Jangan Sampai Salah, Custom dan Modifikasi Mobil Itu Beda

09/01/2021

Perawatan dan service

5 menit

Sitilah modifikasi mobil dan custom mobil sering disamakan, padahal keduanya memiliki teknik pengerjaan yang berbeda serta akan mendapatkan hasil yang berbeda pula. Mari pahami kedua istilah ini agar tak salah paham.

Anda pasti pernah mendengar kata modifikasi mobil. Anda juga mungkin familiar dengan kata motor atau mobil custom. Kedua kata ini memang sama-sama merujuk pada kreasi modifikasi untuk kendaraan, namun pengertian dari keduanya sebetulnya berbeda.

Istilah modifikasi serta custom dalam dunia otomotif memang identik dengan mengubah tampilan dari kendaraan bermotor. Namun pada prakteknya, teknik modifikasi mobil dan teknik custom mobil memiliki perbedaan.

>>> Model Dan Warna-Warni Modifikasi Daihatsu di Tokyo Auto Salon 2021

Arti Custom Mobil

Mobil Hot Rod Custom

Dengan teknik custom, mobil bisa diubah bentuknya sesuai selera si pemilik

Seperti dilansir dari laman Suzuki Indonesia, Selasa (05/01/2021), istilah custom berarti membuat sesuatu sesuai dengan keinginan atau permintaan. Custom dipahami juga sebagai teknik untuk menyesuaikan bentuk dan fungsi sebuah benda sesuai karakter atau keinginan yang akan menggunakan barang tersebut.

Dalam istilah otomotif, custom berarti mengubah bentuk standar dari mobil atau motor menggunakan teknik tertentu agar nantinya mobil tersbeut bisa disesuaikan dengan selera pemilik kendaraan itu. Jadi custom mobil berarti mengubah bentuk atau kinerja mobil tapi bukan menggunakan barang alias komponen yang sudah disediakan. Melainkan membuat sendiri agar berbentuk komponen yang sesuai selera pemiliknya.

Misalnya melakukan custom untuk membentuk bemper baru, custom kap mesin, custom bentuk dashboard, atau custom jok yang dibentuk jadi model sofa. Sering kali teknik mengubah bentuk komponen mobil dengan cara custom ini tidak akan sama dengan hasil kreasi mobil modifikasi lain.

>>> SVI MAX 3, Modifikasi Toyota Land Cruiser Jadi Mobil Militer Tahan Peluru

Arti Modifikasi Mobil

Mobil BMW Modifikasi

Modifikasi berarti mengubah penampilan atau kinerja mobil dengan komponen yang tersedia

>>> Review Honda Accord 2003: Generasi Ketujuh Yang Cocok Untuk Modal Modifikasi Anda

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), modifikasi berarti pengubahan atau perubahan. Jika makna ini dimasukkan ke dalam dunia otomotif, maka modifikasi berarti membuat perubahan pada kondisi fisik sebuah mobil atau motor.

Namun teknik modifikasi mobil umumnya dilakukan dengan mengganti komponen standar dari mobil tersebut menggunakan perangkat yang sudah tersedia di pasaran. Baik menggunakan komponen dari merek mobil namun berbeda tipenya, atau komponen yang diproduksi perusahaan aftermarket. Sehingga diharapkan pemasangan komponen pengganti itu bisa mengubah bentuk maupun kinerja dari komponen lainnya atau keseluruhan komponen pada mobil.

Jadi mulai sekarang pahami ya perbedaan antara modifikasi mobil dan custom mobil. Karena modifikasi berarti mengganti komponen standar dengan komponen lain yang sudah tersedia. Sementara custom, sang modifikator mengkreasikan sendiri bentuk yang diinginkan untuk kendaraan tersebut. Sehingga mengubah bentuk mobil dengan teknik custom hampir tidak akan bisa disamai oleh modifikator lain. Itu karena setiap imajinasi seseorang pasti akan berbeda dengan imajinasi dan kreasi orang lain.

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top