Jaga Visibilitas Mengemudi, Berikut Cara Mencegah Jamur Kaca Mobil

31/01/2020

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Jaga Visibilitas Mengemudi, Berikut Cara Mencegah Jamur Kaca Mobil
Jamur kaca mobil bisa jadi hal yang sangat menggangu visibilitas Anda ketika berkendara. Meski jadi hal yang sulit dihindari, Anda bisa melakukan beberapa cara untuk mencegah jamur kaca mobil muncul.

Bisa dibilang, suhu tropis dengan tingkat kelembapan air tinggi jadi pemicu utama munculnya jamur kaca pada mobil Anda. Apalagi jika kita kurang peduli dengan kebersihan mobil, khususnya bagian kaca.

Jamur yang muncul di kaca mobil akan sangat menggangu visibilitas berkendara, khususnya saat malam hari dan hujan. Bercak putih yang tersebar di permukaan kaca bisa mengaburkan pandangan pengemudi, belum lagi sorotan lampu dari pengemudi dari arah berlawanan yang semakin meningkatkan potensi bahaya.

Berkendara dengan visibilitas terbatas karena kaca mobil berjamur

Kaca yang berjamur sangat menggangu visibilitas berkendara

>>> Patut dicoba, lima bahan ini dapat hilangkan baret dan jamur kaca mobil

Untuk mencegah jamur kaca mobil hadir, Anda bisa melakukan beberapa hal mulai dari menaruh mobil di tempat yang layak dan mencuci mobil secara berkala. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan di bawah ini.

1. Parkir mobil di tempat teduh, kering dan sejuk

Mobil sedang diparkir di garasi

Selain lebih aman, garasi mobil juga meminimalisir risiko munculnya jamur kaca mobil

Memarkir mobil pada ruang terbuka dapat meningkatkan risiko munculnya jamur, pasalnya ruang terbuka yang tidak teduh dan kering akan membuat kaca mobil berhadapan langsung dengan kondisi lembap.

Sebagai contoh, saat pagi hari biasanya muncul embun dari butiran air yang menutupi sebagian kaca dan bodi mobil. Dan setelah itu matahari muncul, alhasil butiran air yang menempel akan kering secara tiba-tiba sehingga memunculkan kerak pada kaca.

Kerak air yang dibiarkan terlalu lama lambat laun akan jadi tempat bersarangnya jamur kaca, yang kalau sudah tumbuh subur akan sangat sulit dibersihkan.

>>> Sedang cari mobil? Kami punya banyak pilihan berkualias untuk Anda

2. Rajin membersihkan kaca mobil

Mengelap kaca mobil

Tak cuma soal estetika, kaca yang bersih juga bisa meningkatkan visibilitas mengemudi

Membersihkan dan rajin mengelap kaca mobil bukan hanya sekadar membuat kaca kinclong saja. Tanpa disadari, kaca yang terlihat bening akan meningkatkan visibilitas mengemudi.

Tapi, sebisa mungkin membersihkan kaca mobil tepat di bawah terik matahari. Lakukan di tempat teduh atau pada jam di mana panas matahari belum terlalu menyengat seperti pagi atau sore hari.

>>> Ini Kunci Menghindari Jamur di Bodi Mobil

3. Pakai sabun pencuci khusus

Mencuci mobil dengan sabun

Hindari sabun dengan deterjen yang menempel pada kaca mobil dan memicu jamur

Mencuci kaca mobil dengan sabun biasa dapat meningkatkan potensi tumbuhnya jamur. Oleh karena itu, langkah ketiga untuk mencegah jamur kaca mobil adalah memakai sabun khusus untuk membersihkan mobil Anda, khususnya kaca.

Sabun biasa kerap menyisakan deterjen yang menempel pada kaca dan body mobil, apalagi jika proses pengelapan kaca dan bodi tak dilakukan sebagaimana mestinya. Bercak deterjen akan tertinggal, yang bisa memicu munculnya jamur.

>>> Tips perawatan mobil terbaru ada di sini

4. Perhatikan kualitas air pencuci

Menyemprot mobil dengan air

Sebisa mungkin jangan pakai air dengan kadar garam serta kapur tinggi

Pada beberapa daerah seperti pinggir pantai atau pegunungan kapur, Anda harus lebih memperhatikan kualitas air pencuci mobil. Di tempat tersebut, umumnya kandungan garam ataupun kapur pada air sangatlah tinggi.

Sebagai catatan, air yang mengandung kapur atau garam dalam jumlah tinggi tidak layak untuk digunakan mencuci mobil karena akan memicu tumbuhnya jamur, khususnya pada kaca. Jika memungkinkan, gunakan air PDAM untuk mencuci mobil.

>>> Cara Mudah dan Cepat Menyingkirkan Jamur pada Kaca, Bodi, dan Jok Mobil

5. Rawat karet wiper dan washer fluid

Ilustrasi wiper mobil

Kondisi wiper dan washer fluid juga harus diperhatikan secara berkala

Perawatan karet wiper dan air washer tidak boleh diabaikan, pasalnya kedua hal ini langsung bersinggungan dengan kaca mobil. Sebagai contoh, karet wiper yang tidak diganti lebih dari satu tahun bisa jadi keras dan merusak permukaan kaca.

Selain itu, hindari penggunaan sabun biasa sebagai campuran washer fluid, disarankan untuk memakai fluid washer yang dijual di toko-toko perlengkapan mobil. Atau jika kepepet, Anda bisa memakai sabun pencuci piring sebagai campuran.

Dengan memperhatikan lima langkah untuk mencegah jamur kaca mobil di atas, kebersihan kaca mobil Anda akan selalu terjaga sekaligus membuat visibilitas berkendara baik. Untuk tips & trik otomotif lainnya bisa Anda lihat pada link di bawah ini.

>>> Klik sini untuk lanjut simak tips & trik yang berguna lainnya dari Cintamobil.com

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Ini Lho Fungsi Tuas Pada kaca Spion Tengah Mobil Anda

31/01/2020

Pengemudian

3 menit

Keberadaan tuas pada bagian bawah bawah kaca spion tengah bukanlah pajangan semata, melainkan berfungsi untuk mencegah silau saat berkendara di malam hari

Lihat juga

5 Bahan Ini Terbukti Ampuh Menghilangkan Jamur dan Baret di Kaca Mobil

28/01/2020

Perawatan dan service

5 menit

Jika ada jamur dan baret di kaca mobil ternyata untuk menghilangkannya tidak sulit kok. Setidaknya ada lima bahan yang bisa dipakai untuk mengatasi masalah ini.

Lihat juga

Ini Solusi Hilangkan Embun di Kaca Mobil

23/01/2020

Perawatan dan service

3 menit

Hadirnya embun pada kaca mobil dapat mengganggu pandangan. Sebabnya Anda harus hilangkan embun pada kaca mobil agar berkendara menjadi semakin aman dan nyaman.

Lihat juga

Bukan Masalah Kegelapan, Ini Tips Membeli Kaca Film yang Berkualitas

16/12/2019

Perawatan dan service

2 menit

Sebagian pengguna masih percaya bahwa kegelapan menjadi hal penting dalam membeli kaca film yang bagus. Tapi sebenarnya, ada hal lain yang perlu diperhatikan.

Lihat juga

Kaca Mobil Anda Baret? Tenang, Perawatannya Tidak Mahal Kok

14/10/2019

Perawatan dan service

4 menit

Kaca mobil Anda baret memang sangat menggangu secara fungsi dan estetika. Namun tak perlu khawatir, Anda dapat menghilangkan baret tersebut dengan mudah dan tanpa biaya mahal.

Lihat juga