ban

Prioritaskan keselamatan saat mendongkrak mobil

Untungnya, pekerjaan ini sekarang sudah jadi semakin mudah berkat rancangan dongkrak dari pabrikan mobil, yang dapat Anda jangkau dengan mudah karena letak penyimpanannya. Meski demikian, tetap saja Anda perlu berhati-hati saat mendongkrak mobil. Jangan melakukannya dengan tergesa-gesa atau dalam kondisi panik, yang dijamin justru akan memperparah situasi. Nah, berikut ini adalah beberapa hal penting yang wajib Anda perhatikan saat mendongkrak mobil agar aman, selamat, dan bebas dari risiko ambles. Selamat membaca!

1. Perhatikan Posisi Mobil

Pastikan bahwa mobil yang akan Anda dongkrak diparkir di tempat yang permukaannya rata atau datar. Hal ini adalah untuk menjaga agar titik tumpu kendaraan pada dongkrak tidak akan bergeser. Setelah itu, luruskan posisi ban depan mobil Anda.

2. Jaga Mobil Tetap Diam

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menjaga agar mobil Anda tidak bergerak mundur maupun maju. Pertama, pastikan posisi tuas transmisi mobil ada pada posisi P untuk transmisi otomatis, atau dorong sampai titik gigi 1 untuk transmisi manual. Selanjutnya, tarik tas rem parkir alias rem tangan, atau injak pedal rem parkir apabila mobil Anda punya rem parkir berupa pedal.

Untuk meningkatkan keselamatan, Anda bisa gunakan 2 balok batu bata merah atau kayu untuk mengganjal roda yang menjadi titik tumpu saat mobil didongkrak. Letakkan masing-masing 1 ganjal di depan dan belakang roda. Kalau perlu, tambah 1 ganjal lagi (dianjurkan gunakan balok kayu) untuk mengganjal ban lain yang posisinya sejajar.

>>> Cara Mudah Ganti Ban Serep Double Cabin Toyota

Foto tumpuan kayu saat mendongkrak mobil

Bila perlu beri tumpuan kayu agar lebih aman

3. Siapkan Peralatan

Pastikan Anda siap dan memiliki peralatan yang dibutuhkan untuk pekerjaan ini, seperti dongkrak serta pengungkitnya. Tempat penyimpanan dongkrak mobil bervariasi, jadi Anda harus tahu letaknya dulu bahkan sejak Anda membeli. Misalnya ada yang diletakkan di bawah kursi penumpang depan atau lantai bagasi yang menyatu dengan ban serep.

4. Ikuti Panduan Buku Manual

Semua informasi penting yang berkaitan dengan kendaraan Anda sudah ada di dalam buku manual, jadi manfaatkan sebaik-baiknya dan jangan sekadar dibiarkan saja sampai berdebu di dalam lemari kamar. Dan salah satu informasi penting yang ada di dalam buku manual adalah panduan tentang posisi titik tumpu dongkrak paling ideal untuk kendaraan Anda. Dengan begitu, risiko selip dan mobil ambles saat didongkrak pun dapat dihindari. Biasanya, titik tersebut ada di antara batang gardan yang berada di dekat suspensi, atau di bawah bodi yang ada rangka utama.

​​>>> Ingin membeli mobil bekas? Dapatkan berbagai listing dari Cintamobil.com

5. Selalu Gunakan Tongkat Pengungkit

Untuk keselamatan, jangan pernah sekali-kali memasukkan anggota tubuh Anda ke kolong mobil saat mendongkrak mobil, seperti tangan. Hal ini untuk keselamatan Anda semisal terjadi selip. Jadi, pastikan Anda menggunakan tongkat pengungkit yang panjang agar Anda dapat memutar bahkan dari sisi mobil.

6. Perhatikan Ketinggian

Idealnya, naikkan dongkrak sampai ketinggian bannya mencapai kira-kira 15 cm. Sebaiknya jangan mendongkrak lebih tinggi agar dampak gravitasi yang bisa membuat mobil mudah bergerak dapat dihindari.

>>> Mengalami Pecah Ban Saat Mobil Sedang Berjalan, Ini Yang Harus Dilakukan!

Foto mendongkrak mobil menggunakan pengungkit

Gunakan tongkat pengungkit dan perhatikan ketinggian

7. Turunkan Mobil Setelah Didongkrak

Jika Anda sudah selesai mengganti atau memperbaiki roda mobil, putar tongkat pengungkit perlahan supaya mobil Anda pun turun dengan aman. Kembalikan dongkrak ke tempat penyimpanannya.

Perhatikan juga bahwa selama Anda mendongkrak mobil, kabin harus dalam kondisi kosong.

>>> Tips terlengkap seputar mobil bisa ditemukan di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top