Jangan-Jangan Anda Belum Tahu, Inilah Tips Mengganti Wiper Mobil Saat Musim Hujan

19/11/2018

Perawatan dan service

4 menit

Jangan-Jangan Anda Belum Tahu, Inilah Tips Mengganti Wiper Mobil Saat Musim Hujan
Memasuki musim hujan, tentu seluruh pengendara mobil harus memberikan keamanan ekstra bagi kendaraannya. Tak luput, fitur Wiper yang menjadi salah satu komponen penting harus diperhatikan lebih seksama. Mungkin bagi sebagian orang, hal ini terbilang sepele. Namun jangan salah, jangan-jangan Anda belum tahu macam-macam Wiper mobil dan bagaimana cara menggantinya. Berikut tips mengganti Wiper saat musim hujan versi Cintamobil.com.

Bukankah cukup mengesalkan apabila tiba-tiba Wiper tak berfungsi di tengah jalan ketika hujan tiba. Bahayanya lagi, visibilitas kaca depan menjadi terganggu dan berpotensi besar menimbulkan kecelakaan. Menjawab hal tersebut, Anda tak perlu khawatir, di kesempatan kali ini Cintamobil.com hendak memberi tahu bagaimana cara mengecek kondisi wiper, memilih Wiper dan cara memasang Wiper mobil.

1. Mengecek Kondisi Wiper Mobil

Tim Cintamobil.com, Purwandana Budyandaka bersama tim lainnya, mencari tahu jawabannya dari seorang tekhisi ahli yakni Teuku Krisna selaku Service Advicer Wijaya Motor. Mudah saja untuk mengecek kondisi Wiper mobil yakni dimulai dari melihat kondisi karet. Menjelaskan hal tersebut, Bapak Teuku Krisna menuturkan, “Ciri-ciri Wiper yang kurang baik adalah tidak lentur sehingga proses membersihkan kaca depan menjadi kurang maksimal.” Caranya cukup menekan sisi tengah pada karet Wiper, jika karet tersebut masih terasa lentur maka kondisinya masih bagus. Namun jika Anda menemukan bahwa karet tidak lagi lentur, sudah saatnya Anda mengganti baru Wiper mobil.

Mengecek kondisi Wiper mobil hanya perlu dilakukan dengan cara menekan sisi tengah karet, apakah masih lentur atau sudah aus

Langkah pertama adalah mengecek kondisi Wiper terutama pada ketipisan karet

>>> Ini Rahasianya, 10 Tips Berkendara Aman Di Musim Hujan Versi Cintamobil.com

2. Memilih Wiper Mobil

Sebelum mengganti Wiper, pastikan Anda memilih Wiper sesuai jenis dari bawaan asli dari mobil. Sangat direkomendasikan untuk memilih Wiper standar bukan yang variasi seperti yang banyak dijual akhir-akhir ini. Alasannya adalah Wiper standar sudah memiliki ukuran presisi sesuai kaca depan mobil yang bisa memberikan visibilitas lebih maksimal. Adapun supaya Anda semakin mengenalnya, berikut tipe-tipe Wiper mobil.

  • Wiper Konvesional

Jenis Wiper konvensional terdiri dari Bracket dan karet. Fungsi Bracket dalam hal ini adalah sebagai penahan tekanan dari karet pada kaca depan. Namun sayangnya, kekurangan dari Wiper jenis ini terletak pada bobotnya yang terlalu berat. Tak salah apabila Wiper konvensional jarang ditemui pada mobil-mobil terbaru saat ini.

Wiper Konvensional terdiri dari Bracket dan karet

Wiper konvensional sudah jarang ditemui pada mobil-mobil masa kini karena bobotnya yang berat

  • Wiper Full Frame

Wiper Full Frame memiliki kelebihan dalam daya tahan yang lebih kuat daripada versi konvensional. Mengapa begitu? Alasannya karena Wiper Full Frame sudah dilengkapi dengan gagang besi yang juga mampu menyapu bersih kotoran atau air hujan pada kaca depan. Sayangnya, kekurangan Wiper Full Frame juga terletak pada gagang besi tersebut. Pasalnya, jika Anda jarang mengecek kondisi Wiper dan terpantau karet sudah menipis maka gagang besi tersebut bisa membuat baret kaca depan.

