Jangan Biarkan Tangki Bensin Kosong ya Ladies, Ini Dampak Buruknya!

22/03/2021

Perawatan dan service

4 menit

Dear ladies, sudah tahukah kalau tangki bensin kosong itu bisa berdampak buruk terhadap mobil Anda? Untuk tahu alasannya, berikut penjelasan lengkapnya.

Tidak sedikit pengendara yang kerap mengabaikan untuk mengisi bensin. Alasannya beragam, dari mulai tak ada lokasi pengisian bensin di sekitar ataupun tengah diburu waktu. Sekalinya mengisi, tangki bensin tak terisi penuh alias hanya sekadarnya asalkan mobil bisa tetap jalan. 

Hal-hal seperti itu sebaiknya dihindari ya Ladies. Anda disarankan untuk mengisi penuh tangki bensin dan hindari untuk menyisakannya walau hanya seperempat. Mengapa demikian? 

tangki bensin

Hindari untuk menunggu tangki bensin kosong sebelum mengisinya

>>> Amankah Mengisi Bensin Tanpa Mematikan Mesin Mobil?

Tangki Bensin Kosong Bisa Timbulkan Karat

Mengutip laman Auto2000, Senin (22/3/2021) ada sederet dampak buruk yang ditimbulkan ketika tangki bensin kosong ataupun tak terisi dengan penuh. Tangki yang hanya terisi sedikit bahan bakar akan memiliki banyak ruang. Ini membuat udara akan mudah terkondensasi karena besarnya ruang kosong tersebut.

Bahan bakar yang juga berperan sebagai media pendingin bagi pompa bahan bakar. Pompa ini sewajarnya selalu terendam dan bila isi bensin tinggal sedikit maka pendinginan tidak berjalan dengan baik.

Elegant woman standing on a gas station Free Photo

Isilah bahan bakar dengan oktan sesuai anjuran pabrikan

Pengisian bahan bakar kendaraan sebaiknya jangan sampai menunggu hingga tersisa sedikit di dalam tangki. Setidaknya Anda dapat berpatok saat bensin di tangki sudah tersisa setengah. Atau kalau memang tak ada tempat pengisian di sekitar, batas minimum bahan bakar yang tersisa sekira seperempat tangki juga menjaga keawetan komponen didalamnya. Tangki bahan bakar yang masih terbuat dari pelat besi tergolong rentan terhadap karat.

Jika kerap kali dibiarkan terisi hanya seperempat tangki dan bahkan kurang dari itu, dalam waktu lama menyebabkan terjadinya korosi di bagian yang jarang terendam bahan bakar. Mobil yang jarang digunakan sebaiknya telah terisi bahan bakar penuh di tangkinya untuk meminimalisir ruang udara. 

>>> 6 Penyebab Mobil Boros Bensin

Tangki Terisi Penuh Kurangi Kekhawatiran

tangki bensin

Isilah tangki hingga penuh tapi jangan sampai luber

Keuntungan lainnya, Anda tidak perlu cemas bila tiba-tiba saja mobil harus digunakan bepergian jarak jauh. Anda tidak perlu khawatir kehabisan bensin apabila terjebak kemacetan panjang atau tidak menemukan pom bensin saat perjalanan jauh. Hal terpenting, pengisian bahan bakar baiknya tetap penuh, namun tidak sampai meluber atau tetap menyisakan sedikit ruang di bibir tangki.

Pada beberapa mobil, kondisi tangki bensin kosong atau kurang dari seperempat bisa juga berdampak pada indikator kawat pelampung. Posisi pelampung yang menjadi indikator bahan bakar bekerja tidak semestinya. Akibatnya, jarum indikator bensin yang ada di dasbor lama kelamaan menjadi tidak akurat.

Nah, ketika mengisi bensin alangkah lebih baik bila memakai sesuai rekomendasi pabrikan. Bahan bakar bermutu mengandung deterjen dari aditif yang terkandung di dalamnya.

Adanya kandungan pembersih membuat pembakaran kian sempurna dan kondisi mesin selalu prima. Efek buruk dari kondensasi saat tangki bensin lama nyaris kosong pun dapat diminimalisir.

>>> Mobil Kena Recall Pompa Bensin Tapi Belum Sempat Ganti, Aman Dikendarai?

Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top