Jangan Lakukan 4 Hal Ini Setelah Mobil Terendam Banjir!

09/01/2020

Perawatan dan service

5 menit

Jangan Lakukan 4 Hal Ini Setelah Mobil Terendam Banjir!
Setelah mobil terendam banjir, tentunya Anda ingin segera membersihkannya dan menggunakan kembali mobil tersebut. Tapi ingat, jangan sampai melakukan 4 hal ini!

Banjir memang sudah surut, dan itu berarti saatnya untuk bersih-bersih, termasuk membersihkan mobil yang sempat terendam banjir. Tentunya menghubungi pihak asuransi kendaraan Anda atau layanan bengkel resmi adalah pilihan yang tepat dalam mengatasi mobil yang telah terkena banjir.

>>> Dampak Tsunami Mobil Terendam Air Laut, Bagaimana Kerusakannya?

Namun demikian, sembari menunggu layanan darurat itu datang, sebaiknya Anda perlu memperhatikan beberapa hal penting berikut ini. Karena ada tindakan-tindakan yang sepatutnya tidak Anda lakukan setelah mobil terendam banjir. Berikut diantaranya:

1. Nyalakan Mesin

start stop engine mobil

Jangan nyalakan mesin mobil, walau air terlihat sudah surut

Ini larangan pertama dan paling penting adalah, jangan pernah menyalakan meisn mobil meski Anda merasa air yang masuk ke mobil sudah surut dan mulai kering. Karena Anda tidak pernah tahu, apakah masih ada sisa air dan lumpur di ruang mesin yang bisa berpotensi timbulnya water hammer.

>>> Promo mobil baru terbaik awal tahun ada disini, yuk dicek!

2. Dorong Mobil

mobil didorong

Cukup didorong untuk memindahkan posisi mobil setelah terendam banjir

Jika posisi mobil bergeser dari garasi rumah Anda karena terseret arus banjir, sebaiknya kembalikan posisinya dengan hanya mendorong mobil tersebut. Apabila mobil akan dibawa menggunakan mobil derek atau mobil gendong, juga lebih baik lakukan hal yang sama. Yaitu mendorongnya sampai mobil bantuan benar-benar bisa membawa kendaraan Anda ke bengkel resmi.

3. Aktifkan Parking Brake

rem parkir tangan

Jangan aktifkan rem parkir supaya rem tidak lengket

>>> Ada banyak pilihan mobil bekas berkualitas disini

Setelah mobil terendam banjir, sebaiknya jangan aktifkan rem tangan atau parking brake. Hal ini agar kampas rem tidak lengket ke cakram rem. Supaya mobil tetap diam pada posisinya, ganjal saja dengan batu atau balok kayu pada roda depan dan belakang.

4. Aki Terpasang

mencabut aki mobil

Cabut aki mobil agar tidak terjadi konsleting

Saat akan membersihkan mobil dari sisa lumpur dan kotoran akibat banjir, maka pastikan aki mobil sudah terlepas dari kabelnya. Tindakan ini demi mencegah terjadinya konsleting dari komponen mobil yang rusak akibat banjir.

>>> Tips dan trik menarik lainnya bisa dibaca disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top