Wiper Full Frame sudah dilengkapi gagang besi serta komponen karet

Jenis Wiper Full Frame diklaim memiliki daya tahan lebih kuat karena dilengkapi gagang besi

  • Wiper Flat Blade

Banyak pihak mengklaim bahwa Wiper Flat Blade memiliki bobot cukup ringan serta fleksibel. Komposisinya terdiri dari karet yang diselipkan bilah besi tipis dan satu Holder. Wiper jenis ini dirancang untuk memberi sapuan air atau kotoran lebih baik. Namun sayangnya, apabila Wiper ini tidak cocok untuk jenis mobil maka sapuannya menjadi tidak begitu rata khususnya di bagian ujung kaca.

Wiper Flat Blade memiliki sebilah besi tipis yang disematkan pada karet

Wiper Flat Blade memiliki bobot yang lebih ringan serta fleksibel

>>> Klik di sini untuk mengetahui harga mobil baru dan bekas terlengkap di situs Cintamobil.com

  • Wiper Refill

Jenis ketiga adalah Wiper Refill yang mana didesain dengan fungsi lebih praktis. Apabila karet sudah menipis atau bahkan rusak, Anda hanya perlu mengganti komponen karetnya saja. Di sisi lain, Anda masih harus memperhatikan ukuran karet agar sesuai dengan kerangka keseluruhannya.

Wiper Reffil dirancang praktis yang menuntut Anda untuk mengganti karet saja jika karet sudah aus

Wiper Refill memiliki kapabilitas untuk mengganti karet lebih mudah

  • Wiper Hibrida

Tidak seperti lainnya, Wiper Hibrida mengkombinasikan mode dari konvensional dengan versi Flat-Blade. Jenis Wiper ini tidak begitu bergantung pada Bracket namun lebih kepada fungsi fleksibel dari Flat-Blade.

Wiper Hibrida menerapkan mode konvensional serta fungsi optimal dari versi wiper Flat Blade

Wiper Hibrida menggabungkan konsep dari model konvensional dengan versi Flat-Blade

  • Wiper Frame-Less

Dari namanya saja kita tahu bahwa Wiper Frame-Less tidak menggunakan gagang besi. Wiper jenis ini menggunakan gagang dari bahan plastik serta jenis karet yang lebih lembut. Sehingga, Anda tak perlu khawatir terjadinya lecet pada sisi kaca ketika karet sudah menipis. Meski terkesan paling bagus diantara versi lainnya, Wiper Frame-Less membutuhkan biaya ekstra ketika menggantinya. Pasalnya, ketika karet sudah menipis, komponen karetnya tidak bisa diisi ulang dan harus mengganti secara keseluruhan.

Wiper Frame-Less menggunakan gagang karet serta komponen karet

Wiper Frame-Less menggunakan gagang plastik sehingga Anda tidak perlu khawatir kaca depan menjadi lecet ketika karet menipis

>>> Meminimalisir Kecelakaan, Perhatian Fitur Bantuan Mobil Ketika Hujan

3. Memasang Wiper Mobil

Setelah cukup banyak tahu mengenai jenis-jenis Wiper kini saatnya Cintamobil.com memberi informasi tentang memasang Wiper mobil.

  • Pastikan Wiper tidak aktif dan tegakkan posisinya
  • Angkat tuas yang tersemat diantara tangkai Wiper dan Blade
  • Tahan tuas tersebut dan geser, tuas Wiper akan terbuka dengan mudah
  • Ambil Wiper baru dan letakkan di engsel tengah gagang besi
  • Posisikan dengan tepat, geser lalu tekan tuas ke arah dalam

Tenang, supaya Anda tak kebingungan berikut simak video tips mengganti Wiper mobil saat musim hujan yang telah dilakukan oleh tim Cintamobil.com. Jika ada pertanyaan dalam memasangnya, Anda bisa sampaikan di kolom komentar Youtube Cintamobil TV ya sobat. Apabila tips ini cukup bermanfaat, Anda bisa tekan Like dan Subscribe di Channel Youtube kami.

>>> Terus simak informasi penting dalam berkendara yang lengkap dan informatif hanya di situs Cintamobil.com

 
back to top