Jangan Abaikan, 8 Cairan Ini Vital Bagi Kesehatan Mobil

Tak ada bedanya dengan manusia yang membutuhkan cairan tubuh agar terhindar dari berbagai masalah dan penyakit, mobil pun demikian. Ada banyak cairan yang dibutuhkan untuk kesehatan mobil agar bisa beroperasi secara normal.

Foto mengisi oli pelumas pada mobil

Mobil butuh banyak cairan untuk bisa beroperasi dengan baik

Kalau manusia kekurangan cairan, tubuh bakal terkena berbagai masalah dan penyakit sepertidehidrasi, gangguan pada sistem pencernaan, tubuh mudah lelah, masalah serius pada organ ginjal, gangguan pada fungsi saraf, mudah terserang radang sendi, tekanan darah tinggi, gangguan kulit, urin berwarna pekat, nyeri ketika buang air kecil, kurang konsentrasi, mengalami halusinasi, mudah ngantuk, radang tenggorokan dan paling bahaya berujung pada kematian.

Kalau mobil yang kekurangan cairan, juga bakal mengalami bahaya yang tidak jauh berbeda seperti kerusakan komponen, kerusakan sistem dan paling bahaya mobil tidak berfungsi sama sekali. Beda manusia beda pula dengan mobil. Jika cairan tubuh manusia bisa dipenuhi dengan satu jenis cairan yaitu air, mobil membutuhkan lebih dari satu jenis cairan untuk fungsi yang berbeda-beda.

Menurut penjelasan Kepala Bengkel Auto2000 Raden Intan Lampung, Nurrahman Adi Saputra, secara garis besar cairan pada mobil dibagi menjadi beberapa kategori menurut fungsinya, yaitu cairan pembersih, cairan pelumas, cairan pendingin dan cairan pengatur sistem.

“Tentu saja semua peran tersebut sangat penting sesuai dengan peruntukannya. Khususnya untuk fungsi pelumasan, pendinginan dan pengatur sistem, perannya sangat berpengaruh dengan mesin dan komponen-komponen terkait,” kata Nurrahman kepada awak media di Lampung, Senin (8/10/2018).

>>> Intip daftar harga yang ditawarkan oleh Cintamobil.com hanya di sini

Foto pengisian minyak rem

Minyak rem penting untuk mendapatkan pengereman maksimal

Cintamobil.com mendata ada banyak sekali cairan vital bagi kesehatan mobil. Semuanya tidak boleh diabaikan karena bisa memberikan dampak buruk bahkan bisa berujung pada petaka yang tidak diinginkan.

  • BBM. Tanpa bahan bakar minyak atau BBM bisa dipastikan mobil tak akan bisa jalan, kecuali mobil listrik yang sumber tenaganya berasal dari baterai.
  • Oli mesin. Fungsi utama dari oli mesin adalah sebagai bahan pelumas agar mesin berjalan mulus dan bebas gangguan. Sekaligus berfungsi sebagai pendingin dan penyekat. Oli mengandung lapisan-lapisan halus, berfungsi mencegah terjadinya benturan antar logam dengan logam komponen mesin seminimal mungkin, mencegah goresan atau keausan.
  • Oli transmisi. Ada sedikit perbedaan antara fungsi oli transmisi manual dan oli transmisi otomatis. Pada transmisi manual fungsi oli adalah sebagai pelumas yang memuluskan kerja komponen pada mesin. Sedangkan pada transmisi matik, selain bekerja sebagai pelumas, oli juga berfungsi sebagai penghantar dalam mekanisme perpindahan gigi otomatis.
  • Oli gardan. Fungsinya untuk melumasi permukaan kontak gigi gardan, serta efek mendinginkan. Keberadaan oli gardan sangat penting, mengingat gardan memiliki gear yang selalu bergesekan.
  • Minyak rem. Fungsi utama dari minyak rem atau brake fluid yaitu untuk melumasi komponen logam yang bergesekan yaitu cakram dan kampas. Keduanya akan menghentikan laju kendaraan dan minyak rem akan membuat kedua logam yang bergesekan ini tidak kering dan tahan terhadap panas. Selain itu, minyak rem memiliki fungsi lain yaitu penyalur tenaga hidrolik karena minyak rem memiliki sifat seperti fluida (cairan) dalam sistem tertutup lainnya.
  • Minyak power steering. Fungsinya agar setir lebih mudah dibelak-belokkan dan tidak terasa berat.
  • Air radiator. Fungsi air radiator adalah sebagai cairan pendingin untuk menjaga temperatur mesin tetap stabil pada suhu kerja normal mesin. Agar bisa mendapatkan hasil pendinginan yang maksimal disarankan menggunakan radiator coolant karena kualitasnya lebih bagus dibanding air biasa.
  • Air wiper. Berfungsi membantu membersihkan kotoran yang menempel di kaca depan dengan wiper.

>>> Temukan tips dan trik perawatan mobil lainnya disini

Foto Radiator Coolant di pajang di rak

Radiator Coolant menjaga temperatur mesin tetap stabil pada suhu kerja normal mesin

Dalam jangka waktu tertentu cairan-cairan di atas harus diganti dengan yang baru agar kualitas terjaga. Adapun untuk waktu tepatnya kapan Silahkan cek di buku servis yang disertakan dalam setiap pembelian sebab antara mobil satu dengan yang lain terkadang ada perbedaan.

>>> Perhatikan rangkuman tips dan trik otomotif lainnya hanya di Cintamobil

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top