Jangan Sembarang, 4 Bagian Mobil Berbahaya Dimodifikasi

29/06/2019

Perawatan dan service

3 menit

Jangan Sembarang, 4 Bagian Mobil Berbahaya Dimodifikasi
Memodifikasi mobil menjadi hal biasa saat ini untuk orang-orang awam sekalipun. Mulai dari bodi hingga velg dimodif untuk tampil beda. Namun jangan sembarang memodifikasi mobil. Ini karena ada 4 bagian mobil berbahaya dimodifikasi. Apa saja itu?

1. Kaca Film

Kaca film pada mobil bagian depan

Jangan memasang kaca film terlalu gelap karena menganggu visibilitas

Selain berfungsi sebagai peredam panasnya sinar matahari, kaca film juga bermanfaat untuk melindungi diri dari tindak kejahatan. Kaca film sendiri termasuk dalam bagian mobil berbahaya dimodifikasi. Maksud dari bahaya memasang kaca film sebagai bagian dari modifikasi bila terlalu over kegelapannya misal lebih dari 80%. Hal ini bisa menganggu visibilitas ketika berkendara. Terlebih ketika Anda mengemudi di malam hari atau musim hujan. Maka visibilitas menjadi sangat terbatas. Pastikan tingkat kegelapan tidak menganggu visibilitas.

>>> Inilah LCGC terbaik yang kami sangat sarankan untuk Anda yang pertama kali ingin memiliki mobil

2. Klakson

Menekan klakson mobil

Hati-hati dalam memodifikasi klakson karena ada aturannya

Klakson biasanya digunakan pada mobil untuk berkomunikasi dengan mobil lainnya di jalan. Selain itu klakson juga berguna untuk memberi peringatan kepada pengguna jalan agar lebih berhat0hari. Tren modifikasi klakson pun cukup laris di pasaran saat ini dengan ragam pilihan klakson aftermarket. Padahal memodifikasi klakson pun ada aturannya. Terlebih bila Anda memodifikasi dengan emasang sirine agar terlihat seperti mobil polisi karena merugikan pengguna jalan yang lain.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas ada disini

3. Setir

Setir dalam sebuah mobil

Memodifikasi setir juga berbahaya karena perannya dalam mengendalikan mobil

Setir salah satu komponen utama pada sebuah mobil. Tanpa ada setir tentu mobil tidak bisa dikendalikan. Alangkah baiknya jika Anda tidak memodifikasi setir, seperti memasang seperti kenop untuk mempermudah mengendalikan setir hanya dengan satu tangan. Tanpa disadari perilaku atau modifikasi ini adalah bagian mobil berbahaya dimodifikasi.

>>> Mengapa modifikasi mobil umumnya menggugurkan garansi? Ini keuntungan mobil Anda tetap standar pabrik

4. Pedal

Pedal gas dan rem mobil

Perannya sebagai pengendali kecepatan membuat pedal menjadi komponen berbahaya untuk dimodifikasi

Aksesori lainnya yang lebih baik tidak dimodifikasi adalah pedal gas/kopling/rem mobil. Apabila terlalu berlebihan dalam memodifikasi pedal maka justru bisa menybabkan kejadian berbahaya yag tidak diinginkan. Terlebih bila pedal pada mobil dillapisi plat metal yang licin ketika diinjak, sehingga membahayakan pengemudi dan penumpang. Jadi sudah tahu bukan bagian mobil berbahaya dimodifikasi untuk keselamatan dan kenyamanan Anda dan penumpang.

>>> Berbagai tips dan trik dunia otomotif bisa Anda dapatkan di Cintamobil.com

 
back to top