Jangan Malas Bersihkan Setir, Bisa Sambil Ngabuburit #DiRumahAja

14/05/2020

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Setir adalah salah satu bagian pada interior mobil yang paling kotor, makanya jangan malas untuk bersihkan setir, karena bisa sambil Ngabuburit #DiRumahAja

Lingkar kemudi merupakan salah satu bagian interior yang paling kotor dan berkuman. Tak heran, selain berfungsi sebagai penghubung rack and pinion ke roda, setir juga benda yang paling sering dipegang. Untuk itu, jangan malas untuk membersihkan setir, selain dapat menjaga kesehatan karena bersih, membersihkan setir juga praktis bisa dilakukan sambil Ngabuburit #DiRumahAja.

Foto Toyota Camry Hybrid CVT 2016

Mobil sering diparkir di luar bisa menyebabkan setir lekas rusak dan kendur

"Merawat setir itu sebenarnya gampang, tapi memang itu (merawat dan membersihkan setir) sangat tergantung dari cuaca juga, apalagi kalau mobil sering dijemur di luar terus kena panas dan hujan. Akhirnya lingkar kemudi bisa kering terus pecah-pecah sedangkan kalau bahannya plastik bahannya bisa mengendur (tepo)," jelas Meitius Dicky Prasetyo selaku punggawa Bruder Auto Detailing di kawasan Bekasi, Jawa Barat. 

Boleh Pakai Cairan Interior Conditioner

Foto layout interior Toyota Camry Hybrid 2016

Apalagi mobil mewah yang setirnya dilapis kulit...

Masih menurut pria yang bermukim di Tambun, Bekasi ini, untuk membersihkan setir bisa menggunakan cairan interior conditioner, "di pasaran banyak merek, kalau saya pakai merek Meguiar's," imbuh pria yang akrab dipanggil Meitius ini. Cara membersihkan setir pun relatif mudah, yang terpenting lakukan pembersihan setir tidak di bawah terik matahari, "kalau obatnya kering duluan malah bisa bikin bercak," tambahnya.

Gambar menunjukkan setir mobil sedang dibersihkan

Semprot cairan dengan hati-hati lalu lap dengan kain microfiber

Paling penting adalah alat-alatnya harus disiapkan, yakni interior conditioner merek apa saja, dan lap microfiber towel. Cara membersihkannya juga mudah, "Semprot cairan tersebut secukupnya ke area setir, pastikan merata, lalu lap perlahan dengan kain microfiber hingga bersih. Jangan lupa untuk bagian sela-sela kecil seperti pada emboss merek bisa pakai kuas kecil agar kotoran juga terangkat," terang Meitius yang dengan senang hati memberikan tips ngabuburit #dirumahaja ini.

Waspada Celah Sempit Dan Tombol Pengatur Audio

Foto tombol audio di setir Toyota Camry Hybrid 2016

Hati-hati juga terhadap tombol audio di setir, jangan sampai cairan masuk dan bikin korsleting

Oh ya, jika ingin memutar setir pastikan sembari menyalakan mesin, karena power steering baik yang masih bersistem hidrolik apalagi yang sudah elektrik bisa rusak bila dipaksa diputar tanpa menghidupkan mesin. Untuk mobil mewah, selain harus hati-hati terhadap tombol audio di setir. Anda harus waspada juga terhadap jahitan-jahitan yang ada di setir, "jika ditemukan ada jahitan setir yang sudah kendur atau terlepas, mengelapnya harus perlahan." tutup pengguna Mercedes-Benz E Class Masterpiece ini. Jadi begitulah cara membersihkan setir sembari Ngabuburit #DiRumahAja.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top