Jangan Sembarang Bersihkan, Inilah Tips Merawat Mika Bening Pada Mobil

Share this post:
Jangan Sembarang Bersihkan, Inilah Tips Merawat Mika Bening Pada Mobil
Salah satu bagian mobil adalah komponen plastik bening atau umum disebut mika. Umumnya bahan mika bisa ditemui pada panel instrumen, lampu belakang dan lampu depan. Komponen ini ternyata tidak bisa sembarang dibersihkan, inilah tips merawat mika bening pada mobil.

Bahan plastik mika bening sudah umum digunakan oleh produsen mobil. Dengan berbagai alasan seperti biaya produksi atau bobot membuat pabrikan lebih memilih bahan tersebut dibandingkan kaca. Kelemahan plastik mika bening adalah bisa buram seiring dengan pertambahan umur.

>>> Baca juga: Tetap Nyaman di Jalan, Inilah Tips Cara Menjaga Kebersihan Karpet Mobil

Kaca depan dan belakang umumnya berbahan plastik mika bening

Ada obat poles khusus untuk bahan plastik mika bening di mobil

Untuk memperpanjang usianya, maka perlu merawat mika bening secara rutin. Di pasaran ada beberapa obat khusus untuk merawat mika bening pada mobil. Obat ini mampu membersihkan, mengurangi baret ringan serta mengurangi buramnya plastik dalam jangka waktu lama. Proses pengerjaannya juga tidak terlalu sulit, yang penting adalah teliti. Cukup sediakan obat khusus tadi dan kain katun halus sebagai alat bantunya.

>>> Ingin membeli mobil berteknologi tinggi? Dapatkan berbagai listing dari Cintamobil.com

Langkah pertama yang dilakukan adalah pastikan permukaan plastik yang dikerjakan dalam keadaan bersih dan dingin. Ada kemungkinan obat poles untuk merawat mika bening ini tidak sesuai dengan jenis plastik pada mobil Anda. Karena itu coba dulu obat poles di bagian kecil yang tersembunyi untuk memastikan tidak ada reaksi kimia yang tidak diinginkan. Bila aman, lanjutkan merawat mika bening mobil Anda.

Selain lampu, panel instrumen juga memakai bahan plastik mika bening

Bahan plastik mika bening juga bisa ditemukan di interior, seperti pada panel instrumen

Oleskan sedikit obat poles pada permukaan plastik dan gunakan kain katun untuk memolesnya. Lakukan dengan pola memutar hingga obat merata. Bersihkan sisa obat yang ada dengan menggunakan kain katun yang masih bersih. Ada baiknya setiap aplikasi obat dilakukan pada bidang yang kecil terlebih dahulu. Kira-kira 10 cm persegi lalu ulangi bagian yang lain.

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

Share this post:
 
back to top